Home / News

Senin, 15 November 2021 - 09:25 WIB

Hari Ini Batas Akhir Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Sosialisasi seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). (Foto: Kemendagri.go.id)

Sosialisasi seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). (Foto: Kemendagri.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drajat Wisnu Setyawan, mengingatkan pendaftaran seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditutup pada 15 November 2021, hari ini.

“Selanjutnya sejumlah tahapan seleksi, yaitu tes tulis dan makalah, psikologi, kesehatan dan wawancara,” ujar Drajat melalui keterangan tertulis, usai sosialisasi seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat (12/11/2021).

Drajat menyatakan, pada akhirnya nanti Tim Seleksi akan memilih 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada presiden.

Baca juga   Ketentuan Baru PPKM Mikro, Hajatan di Zona Merah Dilarang

“Anggota KPU dan Bawaslu harus independen dan mandiri,” katanya.

Selain itu, Drajat mengatakan anggota KPU dan Bawaslu harus memiliki sifat-sifat kenegarawanan agar bisa bekerja sama secara sinergis dengan pemerintah dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan demokrasi bangsa.

“Paling penting harus memiliki karakter Pancasila,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur Heru Wahono Santoso, mendorong ada perwakilan anggota KPU dan Bawaslu asal Jawa Timur.

“Kami berharap melalui seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu ini dapat menghasilkan figur-figur terbaik bangsa yang dapat mengemban tugas dalam menyelenggarakan pelaksanaan pemilu. Harapannya akan ada perwakilan anggota KPU dan Bawaslu dari Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Baca juga   Masyarakat Peduli Demokrasi Laporkan Ganjar ke Bawaslu karena Bagi-Bagi Voucher Internet di CFD Solo

Menurut Heru, Kemendagri sebenarnya telah melakukan sosialisasi secara daring selama sekitar sepekan terakhir.

“Di sisa waktu pendaftaran yang kurang 3 hari lagi, Kemendagri akhirnya menggelar sosialisasi secara tatap muka di Surabaya. Karena sepi peminat, khususnya dari Jawa Timur. Mudah-mudahan di sisa waktu yang mepet ini bisa dimanfaatkan warga Jatim untuk segera mendaftar,” tuturnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Kanal Youtube Kemenko Polhukam

News

Heboh Masuk di Situs Lelang New York, Pemerintah Batalkan MoU Pemanfaatan Pulau Widi
PT Kereta Api Indonesia/KAI (persero) menghadirkan layanan tes PCR seharga Rp195.000 di stasiun selama periode Natal dan Tahun Baru 2021/2022 yang dimulai sejak Kamis, 23 Desember 2021. (Foto: KAI)

News

Layanan Tes PCR Nataru di 17 Stasiun KA Mulai Dibuka, Berikut Daftar Lengkapnya
Usai memberi materi Sosialisasi MPR RI, Pak Idham melantunkan lagu berbahasa Jawa, dilanjutkan pula foto bersama dengan sebagian panitia. (Foto: zainuri arifin)

News

Anggota PWI dan IKWI Yogya Ikuti Sosialisasi 4 Pilar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. (Foto: Humas Kementerian BUMN)

News

Menteri BUMN Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional 2023 Melebihi 5 Persen
Ilustrasi: nyatanya.com

News

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY
Akses menuju Jalan Margo Utomo Yogyakarta kembali ditutup selama PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. (Foto: agoes jumianto)

News

Ini Kabupaten/Kota di Jawa-Bali yang Masuk PPKM Level 4 dan 3 Terbaru
Foto: Ist/tribratanews

News

Cuaca Tak Mendukung, Pencarian Korban Gempa Cianjur Dihentikan Sementara
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi kepada awak media di Mapolres Sukoharjo, Selasa (1/11/2022) mengatakan uang palsu yang ditemukan dalam sebuah pabrik percetakan di Sukoharjo sangat mirip dengan aslinya. (Foto: Ist)

News

Polda Jateng Gerebek Pabrik Upal di Sukoharjo, Bekuk 5 Tersangka, dan Amankan Uang Palsu Rp1,26 Miliar