Home / Wisata

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:18 WIB

Icip-icip Tahu Gimbal Pak Yono yang Legendaris

Porsi Tahu Gimbal Pak Yono, cukup bikin kenyang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Porsi Tahu Gimbal Pak Yono, cukup bikin kenyang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kekayaan wisata yang ada di Yogyakarta tak melulu tempat tujuan wisata dengan segala kemolekan unggulannya. Wisata kuliner juga banyak dijumpai di Yogyakarta dengan bermacam pilihan. Salah satunya yang legendaris adalah Tahu Gimbal Pak Yono.

Tahu Gimbal Pak Yono yang terletak di Jalan Tentara Pelajar Bumijo, persis di sebelah utara Kantor Bank BPD DIY ini memang menjadi jujugan pecinta kuliner.

Tahu gimbal sejatinya adalah makanan khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Tahu Gimbal Pak Yono, salah satu yang laris manis ada di Yogyakarta.

Baca juga   Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas

Tahu Gimbal Pak Yono adalah rasanya memang dikenal lezat. Kombinasi gurihnya udang, tahu, segarnya sayuran, dan telor ceplok berpadu pas dengan gurih pedasnya bumbu kacang yang disiram di atasnya.

Pak Yono memang sudah merintis usaha ini sejak tahun 1980-an. Sesekali Pak Yono masih sering menunggu warungnya yang ramai. Namun kini lebih banyak dijalani oleh anaknya, Didik.

“Bapak saya yang asli Klaten dan ibu asli Semarang mulai berjualan di tahun 80-an denganresep yang diwariskan oleh simbah dari ibu,” cerita Didik.

Baca juga   PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera

Kala itu Pak Yono berjualan secara berkeliling dengan menggunakan pikulan. Merasa usaha jualan tahu gimbal di Semarang tidak berkembang seperti yang diinginkan, pada tahun 1997 Pak Yono mencoba keberuntungan berjualan di Yogyakarta dan sukses sampai sekarang.

Satu porsi tahu gimbal komplit Pak Yono cukup enteng dikantong. Cuma Rp15.000 satu porsi, atau Rp21.000 jika memesan lewat aplikasi GoFood. Yang pasti rasanya itu mak nyusss, bikin ketaginan. (N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melakukan simulasi uji coba pembukaan usaha pariwisata di Candi Borobudur. (Foto:Humas Jateng)

Wisata

Uji Coba Lancar, Candi Borobudur dan Prambanan Terima Wisatawan
Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang meninjau Vaksinasi Merdeka Candi Polres Magelang bagi pelaku pariwisata di Pendopo dr Soepardi Sawitan Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Vaksinasi Merdeka Candi’ Sasar Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif
(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik
Ilustrasi tempat wisata di DIY. (Foto:nyatanya.com/Igantius Anto)

Wisata

PPKM Level 4, Penutupan Tempat Wisata di DIY Juga Diperpanjang