Home / Peristiwa

Rabu, 6 April 2022 - 20:54 WIB

Hibah Lembaga Keagamaan Tahap II Senilai Rp31 Miliar Cair

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang secara simbolis menyerahkan dana hibah lembaga keagamaan. (Foto: Humas Jateng)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang secara simbolis menyerahkan dana hibah lembaga keagamaan. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Hibah bidang keagamaan tahap II yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2022, dicairkan Rabu (6/4/2022). Pencairan tahap kedua ini lebih besar dibandingkan tahap pertama.

“Tahap satu sudah difasilitasi pemberkasan sebanyak 405 lembaga pendidikan keagamaan senilai Rp22,168 miliar. Sudah kami cairkan semua. Sedangkan untuk pelaksanaan pencairan tahap kedua ini ada 715 lembaga senilai Rp31,950 miliar,” kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, Imam Masykur, saat Pencairan Hibah Bidang Keagamaan tahap II, di Monumen PKK Jawa Tengah, di Ungaran, Rabu (6/4/2022).

Memperhatikan kondisi yang masih pandemi Covid-19, kata Imam, pencairan tahap kedua ini dilakukan selama tujuh hari kerja, yakni mulai 6 sampai 19 April 2022. Per hari, petugas melayani sebanyak 100 lembaga.

Baca juga   Wuling New Cortez Resmi Menyapa Masyarakat Semarang

Lebih lanjut, Imam secara rinci menginformasikan lembaga-lembaga yang menerima hibah. Lembaga tersebut adalah raudlatul athfal atau bustanul athfal sebanyak 90 lembaga dengan nilai Rp3,95 miliar, madrasah ibtidaiyah sebanyak 213 lembaga dengan nilai Rp10,885 miliar.

“(Madrasah Ibtidaiyah) ini yang paling banyak se-Jawa Tengah. Kemudian madrasah tsanawiyah dengan nilai Rp3,795 miliar untuk 69 lembaga, madrasah aliyah Rp1,995 miliar untuk 28 lembaga,” tuturnya.

Selanjutnya yang mendapat dana hibah adalah pondok pesantren sebanyak 75 lembaga, dan TPQ sebanyak 144 lembaga.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang secara simbolis menyerahkan dana hibah itu, mewanti-wanti agar dana yang diperoleh digunakan dengan baik. Lembaga-lembaga keagamaan juga diharapkan memberi bekal ilmu yang bisa menambah kecintaan anak didiknya kepada NKRI.

Baca juga   Foto: Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Semarang

“Kami melihat bahwa NKRI ini saat ini perlu kita kuatkan lagi ukhuwah basyariah (atau) ukhuwah insaniyah-nya (persaudaraan umat manusia), dan ukhuwah diniyah. Dan di sini saya menekankan bahwa kalau NKRI ini tidak bisa kita jaga dengan baik, maka apa yang kita laksanakan untuk ibadah, pasti akan terganggu,” jelasnya.

Sementara, imbuh Wagub, agama memerintahkan saat melakukan ibadah harus dilaksanakan dengan tenang dan nyaman. Ketenangan dan keamanan itu tercipta ketika ada keamanan.

“Di sinilah saya berharap dari lembaga-lembaga ini memberikan pendidikan yang rahmatan lil alamin, yang mengedepankan kasih sayang, yang mengedepankan kesabaran. Dan itu harus dimulai dari pondok-pondok pesantren, dan lembaga pendidikan keagamaan,” tandasnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi obat sirup. Foto: Ist

Peristiwa

Bareskrim Polri Ungkap Modus Pemasok Bahan Baku Obat Sirup, Mengoplos dengan EG
Wagub Jatim Emil Dardak saat meninjau Posko Pengungsian di Kantor Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Wagub Jatim Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi
Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka Festival Anak Sholeh Indonesia X Tingkat Kota Salatiga Tahun 2022, di Kampus I UIN Salatiga, Minggu (16/10/2022). Foto: Kominfo Salatiga

Peristiwa

Festival Anak Sholeh, Diharapkan Cetak Generasi Qur’ani
Sebanyak 11.390 orang mengunjungi Program “Indonesia Digital Opportunity” hari pertama Program Indonesia Digital Oppurtunity di Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Lebih dari 11 Ribu Orang Kunjungi Hari Pertama “Indonesia Digital Oppurtunity” di Paviliun Indonesia EXPO 2020 Dubai
ASN dan CPNS di lingkungan Pemkot Yogyakarta mengikuti tes sampel urine untuk pencegahan penyalahgunaan narkotika. Foto: Humas Pemkot Yk

Peristiwa

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Ratusan ASN Pemkot Yogya Dites Urine, Ini Hasilnya
Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin
Ritual Miwiti Umbul Dewi Sri digelar warga Dusun Singonalan, Sriwedari, Salaman Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Miwiti Umbul Dewi Sri, Tradisi Warga Singonalan Awali Panen Padi
(Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ungkapan Duka Ganjar untuk Mbah Minto, Beliau Lugu Namun Menginspirasi