Home / News

Kamis, 21 April 2022 - 15:00 WIB

Hari Pertama Pendaftaran Mudik Gratis Kereta Api, Warga Jateng Sambut Antusias

Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu (20/4/2022). Foto: Humas Jateng

Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu (20/4/2022). Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Jakarta – Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu (20/4/2022). Mereka warga Jawa Tengah yang bekerja di Jabodetabek, mulai berbondong-bondong datang mendaftar program mudik gratis.

Lebaran tahun ini, Pemprov Jateng kembali menggelar program mudik lebaran gratis bagi para perantau di Jabodetabek. Selain menyediakan 118 bus bantuan gubernur, bupati/wali kota dan Bank Jateng, Pemprov Jateng juga menyelenggarakan mudik lebaran gratis via kereta api.

Mudik lebaran gratis melalui kereta api akan digelar pada 29 April 2022. Empat gerbong Kereta Api Tawang Jaya dengan kapasitas lebih dari 300 tempat duduk, disiapkan untuk program mudik yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Pendaftaran mudik gratis kereta api dimulai hari ini, Rabu (20/4/2022) sampai kuota terpenuhi.

Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu (20/4/2022). Foto: Humas Jateng

“Ya senang sekali rasanya, mau pulang ke Banjarnegara ada mudik gratis ini. Program ini bagus ya, bisa membantu kami yang bekerja di Jakarta,” kata Teguh Suroso, salah satu driver online asal Jateng di Jakarta.

Baca juga   Cegah Klaster Baru, Bubarkan PTM yang Digelar Tanpa Izin

Hal senada disampaikan Ruswanti (50), warga asli Banyumas. Ruswanti begitu senang saat mengetahui ada program mudik gratis dari Pemprov Jateng.

“Senang sekali ya. Dengan keadaan seperti ini, perekonomian susah, ada bantuan mudik gratis dari pemerintah provinsi Jateng. Ya sangat beruntung,” ungkapnya.

Ruswanti mengatakan, untuk biaya mudik lebaran ke Bayumas, membutuhkan uang Rp300 ribu untuk satu orang. Padahal, ia biasa mudik bersama dua anaknya.

“Jadi sekali jalan bisa habis Rp900 ribu. Itu untuk tiketnya saja. Sekarang ada mudik gratis ini, uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya,” ucapnya tertawa.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Emy Dyah Margiarekta mengatakan, masyarakat Jateng di Jabodetabek begitu antusias terhadap mudik gratis ini. Mereka bahkan sudah mendaftar jauh-jauh hari untuk bisa ikut program itu.

“Mangga yang belum mendaftar segera mendaftar. Bisa datang ke kantor badan penghubung Jateng atau menghubungi nomor WA di 081318712523,” kata Emy.

Baca juga   Jangan Sembarangan Gelar PTM, Ini Aturannya di Jawa Tengah

Dia menerangkan, untuk pendaftaran mudik gratis via kereta api sudah dibuka pada Rabu (20/4/2022). Sementara untuk mudik gratis menggunakan bus, pendaftaran sudah dibuka sejak 13 April lalu.

“Silakan mendaftar, dengan syarat KTP Jawa Tengah atau lahir di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali menggelar program mudik gratis untuk warga Jateng di Jabodetabek. Sebanyak 118 bus disediakan dari bantuan gubernur, bupati/ wali kota dan Bank Jateng. Selain bus itu, Ganjar juga menyediakan mudik gratis via kereta api.

Mudik gratis via bus akan digelar pada 28 April 2022. Pemudik rencananya akan dilepas langsung oleh Ganjar dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII. Sementara mudik gratis via kereta api akan diberangkatkan sehari setelahnya, yakni 29 April 2022 melalui Stasiun Pasar Senen.

(N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

News

Hari Pertama PPKM Darurat Positif Covid-19 DIY Meroket, Tambah 1.358 Kasus
Kedatangan 1.336.200 dosis vaksin jadi merek AstraZeneca, tiba di Bandara Soekarno Hatta Banten diangkut maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ956 pada Jumat (29/10/2021). (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Sebanyak 1.336.200 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia
Foto: garuda-indonesia.com

News

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Pengadaan Pesawat Garuda
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Hari Ini Mayoritas Wilayah Indonesia Diguyur Hujan, Waspadai Petir dan Angin Kencang
Penampakan visual awan panas guguran Gunung Merapi yang terjadi pukul 20.21 WIB. (nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran ke Arah Tenggara
Foto udara tikungan ke 17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). Pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 secara online maupun ofline dengan syarat sudah dua kali vaksin Covid-19. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc)

News

Ajang World Superbike Memacu Pemulihan Ekonomi
Bank Indonesia. Foto: Ist

News

Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia Sepakat Perbarui Perjanjian Swap Bilateral Mata Uang Lokal
Sihono HT, Hudono dan Nuryadi berbincang soal Grha Pers Pancasila. Foto: Dok.PWI DIY

News

Wujudkan Visi Yogya Pusat Pers Pancasila, DPRD DIY Dukung Rencana PWI Bangun Grha Pers Pancasila