Home / Olga

Selasa, 5 Oktober 2021 - 08:22 WIB

Hari Ini Cabor Atletik Mulai Digelar di Mimika Sport Complex

Atlet cabang olahraga atletik Syamsuddin Massa mengikuti latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengikutsertakan sebanyak tiga atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

Atlet cabang olahraga atletik Syamsuddin Massa mengikuti latihan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan mengikutsertakan sebanyak tiga atlet dari sejumlah nomor cabang olahraga atletik pada PON Papua. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa)

NYATANYA.COM, Jayapura – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua telah memasuki pekan kedua pelaksanaan sejak dimulainya lomba cabang pertama pada 22 September 2021 lalu. Kendati acara pembukaannya dilakukan Presiden Joko Widodo dari Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam.

Sebanyak 14 cabang olahraga telah menuntaskan seluruh nomor lomba dan sejumlah cabang lainnya baru memulai laganya pekan ini. Salah satunya adalah atletik. Induk dari segala cabang olahraga ini mulai menggelar perlombaan perdananya di PON Papua pada Selasa (5/10/2021) pagi dari Stadion Atletik di Mimika Sport Complex.

Sebanyak 42 nomor akan dilombakan di stadion yang terletak di Jalan Charitas, kawasan SP-2, Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika, Kota Timika. Khusus lomba hari ini, panitia pelaksana telah menyiapkan enam medali emas untuk diperebutkan dari tujuh nomor final. Terdiri dari nomor 5.000 meter putra dan putri, lompat jauh putra-putri, lempar lembing putra, 110 meter lari gawang putra, dan 100 meter lari gawang putri.

Baca juga   Silvana Lamanda, Siswi SMAN 3 Gorontalo Raih Medali Perak PON Papua

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Luhut Binsar Panjaitan yang juga Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi membuka perlombaan pertama. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi ini menembakkan pistol start untuk nomor lari 5.000 meter putra, pukul 07.45 WIT.

Tak hanya menembakkan pistol start, mantan Kepala Staf Presiden tersebut juga akan menandatangani prasasti bersama Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Eltinus Omaleng. Ini sebagai tanda diresmikannya pemakaian stadion atletik terbaik di Indonesia bagian timur tersebut.

Sejumlah nama besar atletik Indonesia berkaliber internasional akan berkumpul di stadion yang berdiri di atas lahan seluas 1.455 meter persegi tersebut. Sebut saja Triyaningsih, juara lari jarak jauh SEA Games 2011. Adik kandung Ruwiyati, pelari maraton legendaris Indonesia ini akan tampil pada final lari nomor 5.000 meter Selasa (5/10/2021) pagi.

Selain Triyaningsih yang membela DKI Jakarta, hari ini juga tampil atlet-atlet nasional seperti rekan satu kontingen Tri, yaitu Emilia Nova di nomor lari gawang 100 meter. Atlet putri yang batal tampil di Olimpiade Tokyo 2020 karena cedera tersebut merupakan pemegang rekor nasional dengan catatan waktu 13,50 detik. Emilia mencetaknya ketika tampil prima pada PON 2016 di Jawa Barat.

Baca juga   Menpora dan Kapolri Pastikan Sanksi untuk Klub Jika Suporter Langgar Prokes

Pelari jarak jauh putra, Agus Prayogo juga akan tampil di nomor favoritnya, 5.000 meter dan siap mencetak emas bagi Jawa Tengah. Pemegang rekornas dengan catatan waktu 14 menit 04,29 detik itu akan bersaing melawan enam pelari lainnya termasuk rekan seprovinsi, Pandu Sukarya.

Kemudian ada Ratu Lompat Jauh Indonesia, Maria Natalia Londa yang akan berlaga di nomor favoritnya. Maria Londa sempat menjadi pembawa obor PON Papua di Mimika pekan lalu. Di lompat jauh putra ada nama Sapwaturrahman dari Nusa Tenggara Barat.

Dari NTB pula tak ketinggalan nama sprinter Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik Yunior2018 di Tampere, Finlandia. Ia sempat tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 dan pemegang rekornas 100 meter dengan waktu 10,13 detik. (*)

Sumber InfoPublik.id.

Share :

Baca Juga

Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Olga

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020
Ujian pertama berhasil dilewati Gregoria Mariska Tunjung dalam laga pembuka penyisihan grup M tunggal putri. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Gregoria Mariska Tunjung Menangi Laga Pembuka Grup M
Penyerahan Surat Keputusan/SK kepengurusan EXCO PSSI Kota Yogyakarta periode 2021 – 2024 oleh Ketua EXCO PSSI Provinsi DIY, Ahmad Syauqi Soeratno kepada Susanto Dwi Antoro/Ketua EXCO PSSI Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Pembinaan Atlit Sepakbola Dilakukan Secara Adaptif
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong para atlet untuk terus berjuang dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi. Hal ini dikatakannya saat melepas 4 atlet Purbalingga ke PON XX Papua. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

Olga

4 Atlet Purbalingga Ikuti PON XX Papua
(Foto:nyatanya.com/KOI)

Olga

Menkominfo Johnny G Plate Siapkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020
Kirab api PON akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km, menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km. (Foto:MC PON)

Olga

Api PON Papua Dikirab Sejauh 3.578 Kilometer
Menpora Amali saat menjadi narasumber pada acara live dialog Indonesia Bicara, TVRI. (Foto:nyatanya.com/Kemenpora)

Olga

Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional
Menpora Zainudin Amali dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berpose bersama pemenang renang gaya dada 200 meter PON XX di Kolam Aquatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10/2021). (Foto: PB PON XX 2021/Rahmat Takbir)

Olga

Banyak Pecah Rekor, Menpora Puji Semangat Atlet PON di Tengah Pandemi