Home / News

Sabtu, 12 November 2022 - 17:15 WIB

Indonesia Ajak Dunia Pulih Bersama dan Bangkit Lebih Kuat Lewat KTT G20 Bali

Menko Marves, Luhut B Pandjaitan. Foto: Istimewa

Menko Marves, Luhut B Pandjaitan. Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Nusa Dua – Dari puncak gelaran Presidensi G20 Indonesia yakni Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali, diyakini akan menjadi ajang mengajak seluruh dunia untuk pulih bersama.

Sehingga, mampu bangkit lebih kuat melalui semangat gotong royong yang ditularkan pada setiap rangkaian pertemuan G20 selama satu tahun ini.

“Kita ingin mengajak dunia untuk pulih bersama, bangkit lebih kuat dengan bergotong-royong,” kata Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi (Marves), Luhut B Pandjaitan, melalui keterangan persnya di Media Center KTT G20, Nusa Dua, Bali pada Sabtu (12/11/2022).

Menurut Menko Marves Luhut, semangat gotong royong yang dibawa Indonesia mampu ditularkan ke setiap negara anggota G20 dan negara undangan yang berpartisipasi.

Karena, dalam penyelenggaraan pertemuan G20 di 2022 diatur dengan sangat baik, sehingga menimbulkan kesan aura persahabatan dan perdamaian terjalin baik.

Setelah itu, hubungan negara-negara G20 serta delegasi negara undangan yang berpartisipasi selama Presidensi G20 Indonesia makin memperkuat kerja sama bilateral maupun multilateral hingga ke puncak acara yakni KTT G20 15-16 November 2022 mendatang.

Baca juga   Per Jumat 17 Desember 2021, Sebanyak 205 Orang Sembuh dari Covid-19

“Saya percaya itu akan menusuk hati dari semua pemimpin-pemimpin yang datang, sehingga tema G20 Presidensi Indonesia bisa terwujud,” jelas Luhut.

Karena itulah, pada KTT G20 banyak negara yang hadir sudah mengajukan jadwal pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo.

Secara khusus, menurut Menko Marves, hampir seluruh pemimpin atau perwakilan negara yang hadir meminta diaturkan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada sesi puncak KTT G20.

Sebaliknya, permintaan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara maupun pimpinan negara G20 yang hadir pun mendapatkan sambutan yang baik.

“Banyaknya permintaan untuk bilateral dengan Presiden Joko Widodo. Dan permintaan Presiden untuk mengatur pertemuan-pertemuan bilateral,” imbuh Luhut.

Hal tersebut menandakan bahwa Indonesia secara perlahan-lahan mulai diperhitungkan oleh negara lain di dunia, sebagai wilayah yang strategis dalam melakukan investasi dalam berbagai bidang yang dimiliki oleh tanah air.

Baca juga   Sembilan Bandara AP I Jadi Lokasi Penempatan Pesawat Delegasi KTT G20, Mana Aja?

“Indonesia memiliki peran strategis dalam percaturan global dan merupakan tempat investasi yang sangat-sangat strategis,” tutur Luhut.

Di masa depan, diyakini Indonesia mampu menjelma sebagai bangsa besar yang mampu mengedepankan perdamaian bangsa. Sehingga, mampu lebih mandiri dalam menyikapi setiap tantangan yang datang menghadang di berbagai lini.

“Bangsa ini adalah bangsa besar. Bangsa yang mampu mengedepankan perdamaian bangsa yang mampu juga mengatur dirinya,” ucap Luhut.

Dalam puncak KTT G20 di Bali terdapat 17 kepala negara yang terkonfirmasi hadir. Sedangkan sisanya, yakni tiga negara berhalangan hadir dalam puncak Presidensi G20 Indonesia.

Tiga negara yang dimaksud antara lain Meksiko, Brazil, dan Rusia. Ketiga memiliki sejumlah isu yang membuat kepala negara tidak bisa hadir mengikuti puncak G20.

Negara yang dipastikan hadir adalah Afrika Selatan (Afsel), Amerika Serikat (AS), Arab Saudi, Argentina, Australia, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan (Korsel), Prancis, China, Turki, dan UE.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima bantuan berupa 500 ton Liquid Oxygen dari Tanoto Foundation.(Foto:nyatanya.com/BNPB)

News

Pemerintah Terima Bantuan 500 Ton Oksigen Cair dari Tanoto Foundation
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kedua kanan) didampingi anggota KPU Betty Epsilon Idroos (kanan) serta anggota lainnya meluncurkan maskot dan jingle Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

News

KPU Rumuskan Aturan Kampanye Pemilu 2024

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 1.508 Orang
Sejumlah barang bukti rokok ilegal disita petugas. (Foto: Diskominfo Demak)

News

Tim Yustisi Demak Sita 48.180 Batang Rokok Ilegal
Foto: Ist/InfoPublik

News

JAS Airport Services Tangani Keberangkatan Pesawat Haji 2022 dari Jakarta dan Surabaya
Penyerahan hasil pekerjaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun Anggaran 2021 Kabupaten Wonogiri. (Foto:Kominfo Wng)

News

38 Proyek Irigasi Selesai, Wonogiri Siap Sambut Swasembada Pangan
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Corona Terus Melonjak di Yogya, Jumlah Terpapar Tambah 859, Meninggal 32 Kasus
Hingga saat ini Satuan Polisi Pamong Praja dibantu sejumlah relawan terus menghimpun bantuan yang terus berdatangan. Bantuan logistik dari masyarakat mulai didistribusikan dengan truk milik Pemkab Lumajang. (Foto: MC Kab. Lumajang)

News

Bantuan bagi Warga Terdampak APG Gunung Semeru Dikirim Malam ini