Home / News

Sabtu, 3 Juli 2021 - 18:19 WIB

Hari Pertama PPKM Darurat Positif Covid-19 DIY Meroket, Tambah 1.358 Kasus

Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Sabtu (3/7/2021) suasana kota Yogyakarta memang nampak sedikit lengang. Sejumlah toko juga nampak tutup, meski tak sedikit pedagang kaki lima masih nampak membuka lapaknya.

Meski tak sebanyak hari sebelumnya, di Malioboro juga masih terlihat beberapa pedagang membuka lapaknya, sejumlah wisatawan juga masih terlihat menikmati suasana Malioboro.

Rekapitulasi Covid-19 di DIY periode 30 Juni – 3 Juli 2021. (nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Sementara itu, Pemda DIY kembali melaporkan perkembangan kasus Corona di DIY hari ini, dimana dilaporkan terdapat penambahan 1.358 kasus positif Covid-19. Dengan rincian riwayat sementara kasus terkonfirmasi Covid-19 berasal dari periksa mandiri 246 Kasus, tracing kontak kasus positif 1.072 kasus, skrining karyawan kesehatan 8 kasus, perjalanan luar daerah 2 kasus, dan belum ada info 30 kasus. Sehingga total kasus Covid-19 sampai hari ini menjadi 63.634 kasus.

Baca juga   Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih menambahkan hari ini terdapat 424 kasus positif yang dinyatakan sembuh, dengan distribusi kasus berdasar domisili, asal Kota Yogyakarta 42 kasus, Kabupaten Bantul 177 kasus, Kabupaten Kulon Progo 29 kasus, Kabupaten Gunungkidul 32 kasus, Kabupaten Sleman 144 kasus.

Jumlah sampel yang diperiksa per Sabtu, 3 Juli 2021. (nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

“Untuk kasus meninggal, hari ini dilaporkan 36 kasus. Persentase kesembuhan (tingkat kesembuhan) pasien Covid-19 adalah sebesar 78,06% sementara persentase kasus kematian (tingkat kematian) sebesar 2,60%,” jelas Berty.

Baca juga   Ganjar Mencak-mencak, Nekat Gelar 'Pit-pitan Bareng' Tak Patuh Prokes

Hasil laporan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan RS Rujukan Covid di DIY sampai Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 16.00 WIB total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau total pasien yang tersuspek sebanyak 48.511 orang.

Sementara jumlah sampel yang diperiksa sampai hari ini adalah 5.640 sampel, diambil dari 5.590 orang. Dan total jumlah keseluruhan sampel yang telah diperiksa sebanyak 361.285 dari 335.096 orang.

“Kami ingatkan kembali agar masyarakat menjadi subjek dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tegas Berty Murtiningsih. (N1)

Share :

Baca Juga

Menteri Airlangga Hartarto secara simbolis menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Rumah Dinas Loji Gandrung. (Foto:Humas Pemkot Surakarta)

News

Surakarta Terima Bantuan 100 Oxygen Concentrator
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan jajarannya saat jumpa pers. (Foto: Diskominfo Pemalang)

News

Pemalang Level 2, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Patuhi 3M
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Maksimalkan Pengecekan Penumpang, DIY Minta Pusat Naikkan Kelas KKP Bandara
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan ‘Rembug Desa’ Tangani Pandemi
Ganjar Pranowo dalam kunjungannya ke Rembang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kasus Turun Hingga 40 Persen, Ganjar Pranowo Apresiasi Penanganan Covid-19 di Rembang
RS PKU Muhammadiyah Prambanan siap dioperasikan menjadi RS Darurat Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

RS Darurat Covid-19 Klaten Resmi Beroperasi
Bupati Klaten, Sri Mulyani. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

Catat! Minggu Depan Hajatan Tak Diizinkan
Guguran lava pijar Gunung Merapi, Senin (26/7/2021). (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Lontarkan Lava Pijar, Titik Api Terpantau di Lereng Barat Daya