Home / News

Rabu, 23 November 2022 - 23:17 WIB

Heboh Kepulauan Widi Dilelang di Situs Asing, Pemerintah Tegaskan Pulau-pulau Kecil Tidak Bisa Dimiliki Pihak Manapun

Foto: Dok PKSPL-IPB

Foto: Dok PKSPL-IPB

NYATANYA.COM, Jakarta – Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Jodi Mahardi, menegaskan pemerintah Indonesia telah memiliki peraturan perundangan yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak manapun secara utuh.

Hal itu disampaikan untuk merespon pemberitaan di beberapa media yang menyebut bahwa gugusan pulau atau Kepulauan Widi yang terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah dilelang di sebuah situs lelang asing.

“Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat/individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu,” ungkap Jodi dalam keterangan resmi, Rabu (23/11/2022).

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Kepulauan Widi tersebut sudah memiliki izin pengelolaan antara pihak swasta dengan pemerintah provinsi setempat.

Baca juga   BMKG: Ada Lima Fenomena Akhir 2022 hingga Awal 2023 yang Perlu Diwaspadai

Izin pengelolaan tersebut diberikan kepada PT Leadership Islands Indonesia (LII) sejak lama, namun kabarnya hingga kini belum ada realisasi pembangunannya hingga kemudian muncul kabar lelang tersebut.

Jodi mengatakan, apabila perizinan pengelolaan pulau kecil telah didapatkan perusahaan/subjek hukum nasional, maka proses kerja sama investasi dengan pihak asing juga harus dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Bagi pihak-pihak yang berminat untuk mengelola, bukan memiliki, kawasan pulau kecil harus mendapatkan izin dari pemerintah. Jika sampai ada pelanggaran dari ketentuan perundangan, maka bisa ada sanksi yang bisa dikenakan,” tuturnya.

Selain itu Jodi juga menegaskan bahwa kedaulatan Indonesia atas semua pulau yang ada di dalam garis pangkal kepulauan Indonesia tidak perlu diragukan dan telah diakui dunia internasional.

Baca juga   12 Anak Penganiaya Santri Hingga Tewas di Tangerang Diamankan Polisi

Kepulauan Widi merupakan gugusan kepulauan yang sangat indah. Pemerintah setempat sudah sempat mengadakan beberapa festival untuk mempromosikan keindahan gugusan pulau tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gugusan pulau di Indonesia yang disebut sebagai Kepulauan Widi akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS.

CNN melaporkan, ada lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, atau yang dalam pelelangan disebut Widi Reserve, yang tersebar di kawasan seluas 10.000 hektar.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menhub Budi Karya Sumadi ketika meninjau lokasi calon bandara baru itu bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Ketua Satuan Tugas Pembangunan IKN Danis Sumadilaga, dan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto pada Senin (21/2/2022). (Foto: Kemenhub)

News

Dibangun Seukuran YIA, Menhub: Lokasi Bandara IKN Sangat Strategis
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri Terbitkan Dua Instruksi Perpanjangan PPKM
Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

News

Mendes PDTT Minta Evaluasi Kondisi Gedung Kemendes PDTT yang Terbakar
Vaksin AstraZeneca tahap ke-113 diangkut menggunakan maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ950. Vaksin tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (4/11/2021) pukul 07.21 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Diangkut Singapore Airlines, 680.100 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Bandara Soetta
Walikota Haryadi Suyuti saat meninjau mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Dapat Bantuan Mobil Laboratorium PCR dari Kemenkes
Foto: KAI Daop 8

News

Peringati HUT ke-77 Kereta Api, KAI Daop 8 Surabaya Percepat Perjalanan KA
Sukisno, Kepala BMKG Jawa Tengah. (Foto: MC.TMG)

News

BMKG Prediksikan Cuaca Lebih Bersahabat Saat Musim Tembakau

News

PPATK Pelototi Aliran Dana Judi Online di Indonesia