Home / News

Kamis, 30 September 2021 - 13:10 WIB

Indonesia-Australia Sinergi Percepat Pemulihan Ekomoni Pasca Pandemi Covid-19

Mendag Muhammad Lutfi mengatakan pertemuannya dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19. (Foto: Biro Humas Kemendag)

Mendag Muhammad Lutfi mengatakan pertemuannya dengan Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19. (Foto: Biro Humas Kemendag)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Pemerintah Australia, melalui Kementerian Perdagangan dan Investasi Australia, sepakat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan sinergi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai perdagangan dan investasi kedua negara dan memberikan kontribusi positif, baik regional maupun multilateral.

“Kunjungan ini mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi selepas implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah berlaku pada 5 Juli 2020. Pertemuan ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19,” jelas Mendag dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga   Presiden Instruksikan Mendag Jaga Stabilitas Harga Minyak Goreng

Menurut Mendag, kunjungan tersebut sekaligus sebagai upaya mempererat hubungan kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia.

Dalam pertemuan bilateral ini kedua Negara membahas implementasi IA-CEPA dan berbagai isu perdagangan dan investasi dalam beberapa fora, yaitu proses ratifikasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan peningkatan ASEAN Australia New Zealand Free Trade Area (AANZFTA).

Selain itu juga dibahas persiapan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting serta isu-isu yang berkembang di G20, Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), serta World Trade Organization (WTO).

Baca juga   Vaksinasi Booster Dimulai, Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Cukup

“Secara umum, Indonesia dan Australia sepakat mempererat kerja sama kedua negara untuk saling melengkapi. Indonesia dan Australia harus lebih berani dan kreatif dalam mengupayakan pendekatan baru untuk meningkatkan pemulihan kedua ekonomi pascapandemi,” jelas Mendag

Mendag menambahkan, kedua Menteri Perdagangan juga membahas investasi penting di sektor pertambangan, kesehatan, dan pendidikan tinggi.

“Selain itu, IA-CEPA telah berjalan. Kami sampaikan juga bahwa pertemuan pertama Joint Committee IA-CEPA yang merupakan forum untuk memonitor implementasi IA CEPA, telah dilaksanakan pada 25 Agustus 2021 lalu,” imbuh Mendag. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Cegah dan Tangani Kebakaran, Kota Yogya Miliki Redkar Hingga di Tingkat RW
Dalam kurun waktu dua pekan atau 14 hari, Indonesia telah menerima sebanyak 40.528.780 dosis vaksin dari berbagai merek. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Dalam Dua Pekan Sudah 40.528.780 Dosis Vaksin Covid-19 Diterima Indonesia
Selain akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Pemkot juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Bentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 Kelurahan
Stafsus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti. Foto: Amiri Yandi/InfoPublik

News

Paling Lambat 2 November 2022, Siaran TV Analog Dihentikan Secara Nasional
Foto tangkapan layar percakapan WA yang mengatasnamakan Wakil Bupati Purworejo. (Foto:nyatanya.com/Humas Purworejo)

News

Awas Aksi Tipu-tipu! Nama Wakil Bupati Purworejo Dicatut
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Minggu (17/10/2021) secara virtual. (Foto: BPMI SekPres)

News

Buka UDG XIV, Presiden Jokowi Apresiasi Peserta yang Tampilkan Keberagaman Budaya Nusantara
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk Brajamusti suporter PSIM di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Oktober 2021, Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Covid-19
Menpora Zainudin Amali usai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, pada Selasa (1/11/2022) pagi. Foto: Muchlis Jr/BPMI Setpres Foto: BPMI Setpres

News

KLB PSSI Siap Digelar, Menpora: Pemerintah Tak Akan Ikut Campur, Apalagi Intervensi