Home / Olga

Sabtu, 6 Agustus 2022 - 12:22 WIB

Indonesia Juara Umum, Malam Ini Presiden Jokowi Akan Menutup Perhelatan ASEAN Paragames 2022

Foto: Amiriyandi/ InfoPublik

Foto: Amiriyandi/ InfoPublik

NYATANYA.COM, Surakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menutup perhelatan ASEAN Paragames 2022 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Dikutip dari laman setkab.go.id menyebutkan, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo berangkat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.50 WIB menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Solo.

Kepala Negara dijadwalkan untuk menutup ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta.

Pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara tersebut dihelat selama sepekan sejak dibuka pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022.

Selesai acara tersebut, Presiden Jokowi akan bermalam di Kota Surakarta dan akan kembali ke Jakarta esok hari.

Diketahui, kontingen atlet penyandang disabilitas Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang bergengsi ASEAN Paragames 2020 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jateng.

Baca juga   Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia City Tour di De Tjolomadoe

Data website resmi ASEAN Paragames 2022 mencatat, Indonesia berhasil sudah merebut 151 emas.

Sedangkan data riil yang didapat dari perhitungan di lapangan adalah 171 emas, 138 perak, 110 perunggu atau totalnya adalah 419 keping medali.

Berpatokan pada hasil website, hingga pukul 21.30 WIB, Jumat (5/8/2022), Thailand menutup klasemen akhir perolehan medali di urutan kedua dengan hasil 113 emas, 113 perak, dan 86 perunggu.

Mereka dibuntuti Vietnam yang mengemas 64 emas, 58 perak, dan 54 perunggu. Di belakangnya mengekor Malaysia dan Filipina, masing-masing lewat prestasi 34 emas, 19 perak, 14 perunggu serta 28 emas, 31 perak, 43 perunggu.

Hingga berakhirnya perhelatan olahraga multicabang atlet-atlet disabilitas Asia Tenggara, hanya Laos dan Brunei Darussalam yang belum berhasil mencicipi gurihnya medali emas.

Baca juga   Gayeng! Presiden Tanding Badminton Lawan Juara Thomas Cup

Indonesia sendiri mengutus 324 atlet, dan satu atlet gagal bertarung karena mengalami sakit. Jika disandingkan dengan total medali yang diperoleh Indonesia, maka sebanyak satu setengah atlet membawa pulang medali.

Cabang yang tidak ditargetkan medali adalah goalball, basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Namun, dalam kenyataannya, basket kursi roda sanggup membawa pulang perunggu dan ini adalah medali perdana dari cabang tersebut.

Hal ini dikatakan Chief de Mission kontingen Indonesia, Andi Rahman dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Paragames 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Solo, Jumat (5/8/2022) malam.

Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) bersama petenis Papua peraih medali emas tenis kursi roda tunggal putra elite Peparnas XVI Agus Fitriadi (kanan) saat penyerahan medali di Sian Soor, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Medali emas tenis kursi roda tunggal putra elite Peparnas diraih Agus Fitriadi, medali perak diraih petenis Jabar Puji Sumartono dan medali perunggu diraih petenis DIY Suwardi dan petenis Jabar Agus Sugiharto. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/rwa)

Olga

Mensos Siapkan Apresiasi bagi Atlet Peparnas Berprestasi
Pasangan ganda putri Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Indonesia Loloskan 6 Pemain di 4 Nomor Semifinal Para Bulutangkis Paralimpiade Tokyo 2020
Para juara bola voli antar kemantren memperebutkan trophi bergilir Komandan Kodim 0734 Yogyakarta berfoto bersama usai penyerahan tropi dan hadiah pada Minggu (21/11/2021) di GOR Kridosono, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Kemantren Gedongtengen dan Umbulharjo Juara 1 Voli Piala Dandim 0734
Boyolali Berlari 7K. Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali

Olga

Ribuan Peserta Meriahkan Boyolali Berlari 7K
Suasana pertandingan cabor atletik Peparnas XVI Papua yang dipertandingkan pada Senin (8/11/2021) di Lukas Enembe Stadium. (Foto: InfoPublik)

Olga

Raih Emas, Maria Goreti Samiyati Pecahkan Rekor Peparnas 2012
Komandan Lapangan MotoGP Sirkuit Mandalika, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (Foto: InfoPublik)

Olga

Travel Bubble Dipatuhi, Tes Pramusim MotoGP 2022 Lancar
Warga hingga pendatang menyaksikan aksi dari pada pebalap dari luar Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, NTB, Jumat (11/2/2022). (Foto: InfoPublik/Ryiadhy BN)

Olga

Penonton MotoGP Akhirnya Dibatasi, Dari yang Semula 100 Ribu Orang Menjadi Segini
Borobudur Marathon 2022 powered by Bank Jateng resmi diluncurkan, Minggu (22/5/2022). Foto: Humas Jateng

Olga

Borobudur Marathon 2022 Diluncurkan, Ganjar: Ini Moment Picu Kebangkitan Ekonomi