Home / News

Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:38 WIB

Indonesia Kembali Terima Pasokan 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca

(Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

(Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Indonesia kembali menerima pasokan vaksin merek AstraZeneca sebanyak 688.800 dosis yang merupakan donasi dari negara Perancis melalui program bersama Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX).

Pada kedatangan AstraZeneca yang masuk dalam kedatangan tahap ke-88 ini, tiba di tanah air Rabu (13/10/2021), sekitar pukul 21.00 WIB menggunakan maskapai Turkish Airline yang memiliki nomor penerbangan TK0056.

Vaksin kali ini, didapatkan melalui skema kerja sama bilateral yang melibatkan antara pemerintah Indonesia, pemerintah Prancis, dan organisasi internasional dunia yang menaungi program bersama COVAX. Beberapa unsur tersebut, melakukan kerja sama untuk berupaya mengendalikan wabah global Covid-19 di tanah air.

Baca juga   Ciptakan Tata Kelola Jasa Keuangan Digital Berkualitas, Ini Langkah Kominfo

Adanya kerja sama yang terjalin tersebut, maka pada saat ini Indonesia dapat menambah stok vaksin Covid-19.

Vaksin yang datang kali ini merupakan vaksin jadi atau siap pakai. Nantinya, vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat luas yang mengikuti program vaksinasi massal yang selenggarakan oleh pemerintah pada beberapa waktu ke depan.

Terkait dengan vaksin di atas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 22 Februari 2021, telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA untuk Vaksin AstraZeneca. Sehingga penggunaan vaksin ini dapat dipastikan aman dalam berkontribusi pada vaksinasi massal yang sedang digencarkan pemerintah.

Baca juga   Indonesia Kembali Terima Tambahan Stok Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Berdasarkan data kedatangan yang dihimpun oleh InfoPublik.id, dengan tibanya vaksin ke 87 pada hari ini, membuat stok vaksin Indonesia semakin bertambah melimpah. Dengan total vaksin yang dimiliki oleh Indonesia mencapai sebanyak 281.140.540 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi maupun bentuk mentah (bulk).

Rincian vaksin Covid-19 yang akan dimiliki Indonesia yaitu sebanyak 219.476.280 dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi maupun bulk, sebanyak 28.765.100 dosis vaksin AstraZeneca, sebanyak 8.200.000 dosis vaksin Sinopharm, 8.000.160 dosis vaksin Moderna, 15.756.800 dosis vaksin Pfizer, dan 500.000 dosis vaksin Janssen (Johnson & Johnson). (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Temui Ganjar, Dubes Denmark Siap Tingkatkan Investasi ke Jateng
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Siapkan Skema Intervensi Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19
Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Bandara DIY Bukan Pintu Masuk Utama Pelaku Perjalanan Luar Negeri
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Keraton Kasunanan Surakarta didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Sudah Lebihi Target, Kuota Vaksin di Surakarta akan Dialihkan ke Soloraya
Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

News

Cegah Penularan Covid-19, Sri Sultan Tegaskan Masyarakat Ketatkan Protokol Kesehatan
Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di halaman Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo Serius Berantas Mafia Tanah
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta yang lengang selama selama PPKM Darurat diterapkan. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Tiga Hari PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun 13-15%
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 109 Orang