Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Februari 2022 - 08:29 WIB

Hati-hati Lur, Musim Hujan Tawon Vespa Merebak

Dalam sepekan, RCTD Cawas bisa enam sampai tujuh kali melakukan operasi tangkap tawon atau OTT. (Foto: Diskominfo Klaten)

Dalam sepekan, RCTD Cawas bisa enam sampai tujuh kali melakukan operasi tangkap tawon atau OTT. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Seiring datangnya musim hujan, habitat vespa affinis atau tawon ndas cenderung meningkat. Untuk menghindari jatuhnya korban, warga Klaten diminta hati-hati, dan segera menghubungi petugas atau relawan jika membutuhkan bantuan penanganan sarang tawon ndas itu.

Peringatan dini itu disampaikan Kinanti Arimbi (40) tokoh Relawan Cepat Tanggap Darurat (RCTD) Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jumat (18/2/2022).

Menurutnya, saat cuaca dingin seperti sekarang, biasanya menjadi musim kawin tawon vespa.

“Biasa kalau musim hujan itu udara lembab. Tawon vespa kalau udara dingin itu menjadi musim kawin atau berkembang. Maka tidak heran kalau musim hujan, laporan penanganan rumah tawon vespa meningkat. Sepekan RCTD Cawas bisa enam sampai tujuh kali melakukan operasi tangkap tawon atau OTT,” kata Kinanti.

Baca juga   Bupati Sri Mulyani Tekankan Estetika Bangunan bagi Pelaku Usaha di Girpasang

Wanita yang juga aktif sebagai relawan sungai itu mengungkapkan, Selasa (15/2/22) malam, relawan RCTD melakukan tiga kali OTT di lokasi berbeda di Kecamatan Karangdowo, Klaten. Penangkapan tawon tersebut dilakukan pada malam hari, untuk menghindari risiko sengatan kumbang berbisa itu.

“Tiga lokasi berbeda teman-teman melakukan OTT. Masing-masing di Desa Tumpukan, Karang Munggung, dan Pencil yang semuanya berlokasi di Kecamatan Karangdowo, Klaten. Sarang tawon ndas itu sendiri ada yang di dahan pohon, di atas genting sampai di sudut kayu bangunan rumah warga. Kalau di sudut sempit rumah warga menjadi kasus OTT yang sulit,” terang wanita yang tinggal di Tirtomarto, Cawas, Klaten.

Baca juga   Jelang Pemilu 2024, Dukcapil Klaten Serahkan e-KTP di Sekolah

Kinanti menyampaikan, agar tidak tersengat tawon ndas, warga mesti berhati-hati dan tidak mengganggu rumah tawon. Apalagi pada siang hari. Pasalnya, sengatan tawon vespa sangat berbahaya. Dari 2019 sampai 2021 sudah sembilan warga Klaten yang meninggal tersengat tawon vespa.

“Jadi petugas juga harus terlatih. OTT baiknya malam hari sebab daya pandang tawon terbatas dan sudah masuk sarang. Lubang lalu tinggal ditutup dengan kapas yang dibasahi dengan bensin. Sejenak nanti tawon ndas sudah tak berdaya. Setelah itu sarang kita musnahkan. Terpenting warga harus hati-hati atau cepat menghubungi Damkar atau relawan terdekat.” pesannya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Indonesian Coffee Week untuk mempromosikan kopi Indonesia kepada pecinta dan pegiat usaha kopi, serta masyarakat di Johannesburg, Afrika Selatan. (Foto: KBRI Pretoria)

Peristiwa

KBRI Pretoria Promosikan Kopi Indonesia di Afrika Selatan
Launching layanan antar obat RSUD Dr Moewardi dengan PT Pos Indonesia.(Foto: Dok.RSUD Dr Moewardi)

Peristiwa

RSUD Dr Moewardi Sediakan Layanan Antar Obat, Ini Nomor yang Bisa Dihubungi
Telur penyu sisik yang berhasil diselamatkan dari upaya penyelundupan di wilayah Polda Babel. Foto: Biro Humas KLHK

Peristiwa

KLHK Gagalkan Upaya Penyelundupan 2.287 Telur Penyu Sisik dari Kepulauan Babel
Foto: Sriwijaya Air Group

Peristiwa

NAM Air Hidupkan Lagi Penerbangan Jakarta – Muara Bungo
Pemkab Kudus salurkan beras bantuan PPKM kepada 25 desa di Kecamatan Kota. (Foto: Diskominfo Kudus)

Peristiwa

Kudus Salurkan 37.111 Paket Bantuan Beras PPKM
Lomba kampung juara diselenggarakan sebagai upaya mewujudkan kampung yang bersih, indah, hijau, tertib, dan berkelanjutan. (Foto: Diskominfo Demak)

Peristiwa

Kampung Pesona Pujatim Raih Juara I Lomba Kampung Juara 2021
Suasana workshop penilaian kerja di Gedung Sungging Prabangkara, Kampus Mojosongo FSRD ISI Surakarta pada Selasa, 11 Januari 2022. (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Tenaga Pendidik FSRD ISI Surakarta Ikuti Workshop Penilaian Kinerja Format Baru
Logo resmi Hari Gizi Nasional 2022. (Foto: dinkes.slemankab.go.id)

Peristiwa

Ini Logo Resmi Hari Gizi Nasional 2022 dan Makna yang Terkandung di Dalamnya