Home / Peristiwa

Rabu, 26 Oktober 2022 - 07:49 WIB

Hindari Intimidasi Debt Collector, Tim Abdimas UPNVJ Lakukan Sosialisasi di Cilandak

Ilustrasi debt collector. Foto: Ist

Ilustrasi debt collector. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – Melalui Tridharma Perguruan Tinggi UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) melakukan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) dengan memberikan penyuluhan, edukasi Penguatan Hak Konsumen Dalam Perjanjian Kredit Menghadapi Penarikan Kendaraan Oleh Perusahaan Pembiayaan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi.

Dikutip dari portal resmi UPN Veteran Jakarta, Pengabdian Masyarakat yang dilakukan pada warga Komplek TNI-AL RT 008/006, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Tim abdimas yang meliputi Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH., MH. Yang merupakan Guru Besar Fakultas Hukum UPNVJ juga dibantu dua dosen lainnya yaitu Dr. Handoyo Prasetyo, SH., MH., dan Drs. Subakdi, MM.

Baca juga   Foto: Istiqlal Kembali Gelar Buka Puasa Bersama

Berdasarkan laporan yang disampaikan Drs. Subakdi, abdimas ini mereka lakukan dengan tujuan meningkatkan pemberdayaan hak dan kewajiban masyarakat dalam transaksi pembelian kendaraan bermotor secara angsuran/cicilan.

“Jangka waktu sosialisasi kita lakukan selama 6 bulan, hal yang kami berikan perihal bagaimana mencegah agar kendaraan bermotor yang dibeli tidak diambil atau ditarik oleh petugas penagih kredit macet (debt collector) dengan cara yang melanggar hukum,” jelas Subakdi kepada tim Humas UPNVJ.

Subakdi juga menjelaskan penarikan kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Debt Collector terkadang dilakukan disembarang tempat dan disertai dengan tindakan intimidasi bahkan kekerasan oleh kelompok orang tersebut, menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Baca juga   Segini Uang Suap yang Diterima Rektor Unila, Deposito Hingga Beli Emas Batangan

Keresahan masyarakat ini kemudian ditindaklanjuti oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indoesia (APPI).

“Dengan bekal sosialisasi, warga Komplek TNI-AL RT 008/006, Pondok Labu, Cilandak, Jaksel mempergunakan pengetahuan yang diperoleh selama sosialisasi untuk mengambil langkah atau upaya hukum terbaik untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dikemudian hari,” ujar Subakdi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan rehabilitasi jaringan tersier melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3AGAI). Foto: Diskominfo Sukoharjo

Peristiwa

52 Desa di Sukoharjo Terima Bantuan Rehabilitasi Jaringan Tersier
Kerusuhan pecah di Babarsari. Sejumlah ruko dan kendaraan dibakar, buntut bentrok dua kelompok. Foto: Ist

Peristiwa

Babarsari Mencekam! Bentrok Antar Kelompok Pecah, Buntut Keributan di Tempat Karaoke
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming secara simbolis menerima bantuan dari PT Daehyun DNC. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

PT Daehyung DNC Bantu Pemkot Surakarta Photocatalys Air Shower Gate
Koramil 03/Bulu, Polsek dan Satpol PP Kecamatan Bulu melaksanakan Pemasangan Pamplet PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Koramil-Polsek Gencar Sosialisasikan Prokes PPKM Darurat
Foto: Polresta Samarinda/Tribratanews

Peristiwa

Penghuni Lapas Narkotika Samarinda Kendalikan Peredaran Narkoba
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar HUT ke-76 Persandian. Acara ini digelar di Museum Sandi Kotabaru, Senin (4/4/2022). Foto: Diskominfosan

Peristiwa

HUT ke-76 Persandian, Momentum Kenang Jasa Pejuang Sandi
Aparat gabungan Kecamatan Gatak terus menerus tanpa kenal lelah mengimbau warga untuk melasanakan gerakan 5M. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Gugus Tugas Gatak Tak Lelah Imbau Warga Taati Prokes