Home / Wisata

Sabtu, 18 September 2021 - 10:52 WIB

Hari Ini Candi Prambanan Dibuka untuk Wisatawan dengan Aplikasi PenduliLindungi

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah dan DIY mengikuti simulasi uji coba pembukaan Taman Wisata Candi Prambanan dengan aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Instagram @media_twc)

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah dan DIY mengikuti simulasi uji coba pembukaan Taman Wisata Candi Prambanan dengan aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Instagram @media_twc)

NYATANYA.COM, Sleman – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah dan DIY mengikuti simulasi uji coba pembukaan Taman Wisata Candi Prambanan dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, Jumat (17/9/2021).

Simulasi uji coba ini dilakukan untuk memastikan kesiapan destinasi TWC Prambanan untuk menerima kunjungan wisatawan kembali pada Sabtu (18/9/2021).

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa pengelola destinasi harus mengubah paradigma wisata di masa kenormalan baru ini. Aturan tentang penerapan protokol kesehatan harus dijalankan secara profesional.

Baca juga   Makam Para Wali Gunungpring Masih Ditutup untuk Peziarah

“Kita perlu menyamakan persepsi, bahwa yang kita lakukan hari ini adalah uji coba. Tujuan utamanya bukan mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya, namun memastikan protokol kesehatan ditaati dengan ketegasan dari pengelola. Kami berharap pandangan yang sama untuk menyelesaikan pandemi ini,” terangnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa dalam proses uji coba ini nantinya akan banyak ditemukan kendal-kendala di lapangan.

“Maka perlu adanya SDM yang bisa mendampingi wisatawan nanti. Bagaimana semua pelaku wisata di sini harus menguasai teknologi. Dalam rangka agar Prambanan bisa menjadi contoh bagi destinasi yang lain,” ungkapnya.

Baca juga   Konsisten Kelola Wisata Desa, Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyambut baik adanya simulasi uji coba ini. Dirinya yakin, destinasi TWC Prambanan menerapkan standar operasi yang profesional dalam menyambut kembali wisatawan.

“Saya melihat TWC Prambanan dari awal punya komitmen yang sangat tinggi untuk menerapkan protokol dengan baik. Saya atas nama Dinas Pariwisata Provinsi DIY menyetujui besok pagi mulai dilakukan uji coba secara terbatas operasional Candi Prambanan bersama 20 destinasi lain,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dibuka dalam pelaksanaan simulasi. (Foto: media_twc)

Wisata

Candi Borobudur Segera Simulasi Buka Kembali
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Vaksin Wisata kali ini bukan saja ditujukan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) tetapi juga keluarga dan lingkungannya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

93% Pelaku Parekraf DIY Telah Divaksin, 3 Obwis Ini Sudah Dibuka
Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Sports track Hutan Wisata Tinjomoyo mulai dibuka untuk masyarakat umum. (Foto:Diskominfo Semarang)

Wisata

Sports Track Hutan Wisata Tinjomoyo Kian Menantang, Mau Coba?
Jembatan Bantar, melalui aktivitas yang digerakkan Towil Fiets menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan manca Negara. (Foto: Dokumentasi Towil Fiets)

Wisata

Jembatan Bantar, Saksi Sejarah yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Manca Negara
Wisata Taman Senja Ngelo siap memanjakan wisatawan dengan aneka fasilitas seperti live music, aneka menu makanan, spot selphie, deretan gazebo hingga perahu mesin menyusuri Sungai Opak. (Foto: Humas Kab Bantul)

Wisata

Wisata Taman Ngelo, Tawarkan Susur Sungai Malam dengan Perahu Motor
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik