Home / News

Selasa, 28 September 2021 - 00:55 WIB

Hujan Deras di Temanggung, Rumah Kholiq Hidayat Roboh

Warga bergotong royong membersihkan rumah yang roboh akibat longsor di Temanggung. (Foto: MCTEMANGGUNG)

Warga bergotong royong membersihkan rumah yang roboh akibat longsor di Temanggung. (Foto: MCTEMANGGUNG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Minggu (26/9/2021) siang hingga malam menyebabkan musibah tanah longsor di dua lokasi.

Selain bangunan senderan rumah warga di Desa Glapansari, Kecamatan Parakan, longsor juga merusak satu rumah milik warga di Dusun Nogo, Desa Salamsari, Kecamatan Kedu.

Pemilik rumah, Kholiq Hidayat mengatakan, robohnya rumah miliknya terjadi pukul sebelas malam, setelah kawasan tersebut diguyur hujan hingga Minggu malam hari. Tanah yang labil, menimbulkan pergerakan tanah menjadi penyebab utama musibah longsor tersebut.

Baca juga   Puluhan Perajin Batik Temanggung Ikuti Uji Kompetensi

“Kejadiannya itu setelah hujan sekitar jam sebelas malam, sebetulnya yang sebelah barat itu lumayan rawan, karena terlalu rendah, jadi tiangnya itu sebelah barat lebih tinggi, posisi tanah miring,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Temanggung, Totok Nursetyanto mengatakan, musibah tanah longsor tersebut terjadi, karena adanya pergerakan tanah yang berada di belakang rumah. Diduga kondisi tanah yang labil, ditambah gerusan air hujan hingga menyebabkan musibah tanah longsor.

“Di belakang rumah itu ada sungai, dan kemungkinan adanya pergerakan tanah hingga tiang penyangga rumah tertarik ke belakang, sehingga rumahnya roboh dan tidak bisa dihuni lagi,” terangnya.

Baca juga   Waspada Lur, Penipuan Mengatasnamakan Pimpinan Kejari Temanggung

Beruntung sewaktu kejadian, pemilik tidak berada di rumah, sehingga musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

“Dalam musibah tanah longsor itu tidak ada korban jiwa maupun luka, karena memang rumah tersebut belum ditempati pemiliknya dan mau rencana ditempati,” imbuhnya.

Hingga Senin siang, warga dibantu petugas dari BPBD, TNI dan Polri melakukan evakuasi material longsor. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi:nyatanya.com

News

Zona Merah, Klaten Stop Hajatan dan Tutup Seluruh Objek Wisata
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan, pemerintah akan mulai melakukan uji coba PPKM level satu (new normal) di Kota Blitar, Jawa Timur. (Foto: Humas Kemenko Marves/Istimewa)

News

Pemerintah akan Uji Coba PPKM Level Satu di Blitar
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menerima kunjungan Walikota Padang Hendri Septa. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota Padang Belajar Penataan Wisata Heritage di Kota Yogya
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih bersama Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, SIK melakukan monitoring pelaksaan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SMAN 1 Pundong. (FotoL: Humas Kab.Bantul)

News

3.000 Pelajar di Pundong Ikuti Vaksinasi
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

90 Siswa SMP Terpapar Covid-19, Ganjar Minta Sekolah yang Belum Siap PTM untuk Jujur
Menko Luhut turut mengunjungi PT SGMW (Wuling Motor Indonesia) di Karawang, Jawa Barat untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listrik. (Foto:infopublik)

News

Menko Marves Tinjau Progres Pengembangan Inovasi Transportasi Indonesia
Ganjar Pranowo.(Foto: Humas Jateng)

News

Jateng Belum Jadikan Sertifikat Vaksin sebagai Syarat Bepergian
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima hasil pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2021 Kodim 0734/Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Wawali Terima Hasil TMMD Sengkuyung Tahap III 2021 di Yogya