Home / Buku

Jumat, 17 September 2021 - 21:17 WIB

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Untuk diketahui bulan September ditetapkan sebagai Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang jatuh pada 14 September. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia termasuk Aparatur Sipil Negara. Pada kesempatan tersebut Wawali menyampaikan pentingnya membaca bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

“Selain sebagai jendela dunia, membaca merupakan salah satu syarat terbentuknya masyarakat literasi yang merupakan simbol sebuah bangsa yang beradab dan berkemajuan,” tegasnya di ruang Yudhistira komplek Balaikota Yogya.

Baca juga   Apa Itu Taman Pintar Virtual Guide dan 360 Derajat yang Baru Diluncurkan?

Menurutnya keterampilan membaca dan menulis adalah beberapa faktor untuk mempengaruhi literasi seseorang. Hal ini karena dari membaca dan menulis seseorang mampu meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan literasi memiliki peran strategis dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat dan selanjutnya dapat menjadi daya ungkit untuk pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengatakan bahwa predikat Kota Yogya sebagai Kota Pelajar telah didukung dengan adanya perpustakaan-perpustakaan yang representatif.

Berbagai inovasi pun telah di lakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya agar terus meningkatkan minat baca kepada warga masyarakat Kota Yogya.

“Perpustakaan Kota Yogya memiliki Saparatu atau Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Tanpa Turun dari Kendaraan, selain itu juga ada Jamila atau Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan Ke Pemustaka,” bebernya.

Baca juga   Wawali Lantik Pengurus Baru Forum Kerukunan Umat Beragama Kelurahan Bener

Disamping itu, lanjutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya juga gencar melakukan layanan inklusi sosial yang berada di Kampung-kampung baca di Kota Yogya.

“Ini menjadi salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan sisi sosial dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Pada tahun 2020 Pemkot Yogya membentuk 7 kampung baca dan pada tahun 2021 membentuk 14 kampung baca, hingga saat ini sudah terbentuk terbentuk 21 kampung baca. (*)

Share :

Baca Juga

Buku Kisah Lima Sahabat karangan Ratri Gunariyanti yang diterbitkan Pustaka Anak. (Foto:dokumentasi pustaka anak)

Buku

Bening, Gadis Rimba yang Luar Biasa
Christanti Zaenal Arifin menggelar 'Bunda PAUD Mengajar' dengan membacakan dongeng bagi anak-anak. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Buku

Tingkatkan Literasi Anak, Bunda PAUD Bacakan Dongeng Secara Daring
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Buku Diplomasi Indonesia di Era Global yang ditulis Desy Nur Aini Fajri bersama mahasiswanya. (Ilustrasi/Foto: dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming saat menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, olahraga, ekonomi kreatif, pariwisata dan sejarah. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Buku

Pemkot Surakarta Terus Kembangkan Digitalisasi Perpustakaan
Vini Indriasari dan bukunya Citra Digital dengan Remote Sensing. (Ilustrasi grafis: nyatanya.com/Foto: dokumentasi Teknosain)

Buku

Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis

Buku

Walikota Yogya Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021
Desy Nur Aini Fajri dan buku Hubungan Kerjasama Indonesia dan Jepang yang ditulis bersama mahasiswanya. (Foto: dokumentasi graha ilmu)

Buku

RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta