Home / News

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 22:52 WIB

“Huwe Foi, Onomi Rehmay, Wa wa wa, Salam Olahraga,” Presiden Jokowi Resmi Buka PON XX

Jokowi juga melakukan seremoni menendang bola, menandai dibukanya PON XX Papua.
(Foto: PB PON XX Papua)

Jokowi juga melakukan seremoni menendang bola, menandai dibukanya PON XX Papua. (Foto: PB PON XX Papua)

NYATANYA.COM, Jayapura – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Dalam sambutannya, Presiden mengajak masyarakat Indonesia merayakan PON pertama di Papua ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan acara besar ini,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaannya di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Sabtu (2/10/2021) malam.

Kepala Negara optimis penyelenggaraan PON Papua akan berdampak positif terhadap pembangunan di daerah ini, sehingga bisa berjalan lebih cepat.

Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga,” kata Presiden dalam penutupan sambutannya.

Dua ucapan tersebut berasal dari bahasa Papua yang sering diucapkan oleh masyarakat setempat dalam keseharian mereka.

Baca juga   Sowan Gubernur Ganjar, Apa yang Dibicarakan Gibran dan Bima Arya?

Huwe foi dan onomi rehmay berasal dari bahasa Sentani yang maknanya selamat malam, selamat datang dan Tuhan Memberkati.

Sedangkan kata wa wa wa berasal dari masyarakat di wilayah pegunungan Papua yang digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan.

Pembukaan ini ditandai dengan dibunyikannya sirine tanda diresmikannya PON XX Papua 2021, dan penyalaan tungku api PON secara estafet oleh atlet-atlet legendaris Indonesia asal Papua.

Acara semakin meriah dengan dimulainya pesta kembang api sebagai isyarat bahwa upacara pembukaan PON XX Papua 2021 telah dilaksanakan.

Sebelumnya Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman dan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang juga Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PON XX Papua turut menyampaikan kata sambutan.

Baca juga   Hari Ini 1.383 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 15 Orang

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para gubernur dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan tamu undangan lainnya menghadiri acara yang kemeriahannya hamper setara dengan pembukaan ASIAN Games di Jakarta pada 2018 lalu.

Para artis seperti Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku menjadi pemandu acara pembukaan PON XX Papua 2021 ini.

Acara pembukaan PON XX Papua 2021 ini juga disemarakkan dengan penampilan para artis, seperti D’Uzzy, Kaonak Group Papua, Tulus, Ruth Sahanaya, dan Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Edo Kondologit, Lea Simanjuntak, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan tak ketinggalan, Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih. (*)

Share :

Baca Juga

Penampakan visual Gunung Merapi, Senin (16/8/2021) pukul 08.45 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Bergolak, Hujan Abu di Sebagian Wilayah
Serbuan Vaksin Nasional di Salatiga yang dipantau Presiden Jokowi secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Dipantau Jokowi, Ribuan Siswa di Salatiga Ikuti Serbuan Vaksin Nasional
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menerima kunjungan Walikota Padang Hendri Septa. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota Padang Belajar Penataan Wisata Heritage di Kota Yogya
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gereja Katolik Pugeran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19
Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan ini membuat anak-anak sekolah yang ikut dalam aksi penanam pohon mangrove merasa tidak canggung atau segan maupun takut dengan orang nomor satu di negeri ini. (Foto:Mediacenter Riau)

News

Anak-anak Tak Canggung Menanam Mangrove Bersama Presiden
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

News

Denmark Dukung Pemulihan Ekonomi Semarang Usai Kasus Covid-19 Turun
Rachmawati Soekarnoputri bersama Sandiaga Uno. (Foto:nyatanya.com/@sandiuno)

News

Berita Duka! Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Pemerintah Pasang Badan, Prioritaskan Oksigen untuk Kebutuhan Medis