Home / Peristiwa

Selasa, 6 Juli 2021 - 21:48 WIB

Hari Ke-3 PPKM Darurat, Warga Semakin Tertib

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat sidak ke Pasar Darurat dan Pasar Baru Kedungwuni.(Foto:nyatanya.com/Dinkominfo Pekalongan)

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat sidak ke Pasar Darurat dan Pasar Baru Kedungwuni.(Foto:nyatanya.com/Dinkominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Pada hari ketiga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Pekalongan, masyarakat semakin tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat sidak ke Pasar Darurat dan Pasar Baru Kedungwuni, Senin (5/7/2021). Menurutnya, kesadaran itu terlihat dari banyaknya warga yang sudah mau mengenakan masker, dan memanfaatkan fasilitas cuci tangan di area pasar.

“Bapak ibu, ayo kita jaga prokes bersama. Saat ini pandemi sedang naik penularannya, hingga rumah sakit penuh. Oleh karena itu, hendaknya dimulai dari diri kita agar tetap terjaga kesehatannya,” ujar Bupati Fadia, di Pasar Baru Kedungwuni, Senin (5/7/2021).

Terkait kondisi pasar, bupati menilai penataan pasar sudah bagus karena diatur dengan konsep zonasi. Setiap blok punya spesifikasi, seperti khusus bengkel, peralatan rumah tangga, sayuran, kepokmas, dan sebagainya.

Baca juga   Satpol PP Kota Yogya Salurkan Bantuan Beras kepada Pedagang

“Semua ada zonasinya masing-masing sehingga tidak tercampur aduk. Jadi, orang kalau mau belanja tahu, tempat ikan-ikan sebelah sana, mungkin yang perabotan sebelah sini, jadi memang sudah diatur dengan baik,” ujarnya.

Fadia menegaskan, pasar Kedungwuni direncanakan dapat dibuka secara resmi pada akhir tahun ini, setelah semua fasilitas umum terpenuhi.

“Kita utamakan pedagang lama dulu. Pedagang lama itu akan diverifikasi ulang lagi apakah dia mempunyai KTP yang kemarin sudah terdaftar, dan ada satu KTP mempunyai 16 kios itu kita cek dan masih kita revisi,” tambah Fadia.

Baca juga   Masuk Sektor Unggulan, Ternak Sapi Jadi Perhatian Bupati

Di tempat lain, bupati menyatakan dukungannya terhadap kegiatan vaksinasi secara masif kepada para karyawan pabrik yang ada di Kabupaten Pekalongan. Salah satunya, vaksinasi massal bagi karyawan pabrik PT Pismatex Buaran.

”Ya semua alhamdulilah berjalan dengan baik, dan pabrik-pabrik ini kita memang adakan vaksinasi yang bekerja sama dengan Kodim 0710/ Pekalongan,” tuturnya

Menurut bupati, kegiatan vaksinasi kepada karyawan pabrik agar perekonomian di Kabupaten Pekalongan tetap berjalan, walaupun sekarang masih dalam masa penerapan PPKM Darurat.

”Supaya mereka bisa tetap kerja dan ekonomi masih tetap bisa jalan, karena mereka kan yang bekerja ini tulang punggung keluarga semua ya. Oleh karena itu, benar-benar kita perhatikan,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

Peristiwa

Swadaya Masyarakat Rp1 M Selesaikan Jembatan Mbongos
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Polobogo, Getasan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Pemkab Semarang Salurkan 1.347 Ton Bantuan Beras PPKM
Para relawan yang tergabung dalam Team Kubur Cepat Kelurahan Kricak. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Team Kubur Cepat Kricak Makamkan Warga Terpapar Covid-19 Pukul 22.30 Wib
Ilustrasi masyarakat sadar prokes. Memakai masker itu wajib. (Foto: Dismominfo Jateng)

Peristiwa

Demak Turun Level, Dari 4 Menjadi Level 2
Pemkab Pekalongan mendistribusikan paket bantuan budidaya lele melalui program laboratorium kemiskinan. (Foto: Dinkominfo Kabupaten Pekalongan)

Peristiwa

Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan
Program CSR Japfa Peduli, bentuk sosial kepada masyarakat, dengan tujuan meringankan beban masyarakat karena adanya pandemi Covid-19. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bantu Ayam dan Telur, Japfa Peduli Warga Isoman
Acara remisi umum kepada narapidana dan anak dipandu oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara daring diikuti oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia beserta jajaran kementerian dan Kepala Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

243 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Yogyakarta Peroleh Remisi