Home / Panggung

Rabu, 11 Agustus 2021 - 22:34 WIB

Ikutan Lomba Vlog Yuk, Berhadiah Jutaan Rupiah

(Infografis: Humas Pemkot Yogya)

(Infografis: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka melestarikan sejarah terutama pada generasi muda Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kota Yogyakarta mengadakan Lomba Vlog bagi para pelajar dengan tingkat pendidikan SMA sederajat di Kota Yogyakarta.

Lomba Vlog sejarah adalah lomba membuat dan mengunggah video vlog tentang Rangkaian Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dengan menggambarkan tentang tokoh, peristiwa, monumen/penanda, heritage, rute dan lainnya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti pada Selasa (10/8/2021).

Untuk target peserta lomba ini adalah siswa SMA/sederajat yang bersekolah dan bertempat tinggal di Kota Yogyakarta. Nantinya syarat sendiri dengen memberikan bukti KTP/KIA/KK/Kartu Pelajar Kota Yogyakarta.

“Saat ini, media sosial dan generasi muda merupakaan hal yang tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Selain sebagai media informasi digital, media sosial juga merupakan tempat bagi generasi muda untuk menuangkan bakat dan kreatifitasnya masing-masing,” jelasnya.

Baca juga   Pemda DIY Minta Kabupaten/Kota Susun Strategi Percepat Vaksinasi

Vlog ini bukan berisi review tempat tapi lebih kepada makna dan refleksi sejarah. Diharapkan para siswa SMA membuat vlog dengan semenarik mungkin baik dari sisi penyampaian pesan, komposisi, dan artistik video.

“Vlog harus original, tidak melanggar hak cipta orang lain dan belum pernah dipublikasikan. Selain itu, vlog juga harus memuat narasi yang utuh dengan bahasa yang baik agar pesan dapat menjangkau audiens. Harapannya peserta mampu menghasilkan vlog yang maksimal baik secara estetika maupun pesan didalamnya,” ujarnya.

Lomba Vlog yang mengusung tema Rangkaian Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Peserta dapat mendpendaftarkan dirinya pada sampai tanggal 20 Agustus 2021.

Ketentuan durasi vlog sendiri adalah 3-5 menit saja, nantinya peserta dapat mengupload di akun instagram masing-masing peserta. Vlog yang diunggah diberi dan di mention ke akun instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Baca juga   Diskominfo Jateng Gelar Lomba Film Pendek 'Kebijakan Protokol Kesehatan'

Selanjutnya untuk link pendaftaran akan diinformasikan melalui website dan akun instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Total Hadiah yang disediakan senilai Rp9,5 Juta yang akan diberikan kepada juara 1,2 dan 3.

Tak hanya itu, nantinya juga ada pemberian penghargaan bagi Nominator yang diberikan kepada 2 orang dengan masing-masing akan mendapatkan uang senilai Rp1.000.000. Selain itu setiap pemenang dan nominator akan mendapatkan tropi dan sertifikat.

“Di masa pandemi ini Dinas Kebudayaan berupaya untuk mendorong masyarakat terus mempelajari sejarah peristiwa perjuangan bangsa agar dapat mengambil hikmah dan pesan moral yang tersirat di dalamnya,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Happy Asmara di lagu Cidro 2. (Foto: YouTube Fortuna Enterprise)

Panggung

‘Cidro 2’ Happy Asmara Melejit Tinggalkan Lagunya Sendiri ‘Satru’
Kartun Faisal UA berjudul "Operasi 17-an" menjadi Juara 1 pilihan Juri. (Foto: Dok Pakarti)

Panggung

Ini Dia Pemenang Lomba Kartun Pakarti “Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka”
Enzy Storia. (Foto:nyatanya.com/Instagram @enzystoria)

Panggung

Enzy Storia Rilis Single Setengah Hati
Wakil Walikota Heroe Poerwadi usai membuka silaturahmi nasional budayawan dan seniman Muhammadiyah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Saatnya Budayawan dan Seniman Manfaatkan Medsos untuk Berekspresi
Via Vallen. Foto: nyatanya.com/Instagram viavallen

Panggung

Via Vallen Curi Perhatian dengan Baju NKRI Harga Mati
Ifan Seventeen. (Foto:nyatanya.com/YouTube Dory Harsa Music)

Panggung

Ifan Seventeen dan Dory Harsa Garap ‘Kemarin’ Versi Jawa
Gendhis Geona Madaharsa. (Foto: Instagram @nellakharisma)

Panggung

Anak Pertama Nella Kharisma Diberi Nama “Gendhis Geona Madaharsa”
Topik Sudirman dan Dory Harsa berkolaborasi lewat lagu Piyambakan. (Foto:nyatanya.com/YouTube Dory Harsa Music)

Panggung

Berdua, Dory Harsa dan Topik Sudirman Rilis ‘Piyambakan’