Home / News

Sabtu, 19 November 2022 - 21:39 WIB

Indonesia – Kanada Kolaborasi Tanggulangi Terorisme, MoU Ditandatangani di Sela KTT G20

Foto: Humas BNPT

Foto: Humas BNPT

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) dan pemerintah Kanada, yang diwakili Department of Foreign Affairs, Trade and Development (DFATD) berkolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan terorisme.

Penandatangana nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di sela-sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali lalu.

“Kanada merupakan negara mitra yang penting bagi Indonesia dan penandatanganan MoU terkait penanggulangan terorisme ini menjadi tonggak yang semakin meningkatkan dan mempererat jalinan kerjasama yang sudah terbina baik selama ini,” ujar Kepala BNPT Boy Rafli Amar, dalam keterangannya terkait penandatanganan MoU antara BNPT dan DFATD di Nusa Dua Bali, Jumat (18/11/2022). 

Dalam penandatanganan MoU itu, pihak Indonesia diwakili oleh Kepala BNPT Boy Rafli Amar dan dari pihak Kanada diwakili Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste Nadia Burger, didampingi First Secretary Kedubes Kanada Antoinne Nouvet.

Baca juga   Kapolri Ingatkan Jajarannya Waspada Ancaman Terorisme Selama Tahapan Pemilu 2024

Turut hadir mendampingi Kepala BNPT, Sestama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, Deputi bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, Deputi bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhaendra, Deputi bidang Kerjasama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto, Direktur Kerjasama Bilateral Brigjen Pol Kris Erlangga dan beberapa staf. 

Kepala BNPT mengatakan, kerja sama yang dibangun kedua negara merupakan upaya untuk memperkuat penanggulangan terorisme melalui tukar menukar informasi, peningkatan kapasitas dan juga praktik-praktik baik yang telah dilakukan kedua negara, serta pertemuan di tingkat pakar.
  
Kerja sama itu dinilai penting karena potensi ancaman terorisme masih ada dan nyata, yang dibuktikan dari terjadinya aksi terorisme di Istanbul, Turki baru-baru ini.

Baca juga   Densus 88 Antiteror Amankan Tiga Tersangka Teroris Jamaah Islamiyah Lampung

Pemerintah Kanada menyambut baik dan mendukung pendalaman serta implementasi kerja sama dalam memerangi terorisme itu.

“Terwujudnya penandatanganan MoU antara BNPT dan DFATD dalam Kerja Sama Penanggulangan Terorisme didasari oleh kerangka kerja Indonesia – Canada Plan of Action 2022-2025,” jelas Boy Rafli.

Menurut Kepala BNPT, melalui kerangka kerja tersebut, Indonesia dan Kanada berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam penanggulangan terorisme, pencegahan dan pemberantasan kejahatan lintas negara, pemberantasan penyelundupan manusia dan perdagangan orang melalui peningkatan kapasitas.

“Kerja sama bilateral dalam pencegahan dan penanggulangan terorisme tersebut memperhatikan pendekatan berbasis hak asasi manusia dan gender,” pungkas Boy Rafli.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Plt Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Nyoman Suryadharma, di Puri Gedeh, Jumat (10/6/2022). Foto: Humas Jateng

News

Kawal Aturan Ibadah dan Ritual, Ganjar: Tak Pasang Tarif bagi Umat Budhha di Candi Borobudur
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan, pandemi di Jateng memang membaik. Namun, dia meminta semua tidak euforia dan merasa bahwa mereka sudah bebas dari penyakit. (Foto: Humas Jateng)

News

19 Daerah Jateng Nol Kasus, Wonogiri Tolak Vaksin Jhonson n Jhonson
Puan Maharani. (Foto Humas DPR RI)

News

Ketua DPR RI: Perusahaan Harus Penuhi Hak THR Pekerja
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspada! Varian Delta Mulai Ditemukan di Beberapa Wilayah Jateng
Tim pencarian dan pertolongan gabungan kembali menemukan dua orang yang menjadi korban awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, dalam kondisi meninggal. Dengan penemuan itu, maka korban jiwa yang tercatat per Senin (13/12/2021), menjadi 48 orang. (Foto: InfoPublik)

News

Update, Total Korban Meninggal Akibat Erupsi Gunung Semeru Capai 48 Jiwa
BPBD Kabupaten Kudus bersama pihak terkait bergotong royong membenahi atap rumah warga di Kecaatan Undaan yang terdampak angin kencang, Jumat (22/10). (Foto:BPBD Kabupaten Kudus)

News

180 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Kabupaten Kudus
Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

News

Presiden Minta TNI-Polri Waspada Ketidakpastian Global

News

Sistem Satu Arah Selesai, Lalin Tol Jakarta – Cikampek Kembali Beroperasi Normal