Home / News

Rabu, 19 Oktober 2022 - 23:20 WIB

Indonesia Jadi Titik Terang di Tengah Kesuraman Ekonomi Dunia

Presiden Joko Widodo. Foto: Tangkapan Layar BPMI SETPRES

Presiden Joko Widodo. Foto: Tangkapan Layar BPMI SETPRES

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia menjadi titik terang di tengah-tengah kesuraman ekonomi dunia yang sedang dialami oleh banyak negara di berbagai belahan benua dalam beberapa waktu belakangan.

Indikasinya, pertumbuhan perekonomian Indonesia sanggup tumbuh positif di kuartal kedua 2022 yang mencapai 5,44 persen. Dan diprediksi pada kuartal ketiga 2022 pertumbuhan perekonomian Indonesia bisa mencapai di atas kuartal kedua.

“IMF mengatakan bahwa Indonesia adalah titik terang di tengah-tengah kesuraman ekonomi dunia,” kata Presiden Joko Widodo melalui keterangan pers pada Rabu (19/10/2022).

Kemudian, inflasi Indonesia dalam beberapa waktu ke belakang masih bisa dikendalikan oleh pemerintah. Pada kuartal kedua sempat mencapai 4,9 persen, lalu terimbas penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi 5,9 persen.

Baca juga   Ganjar Pranowo Siapkan Mudik Gratis Lebaran 2022 bagi Warga Perantauan di Jakarta

“Artinya Inflasi di Indonesia masih bisa kita kendalikan,” kata Presiden.

Terakhir, berkat kerja keras yang dilakukan oleh pemerintah, membuat surplus neraca perdagangan dari mulai Januari sampai September 2022. Selama beberapa bulan berturut-turut yang nilainya mencapai USD39,8 miliar.

“Itu jumlah yang tidak sedikit. Ini juga berkat kerja keras Bapak, Ibu sekalian. kita bulan yang lalu masih surplus 5,7 persen, kredit tumbuh 10,7 persen, Indeks Kepercayaan Konsumen masih di angka 124,7 persen,” kata Presiden.

Sejumlah pencapaian dalam bidang perekonomian itu, lanjut Presiden, bisa membuat semakin optimis dalam menghadapi berbagai tantangan ketidakpastian global yang rawan terjadi pada tahun depan.

Asalkan, sikap optimis tersebut dibarengi dengan kewaspadaan yang tinggi dari masing-masing penyelenggara negara baik di pusat maupun daerah.

Baca juga   Tiket Kereta Api Libur Nataru 2023 Sudah Terjual 22 Ribu, Sembilan Kota Ini Jadi Tujuan Favorit

Dengan melakukan hal itu tentunya setiap kebijakan yang diterbitkan ke depan dapat mempertimbangkan berbagai faktor.

“Negara kita harus tetap optimis, tapi memang harus tetap waspada, harus hati-hati karena badainya itu sulit dihitung, sulit diprediksi, sulit dikalkulasi. Akan menyebar sampai ke mana, imbasnya ke kita seperti apa,” kata Presiden.

Presiden mengajak, seluruh pemangku kepentingan yang terkait bersama bekerja keras dalam menghadapi ketidakpastian global.

Yang menyebabkan dampak negatif pada perekonomian global. Kolaborasi itu, efektif dalam mengatasi dampak dari ketidakpastian global.

“Bergerak bersama-sama, otoritas moneter bergerak, otoritas fiskal bergerak, kemudian daerah juga bergerak,” kata Presiden.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo bertemu muda-mudi Buddhis di rumah dinasnya. Foto: Humas Jateng

News

Muda-mudi Buddhis se-Indonesia Undang Ganjar Bicara Kebangsaan di Mojokerto
Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro. Foto: Puspen Kemendagri

News

Boleh Tidak ASN Jadi Personel Badan Adhoc Pemilu? Begini Tanggapan KPU
Sejumlah kendaraan memadati jalan Otto Iskandardinata, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/11/2021). Pemerintah akan menerapkan PPKM Level 3 selama periode 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 untuk membatasi mobilitas dan kerumunan masyarakat di libur Natal dan Tahun Baru guna mencegah penyebaran Covid-19. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU)

News

Rem Jelang Libur Nataru, Ini Ketentuan Lengkap PPKM Level 3 yang Diterapkan
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan laporan terkait perkembangan terkini kasus Omicron di DIY saat melakukan video conference terkait evaluasi PPKM Jawa dan Bali, Kamis (17/2/2022) malam di Gedhong Pracimosono, kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Tekan Kenaikan Omicron, Pemda DIY Aktifkan Kembali Semua Shelter
Foto: Ist

News

Sejak Berdiri, KPK Tangkap Lebih dari 300 Anggota Parlemen Terlibat Korupsi
Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: AYH/Humas Kominfo)

News

Covid-19 Merangkak Naik, Menkominfo Minta Vaksinasi Lansia Dikebut
Foto: Kanal Youtube Kemenko Polhukam

News

Heboh Masuk di Situs Lelang New York, Pemerintah Batalkan MoU Pemanfaatan Pulau Widi
Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK) Jawa Tengah tahun 2023, di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022). Foto: Humas Jateng

News

Ini Daftar Lengkap UMK Jateng 2023, Kota Semarang Tertinggi Sebesar Rp3.060.348,78