Home / Peristiwa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 01:18 WIB

Ibu Hamil di Kapanewon Bambanglipuro Terima Vaksin

Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro. (Foto: Humas Kab.Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Puskesmas Bambanglipuro menggelar vaksinasi untuk ibu hamil di seluruh Kapanewon Bambanglipuro, Jumat (13/8/2021). Pihak puskesmas menargetkan 70 ibu hamil tervaksinasi dosis pertama pada hari ini.

Adapun kriteria ibu hamil yang dapat menerima vaksin adalah, kehamilan dengan usia 13-33 minggu dan belum pernah terpapar Covid-19, apabila sudah pernah maka akan dilaksanakan tiga bulan setelahnya, dan dalam keadaan sehat.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr. Tarsisius Glory menyampaikan pemberian vaksinasi ibu hamil ini seperti pada umumnya, yakni berjumlah dua dosis. Dosis kedua akan disuntikkan empat minggu setelah suntikan dosis pertama. Ia menjelaskan, pemberian vaksin akan dilakukan segera dengan vaksin yang sudah direkomendasikan, yaitu Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Baca juga   Hari Ini 1.383 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 15 Orang

“Saat ini sudah ada tiga yang boleh dipergunakan. yaitu, Moderna, Sinovac dan Pfizer. Jenis vaksin yang kami gunakan adalah Sinovac. Harapannya ibu hamil, anak yang dikandung bisa sehat, terlindungi dan tidak terpapar Covid-19, karena resiko mereka paling besar,” jelasnya.

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang berisiko terpapar Covid-19 dengan gejala berat, sehingga perlu mendapatkan vaksin. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bantul hari ini akan mulai mengejar target vaksinasi bagi ibu hamil.

Setelah melakukan vaksinasi, ibu hamil juga wajib melakukan pemantauan, termasuk perihal perkembangan bayi selama kehamilan hingga usai persalinan. Pemberian vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil juga dapat memberi perlindungan terhadap janin yang dikandung.

Baca juga   PMI Jateng Salurkan Bantuan 20 Ton Oksigen untuk Rumah Sakit

Dalam agenda vaksinasi ini, turut hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Ny. Hj. Emi Masruroh Halim. Dalam sambutannya, ia meyakinkan kepada para ibu hamil yang hadir bahwa vaksinasi ini adalah upaya perjuangan melawan Covid-19.

“Ketika pemerintah sudah memberikan vaksin, kita yakin dan optimis bahwa itu (vaksinasi) baik bagi kesehatan. Saya percaya bahwa ibu-ibu yang datang kesini juga sudah percaya bahwa vaksin itu aman,” terangnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkab Sukoharjo mulai menyalurkan bantuan paket sembako hasil dari Gerakan ASN Peduli Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Paket Sembako Bantuan ASN Sukoharjo Mulai Disalurkan
Walikota Yogyakarta Haryadi secara simbolis menerima bantuan 15 unit konsentrator oksigen dari Goto kepada Pemkot Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terima Donasi Konsentrator Oksigen dari Goto
Job Fair Virtual Bantul 2021 resmi digelar mulai 12 Juli – 14 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Job Fair Virtual Bantul 2021 Siap Tampung 2000 Tenaga Kerja Baru
Presidium SMA Kolese De Britto dan OSIS SMA Stella Duce 1 (Stece) Yogyakarta berkolaborasi menyelenggarakan acara bersama dengan tajuk “Tigre Arciera”. (Foto: dokumentasi panitia)

Peristiwa

‘Tigre Arciera’, Kolaborasi De Britto dan Stece Rayakan HUT ke-73
Wakil Walikota Teguh Prakosa bersama Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji meninjau tempat isolasi dan perawatan OTG. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Ini 8 Tempat Isolasi dan Perawatan OTG Terpusat di Solo
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Di Pemkot Pekalongan, 30 Formasi CASN Ini Masih Nihil Pelamar
Plh Dirjen Bina Adminitrasi Kewilayahan, Suharjo Diantoro mengatakan dengan jumlah tenaga vaksinator yang mencapai 500 orang, Kabupaten Klaten diperkirakan dapat mencapai mencapai target dalam tiga bulan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Percepatan Vaksinasi, Kemendagri Kunjungi Klaten
Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada para nakes. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ratusan Nakes Terima Penghargaan dari Kapolres Magelang