Home / News

Kamis, 30 September 2021 - 13:10 WIB

Indonesia-Australia Sinergi Percepat Pemulihan Ekomoni Pasca Pandemi Covid-19

Mendag Muhammad Lutfi mengatakan pertemuannya dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19. (Foto: Biro Humas Kemendag)

Mendag Muhammad Lutfi mengatakan pertemuannya dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19. (Foto: Biro Humas Kemendag)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Pemerintah Australia, melalui Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia, sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan sinergi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai perdagangan dan investasi kedua negara dan memberikan kontribusi positif, baik regional maupun multilateral.

“Kunjungan ini mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi selepas implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah berlaku pada 5 Juli 2020. Pertemuan ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19,” jelas Mendag dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga   Meski Turun Level, Klaten Tetap Serukan "Wiwit Jam Songo Ora Lungo"

Menurut Mendag, kunjungan tersebut sekaligus sebagai upaya mempererat hubungan kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia.

Dalam pertemuan bilateral ini kedua Negara membahas implementasi IA-CEPA dan berbagai isu perdagangan dan investasi dalam beberapa fora, yaitu proses ratifikasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan peningkatan ASEAN Australia New Zealand Free Trade Area (AANZFTA).

Selain itu juga dibahas persiapan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting serta isu-isu yang berkembang di G20, Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), serta World Trade Organization (WTO).

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 109 Orang

“Secara umum, Indonesia dan Australia sepakat mempererat kerja sama kedua negara untuk saling melengkapi. Indonesia dan Australia harus lebih berani dan kreatif dalam mengupayakan pendekatan baru untuk meningkatkan pemulihan kedua ekonomi pascapandemi,” jelas Mendag

Mendag menambahkan, kedua Menteri Perdagangan juga membahas investasi penting di sektor pertambangan, kesehatan, dan pendidikan tinggi.

“Selain itu, IA-CEPA telah berjalan. Kami sampaikan juga bahwa pertemuan pertama Joint Committee IA-CEPA yang merupakan forum untuk memonitor implementasi IA CEPA, telah dilaksanakan pada 25 Agustus 2021 lalu,” imbuh Mendag. (*)

Share :

Baca Juga

Warga Desa Wadas, Bener, Purworejo menyerahkan surat kuasa kepada tim Kuasa Hukum Nyi Ageng Serang. FOTO : nyatanya.com/ahmad zain

News

Kerap Dapat Ancaman dan Intimidasi, Warga Wadas Datangi LBH Minta Pendampingan Hukum
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini Dilaporkan 365 Orang Sembuh di DIY, Positif Covid-19 Tambah 895 Kasus
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Percepat Testing dan Tracing Covid-19, DIY Tambah Alat PCR Robotik
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, bersama Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar BPJamsostek dan Grab di Terminal Tirtonadi. (Foto: Humas Surakarta)

News

Vaksinasi BPJamsostek di Solo Sasar 1.500 Peserta
Info Grafis: nyatanya.com/Twitter @kominfodiy

News

Diskominfo Keluarkan Jadwal Migrasi TV Biasa ke Digital
Heroe Poerwadi saat meninjau kegiatan vaksinasi massal Kelurahan Kricak Sabtu (25/9/2021) di SDN Tegalrejo III, Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Berbasis Wilayah
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Pemda DIY Salurkan Dana Hibah Rp16,45 M untuk Koperasi
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Minggu (17/10/2021) secara virtual. (Foto: BPMI SekPres)

News

Buka UDG XIV, Presiden Jokowi Apresiasi Peserta yang Tampilkan Keberagaman Budaya Nusantara