Home / Peristiwa

Kamis, 2 Juni 2022 - 00:15 WIB

Harimau Sumatera Dilepasliarkan di TN Kerinci Seblat Gunakan Helikopter, Begini Prosesnya

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang dilepasliarkan di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Foto: Biro Humas KLHK

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang dilepasliarkan di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Foto: Biro Humas KLHK

NYATANYA.COM, Merangin – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bersama tim gabungan, kembali melakukan pelepasliaran satu ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) di areal Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Rahmad Saleh, mengatakan, proses pelepasliaran harimau jantan berusia sembilan tahun itu cukup menantang karena dilepaskan di zona inti TNKS yang aksesibilitasnya sulit.

“Untuk itu tim gabungan pelepasliaran menggunakan helikopter untuk mengangkut kandang harimau menuju zona inti TNKS,” ujar Kepala BKSDA Jambi, Rabu (1/6/2022).

Baca juga   Siapkan 2.000 Dosis, Kejaksaan Negeri Kulonprogo Gelar Vaksinasi

Tim gabungan terdiri atas tiga orang dari Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumberdaya Genetik (KKHSG), tiga orang dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS), dan dua orang dari BKSDA Jambi.

Karena kapasitas helikopter sangat terbatas, maka proses penerbangan ke lokasi pelepasliaran satwa dilindungi itu dibagi menjadi tiga.

Penerbangan pertama dilakukan untuk membawa 10 orang personel anggota tim, penerbangan kedua mengangkut Harimau Sumatera, yang dilanjutkan dengan pelepasliaran pada sekitar pukul 13.00 – 13.20 WIB, dan penerbangan ketiga dilakukan untuk mengambil box transport Harimau di lokasi pelepasliaran.

Baca juga   Tujuh Penambang Batubara Ilegal Ditangkap di Sekitar Lokasi Ibu Kota Negara

“Kegiatan pelepasliaran sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, Harimau Sumatera yang dilepasliarkan ini merupakan hasil upaya penyelamatan satwa liar ini dari konflik dengan manusia atau warga di sekitar hutan yang menjadi habitat aslinya.

“Pelepasliaran Harimau Sumatera dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi di Desa Nalo Gedang, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Marangin, Jambi,” tandas Rahmad.

(WS/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Petugas berusaha memadamkan api. Foto: selalu.id

Peristiwa

Gara-gara Bakar Dupa, Balai RW di Surabaya Hangus Terbakar
Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah menyebabkan 110 rumah dan lahan pertanian warga terendam banjir. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya sungai Karama yang memicu banjir pada hari Minggu (15/5/2022). Foto: BPBD Mamuju Tengah

Peristiwa

110 Rumah Warga Mamuju Tengah Terendam Banjir, Lahan Pertanian Terdampak
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi Presiden RI Joko Widodo mengunjungi lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Dampingi Presiden, Gubernur Khofifah Dapat Kepastian Pembangunan Jembatan Darurat
AP (23) sopir angkot yang membunuh perempuan open BO digelandang Polresta Bogot Kota. (Foto: Ist)

Peristiwa

Sopir Angkot Bunuh Perempuan Open BO, Deal Rp1 Juta Ternyata Cuma Bawa Rp200 Ribu
Nugroho Joko Prastowo menyerahkan sisa 100 tabung oksigen secara simbolis kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi jajaran Forkompimda melaunching Rumah Restorative Justice di Pendopo Balai Desa Karangrejo, Borobudur, Rabu (16/3/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bupati Magelang Launching Rumah Restorative Justice di Desa Karangrejo Borobudur
Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Locals Unit Angkringan Jogja Citymewah, Berdayakan UMKM Kuliner di Yogya
Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelantikan dan pengukuhan di Gedung Wanita, Sampit pada Sabtu (5/2/2022). (Foto: Mitra Diskominfo Kalteng/Ay)

Peristiwa

Pelantikan Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Kotim Berlangsung Kondusif