Home / News

Sabtu, 8 Oktober 2022 - 10:49 WIB

Indonesia Miliki Pabrik Vaksin mRNA Pertama di Asia Tenggara

Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang memproduksi vaksin dengan dengan platform messenger RNA (mRNA) pertama di Asia Tenggara. Foto: BPMI SETPRES

Presiden Jokowi meresmikan Pabrik Biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang memproduksi vaksin dengan dengan platform messenger RNA (mRNA) pertama di Asia Tenggara. Foto: BPMI SETPRES

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia yang memproduksi vaksin dengan platform messenger RNA (mRNA) pertama di Asia Tenggara.

“Saya sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia dalam memproduksi vaksin dengan platform mRNA, dan ini adalah yang pertama di Asia Tenggara,” ujar Presiden yang dikutip dari keterangan pers pada Jumat (7/10/2022).

Presiden menegaskan, kehadiran produsen vaksin di dalam negeri itu sangat diperlukan untuk menghadapi kemungkinan datangnya pandemi di masa yang akan datang.

“Kita enggak mau lagi ada pandemi, tetapi kalau di dalam negeri siap industrinya, paling tidak kita menjadi lebih tenang,” ujar Presiden lagi.

Baca juga   Mantap, Bandara Soetta Masuk Jajaran World's Best Airport Staff 2022

Presiden pun mengapresiasi gerak cepat PT Etana Biotechnologies Indonesia untuk menghasilkan vaksin Covid-19.

“Dan yang saya senang, kerjanya diam-diam. Saya sendiri enggak tahu, tahu-tahu jadi. Itu yang saya senang kayak gini. Bukan yang ngomong terus, tapi saya tunggu-tunggu enggak jadi-jadi. Ini diam-diam langsung jadi. Itu yang saya senang,” imbuh Presiden.

Lebih lanjut, Kepala Negara memerintahkan kepada jajaran terkait, Terutama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, untuk mendukung pengembangan industri biofarmasi guna mendukung terwujudnya kemandirian Indonesia di sektor farmasi.

“Saya minta Pak Menko, Pak Menteri Kesehatan agar industri PT seperti Etana itu betul-betul didukung, di Kementerian Kesehatan juga mendukung, sehingga itu bisa berkembang tidak hanya di biofarmasi, bioteknologi, tetapi juga nantinya bisa masuk ke hewan, bisa masuk ke tanaman, sehingga semuanya kita memiliki kemandirian dan kita bisa berdikari, betul-betul berdikari,” pungkasnya.

Baca juga   Girangnya Warga Sentolokawat Sambut Jokowi dan Ganjar

Sebelumnya pada bulan September lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk Vaksin AWcorna.

Vaksin Covid-19 ini didaftarkan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia (PT Etana) dan dikembangkan melalui transfer teknologi serta penelitian bersama Abogen-Yuxi Walvax, Cina.

Vaksin ini juga telah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia dan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres)

News

PPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Sampai 31 Januari 2022
Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq. (Foto: MC.TMG)

News

Omicron Meningkat, Pemkab Temanggung Siapkan Sejumlah Langkah Penanganan
Tersangka MO, pelaku jual beli senjata api ditangkap Satgas Ops Damai Cartenz-2024 saat hendak bertransaksi. (Istimewa)

News

Polisi Tangkap Pelaku Jual-Beli Senpi di Distrik Depapre Jayapura, Ini Identitasnya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga secara daring dalam open house virtual di rumah dinasnya, Senin (2/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Serunya Open House Virtual Bersama Ganjar, Diikuti Warga Berbagai Daerah Hingga Luar Negeri
Foto: ANTARA

News

Dukung Transisi Energi, Solar Standar Euro IV Berlaku 1 April 2022
Mendagri M. Tito Karnavian mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) harus disikapi dengan optimistis, karena memiliki payung hukum yang jelas dan landasan kuat. (Foto: Kemendagri)

News

Mendagri: ‘The Show Must Go On’, Pemindahan IKN Harus Disikapi Optimis
Vaksinasi Covid-19 yang diadakan di kampung Blunyahrejo Kota Yogya dari hasil penyisiran warga yang belum vaksin. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Sisir Warga Belum Vaksin Lewat RT/RW
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan jajarannya saat jumpa pers. (Foto: Diskominfo Pemalang)

News

Pemalang Level 2, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Patuhi 3M