Home / News

Minggu, 24 April 2022 - 20:20 WIB

Hasil Survei LSI, Elektabilitas Puan Maharani Naik

Puan Maharani. (Foto: Biro Humas DPR RI)

Puan Maharani. (Foto: Biro Humas DPR RI)

NYATANYA.COM, Jakarta – Lembaga Survei Independen (LSI) merilis hasil survei terbaru. Hasilnya, elektabilitas Ketua DPR RI, Dr (HC) Puan Maharani, dalam bursa calon Pemilihan Presiden 2024 mulai merangkak naik.

Dalam survei tersebut, Puan Maharani dianggap berhasil merepresentasikan suara masyarakat luas.

Menanggapi hasil survei tersebut, Emrus Sihombing, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan, menilai bahwa kenaikan elektabilitas ini menjadi wujud keberhasilan kerja Puan Maharani selama ini.

“Secara kualitatif, survei itu menunjukkan bahwa masyarakat melihat kinerja Puan Maharani. Puan yang bekerja dengan tulus, baik, dan produktif, dirasakan oleh masyarakat. Hal ini membuat masyarakat memberikan suatu respon berupa voting behaviour atau perilaku memilih yang tercermin dalam kenaikan elektabilitas itu,” tutur Emrus Sihombing, Sabtu (23/4/2022)

“Artinya, masyarakat berkeinginan memilih Puan Maharani dalam bursa calon Presiden 2024 nanti,” tambah Emrus.

Dalam catatan Emrus, kinerja nyata dan terekam dengan baik menjadi modal kuat bagi Puan dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 nanti.

Baca juga   Dokumen Delapan Parpol Telah Lengkap sebagai Calon Peserta Pemilu 2024

Emrus juga menyoroti kerja Puan sejak menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI pada 2012.

“Puan saat itu mampu memimpin dan meningkatkan produktivitas kerja fraksi,” tandas Emrus.

Saat Puan menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Emrus juga melihat beliau berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

“Dan saat ini, saat menjadi Ketua DPR, Puan mampu memimpin, mengayomi, dan menghadapi berbagai manuver politik yang ada,” papar Emrus.

Menurutnya, Puan bukanlah pemimpin yang penuh pencitraan, namun pemimpin yang bekerja sehingga menimbulkan citra positif.

“Jadi, menurut saya, sosok Puan Maharani pas menjadi calon Presiden dan pas menjadi Presiden pada 2024-2029,” imbuh Emrus.

Sebelumnya, dalam hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Independen (LSI) memaparkan adanya kenaikan elektabilitas Puan Maharani dalam bursa calon Pemilihan Presiden 2024.

Direktur Riset Lembaga Survei Independen, Fathur Rahman, menyebut elektabilitas Puan naik hingga mencapai 3,1 persen.

“Perlahan namun pasti, elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani terus mengalami tren kenaikan,” kata Fathur Rahman, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga   Sembilan Parpol Mendaftar Pemilu 2024 di Hari Pertama

Dalam survei yang dilakukan di 34 provinsi, sosok Puan dianggap berhasil merepresentasikan suara masyarakat luas. Seperti soal sikap tegas Puan dalam menolak wacana penundaan Pemilu 2024.

Survei dengan margin of error 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen itu, juga merekam pernyataan publik yang menilai Puan berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam forum internasional sekelas Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang digelar di Bali pada Maret 2022.

Nama Puan juga harum di lembaga internasional seperti WHO yang mengapresiasi kerja Puan selama ini.

Tak hanya itu. Publik juga merespon positif kesuksesan serta komitmen Puan dalam mengawal dan mengesahkan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Khusus untuk bursa Calon Wakil Presiden, nama Puan masuk tiga besar dengan elektabilitas 13,32 persen. Posisinya berada di bawah Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas 19,5 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih elektabilitas 24,6 persen.

(*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Jubir Covid-19 Kemenkes: Kolaborasi, Kunci Keberhasilan Indonesia Atasi Pandemi
Nanda Cahyadi Pribadi. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

News

Varian Delta Ditemukan di Magelang, Satgas Covid-19 Siap Tambah RS Darurat
Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, kembali ditutup selama tiga hari terhitung sejak Jumat (1/4/2022) hingga Minggu (3/4/2022). Foto: Istimewa

News

TPST Piyungan Ditutup Lagi, Warga Harus “Ngempet” Buang Sampah Tiga Hari
Foto: ANTARA

News

Sudah Makin Terkendali, Daerah PPKM Level 1 dan 2 Meningkat
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

BMKG Proyeksikan Hujan Sangat Lebat Periode Natal dan Tahun Baru, 11 Wilayah Ini Musti Siaga
Foto Ilustrasi: Warga Negara Asing (WNA) berjalan melintasi papan jadwal informasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021). Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron dan mewajibkan karantina selama 14 hari bagi penumpang yang berkunjung dari negara tersebut, sedangkan penumpang dari selain negara tersebut wajib karantina selama tujuh hari. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

News

Waspadai Lur, Hoaks Covid-19 Varian Baru Omicron
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menunjukan aplikasi MySAPK. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Woro-woro! ASN Magelang Wajib Update Data Melalui Aplikasi MySAPK
Operasi pasar minyak goreng curah yang diadakan di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (7/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Gencarkan Operasi Pasar Minyak Goreng Curah