Home / News

Jumat, 22 April 2022 - 13:46 WIB

Hari Kartini Ajak Perempuan Yogya Terus Berkarya

Pemkot bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta menyelenggarakan rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2022. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pemkot bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta menyelenggarakan rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2022. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Yogyakarta menyelenggarakan rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2022.

Ketua GOW Kota Yogya,Tri Kirana Haryadi Suyuti mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kebersamaan dan kepedulian masyarakat di masa pandemi.

“Selain itu juga mengkampanyekan kesetaraan gender di dalam keluarga dan masyarakat, serta meningkatkan peran perempuan sebagai inisiator dan penggerak masyarakat di masa pandemi,” katanya di ruang Bima Balaikota Yogya, Kamis (21/4/2022).

Istri Walikota Yogyakarta ini mengungkapkan peringatan Hari Kartini merupakan hari yang bersejarah bagi perempuan Indonesia.

Pada tanggal 21 April merupakan simbol perjuangan RA Kartini dalam melawan dan melepaskan diri dari feodalisme yang dinilai mengekang hak-hak perempuan.

Baca juga   Kemenag Bantah Jawa Sentris, Label Halal Indonesia Ditetapkan Berdasarkan Kajian

Untuk itu, katanya, mari kita maknai hari Kartini, sebagai upaya kesetaraan perempuan agar dapat menjadi manusia yang mempunyai kepribadian dengan mendapatkan kesempatan yang setara dalam berbagai bidang.

“Fakta menunjukkan bahwa perempuan telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan mendatang,” jelasnya.

Di Kota Yogya sendiri, tambahnya semangat kebersamaan, kepedulian, kegotongroyongan menjadi ikatan yang kuat bagi perempuan Kota dalam membantu menangani Covid-19.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan komitmen Pemkot Yogya dalam mengaplikasikan pembangunan yang responsif gender cukup kuat.

“Hal ini bisa dilihat dalam rencana strategis Pemkot Yogya yang menjelaskan secara ideal visi, misi, strategi, tujuan, dan capaian tentang keadilan dan kesetaraan gender,” jelasnya.

Baca juga   Tujuh Provinsi Masih Alami Kenaikan, Angka Kasus Konfirmasi Harian Berhasil Ditekan di 16 Ribu

Secara konseptual, lanjutnya, rencana strategis telah mengakui dan menetapkan nilai dan issu gender sebagai bagian dari pembangunan.

“Bahkan secara progresif, Pemkot Yogya menetapkan sasaran pembangunan melalui program affirmasi kepada lima kelompok rentan yaitu, perempuan, anak, lansia, difable dan orang miskin,” katanya.

Dengan demikian perempuan perlu diberdayakan dengan berbagai program pemberdayaan perempuan agar dapat memiliki akses dalam pembangunan.

“Agar tujuan tersebut dapat dicapai diperlukan partisipasi dan komitmen yang kuat dari Pemkot Yogya dan semua elemen yang ada di masyarakat,” bebernya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Anies Baswedan. Foto: Ist

News

DPRD DKI Resmi Umumkan Berakhirnya Masa Jabatan Anies dan Ariza
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Sekretariat Presiden)

News

Presiden: Pemindahan Ibu Kota Baru sebagai Esensi Transformasi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Kasus Baru Covid-19 di Jateng Turun Drastis
Jaksa Agung Burhanuddin. (Foto: dok. Puspenkum)

News

Jaksa Agung Bentuk Tim Penyidik Dugaan Pelanggaran HAM Berat di Paniai
Anies Baswedan resmi dicalonkan Partai Nasdem sebagai Capres 2024/ Foto: Ist

News

Partai NasDem Resmi Usung Anies Baswedan Capres 2024, Surya Paloh: Why Not the Best
Sejumlah penumpang pesawat berjalan di area Terminal 2F Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/12/2021). PT Angkasa Pura II mengoperasikan kembali Terminal 2F untuk kedatangan penumpang internasional guna mengantisipasi penumpukan penumpang setelah sebelumnya hanya Terminal 3 yang digunakan sebagai lokasi ketibaan internasional, hal tersebut dilakukan menyusul ditemukannya pasien yang terpapar virus corona varian B.1.1.529 alias Omicron untuk pertama kalinya di Indonesia pada Kamis (16/12/2021).(ANTARA FOTO/Fauzan/nz)

News

Pemerintah Memperketat Pintu Masuk Kedatangan dari Luar Negeri
Foto: dok Puspenkum

News

Kejagung Periksa Empat Saksi Kasus Proyek Pabrik Krakatau Steel
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kabar Baik, Angka Sembuh Covid-19 Melebihi Angka Kasus Konfirmasi