Home / Buku

Jumat, 17 September 2021 - 21:17 WIB

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Untuk diketahui bulan September ditetapkan sebagai Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang jatuh pada 14 September. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia termasuk Aparatur Sipil Negara. Pada kesempatan tersebut Wawali menyampaikan pentingnya membaca bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

“Selain sebagai jendela dunia, membaca merupakan salah satu syarat terbentuknya masyarakat literasi yang merupakan simbol sebuah bangsa yang beradab dan berkemajuan,” tegasnya di ruang Yudhistira komplek Balaikota Yogya.

Baca juga   Gedung Baru Perpustakaan “Remen Maos” Boyolali Diresmikan

Menurutnya keterampilan membaca dan menulis adalah beberapa faktor untuk mempengaruhi literasi seseorang. Hal ini karena dari membaca dan menulis seseorang mampu meningkatkan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan literasi memiliki peran strategis dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat dan selanjutnya dapat menjadi daya ungkit untuk pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengatakan bahwa predikat Kota Yogya sebagai Kota Pelajar telah didukung dengan adanya perpustakaan-perpustakaan yang representatif.

Berbagai inovasi pun telah di lakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya agar terus meningkatkan minat baca kepada warga masyarakat Kota Yogya.

“Perpustakaan Kota Yogya memiliki Saparatu atau Sarana Peminjaman dan Pengembalian Buku Tanpa Turun dari Kendaraan, selain itu juga ada Jamila atau Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan Ke Pemustaka,” bebernya.

Baca juga   Mantul Lur, Gandeng Gendong Lewat Bank Sembako Bugisan Lima

Disamping itu, lanjutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya juga gencar melakukan layanan inklusi sosial yang berada di Kampung-kampung baca di Kota Yogya.

“Ini menjadi salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan sisi sosial dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Pada tahun 2020 Pemkot Yogya membentuk 7 kampung baca dan pada tahun 2021 membentuk 14 kampung baca, hingga saat ini sudah terbentuk terbentuk 21 kampung baca. (*)

Share :

Baca Juga

Jakarta ikut berpartisipasi dalam konferensi tahunan UNESCO Creative City Network (UCCN) ke-XIV yang diselenggarakan di Santos, Brasil pada 18 - 22 Juli 2022. Foto: PPID DKI Jakarta

Buku

Jakarta Ambil Bagian dalam Konferensi UNESCO Creative City Network ke-XIV di Brasil
Kegiatan literasi terapan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan Kota Yogya. Sejumlah agenda mewarnai kegiatan yang digelar di bulan Mei 2022 ini. Foto: Humas Pemkot Yogya.

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Gelar Kegiatan Literasi Terapan
Guna meningkatkan minat baca warga Jatim, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Jatim mendukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa dan area berpotensi “Titik Baca”. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Buku

Diprakarsai IKAPI dan Kubuku, Diskominfo Jatim Dukung Implementasi Perpustakaan Digital Desa
Nyoman Wijana dan buku Pencemaran, Pemulihan, dan Kualitas Lingkungan Hidup. (Foto: dokumentasi Plantaxia)

Buku

Banjir Besar Melanda Dunia
Edukasi Literasi Digital digelar oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Magelang. Foto: Ist/beritamagelang

Buku

Para Lansia di Magelang Belajar Literasi Digital bersama Mafindo dan Kominfo
Webinar Darma Wanita Persatuan dengan tema “Menyiapkan Ekosistem untuk Membangun Literasi dalam Keluarga”. (Foto: Kemendikbudristek)

Buku

Bulan Bahasa dan Sastra, Siapkan Ekosistem Membangun Literasi dalam Keluarga
Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (Kabiro KLN) KLHK, Dida Migfar Ridha. (Foto: Biro Humas KLHK)

Buku

KLHK: Artikel David Gaveau Soal Deforestasi Berisi Laporan Palsu
Acara Pemberian Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca di Kabupaten Cilacap Tahun 2021, di Hotel Sindoro, Rabu (24/11/2021). (Foto: Kominfo Cilacap)

Buku

Bangun Budaya Literasi Lewat Taman Bacaan Masyarakat