Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 01:18 WIB

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin

Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro, Jumat (13/8/2021). Pihak puskesmas menargetkan 70 ibu hamil tervaksinasi dosis pertama pada hari ini.

Adapun kriteria ibu hamil yang dapat menerima vaksin adalah, kehamilan dengan usia 13-33 minggu dan belum pernah terpapar Covid-19, apabila sudah pernah maka akan dilaksanakan tiga bulan setelahnya, dan dalam keadaan sehat.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr. Tarsisius Glory menyampaikan pemberian vaksinasi ibu hamil ini seperti pada umumnya, yakni berjumlah dua dosis. Dosis kedua akan disuntikkan empat minggu setelah suntikan dosis pertama. Ia menjelaskan, pemberian vaksin akan dilakukan segera dengan vaksin yang sudah direkomendasikan, yaitu Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Baca juga   Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir

“Saat ini sudah ada tiga yang boleh dipergunakan. yaitu, Moderna, Sinovac dan Pfizer. Jenis vaksin yang kami gunakan adalah Sinovac. Harapannya ibu hamil, anak yang dikandung bisa sehat, terlindungi dan tidak terpapar Covid-19, karena resiko mereka paling besar,” jelasnya.

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang berisiko terpapar Covid-19 dengan gejala berat, sehingga perlu mendapatkan vaksin. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bantul hari ini akan mulai mengejar target vaksinasi bagi ibu hamil.

Setelah melakukan vaksinasi, ibu hamil juga wajib melakukan pemantauan, termasuk perihal perkembangan bayi selama kehamilan hingga usai persalinan. Pemberian vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil juga dapat memberi perlindungan terhadap janin yang dikandung.

Baca juga   Momen Ganjar "Dikeroyok" Warga, Saat Dampingi Presiden Resmikan Pasar Johar

Dalam agenda vaksinasi ini, turut hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Ny. Hj. Emi Masruroh Halim. Dalam sambutannya, ia meyakinkan kepada para ibu hamil yang hadir bahwa vaksinasi ini adalah upaya perjuangan melawan Covid-19.

“Ketika pemerintah sudah memberikan vaksin, kita yakin dan optimis bahwa itu (vaksinasi) baik bagi kesehatan. Saya percaya bahwa ibu-ibu yang datang kesini juga sudah percaya bahwa vaksin itu aman,” terangnya. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengamati salah satu produk UMK yang dipamerkan di Mall. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Dinas Perdagangan Kota Yogya Fasilitasi UMK Pameran di Mall
Polres Blora berhasil ungkap pengoplos gas LPG ilegal. Pelaku dan ratusan tabung gas disita petugas. Sementara pemilik rumah diketahui kabur saat penggrebegan. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Polres Blora Gerebek Pengoplos LPG Ilegal, Tiga Pelaku Ditangkap Satu Buron
Sebanyak 145 mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang diwisuda Program Strata I dan Strata II Periode II Tahun Akademik 2021-2022 secara offline, di Gedung Hoerijah Adam, Senin (21/3/2022). (Foto:mcpadangpanjang)

Peristiwa

145 Mahasiswa ISI Padang Panjang Diwisuda Secara Offline
Kepala Rumah Sakit Pusat TNI AU (RSPAU) dr. S. Hardjolukito, Marsma TNI dr. Mukti Arja Berlian, SpPD, SpKp bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Hadapi Gelombang Pandemi, RSPAU Hardjolukito Siap Jadi RS Covid-19
Peringatan Hari Jadi Ke-190 Kabupaten Bantul digelar secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Peringati Hari Jadi Ke-190, Pemkab Bantul Launching Bantulpedia
Minibus bernomor AA 1549 GT yang membawa rombongan takziah dari Salam Magelang terguling di Ring Road Barat, Sleman. (Foto: Ist)

Peristiwa

Bus Rombongan Takziah dari Salam Magelang Terguling di Ring Road Barat, 1 Orang Meninggal Dunia
Kondisi tanah longsor yang terjadi di Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). Foto: BPBD Kab.Cilacap

Peristiwa

Tanah Longsor di Cilacap Telan 18 Hewan Ternak, Jalan Desa Lumpuh Total
Fenomena cuaca ekstrim melanda delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, (23/11/2021) pukul 04.00 WIB .BPBD Kabupaten Lebak melaporkan, terdapat satu unit sekolah dengan kondisi rapuh yang tengah melakukan aktivitas belajar mengajar harus mengalami rusak berat dan menyebabkan delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan. (Foto: BPBD Kabupaten Lebak)

Peristiwa

Banjir dan Longsor di Lebak, 8 Siswa Luka Tertimpa Puing Bangunan