Home / News

Selasa, 16 November 2021 - 09:08 WIB

Indonesia Pulangkan 166 Awak Kapal Pelaku Illegal Fishing Asal Vietnam

Sebanyak 166 awak kapal pelaku illegal fishing asal Vietnam dipulangkan melalui Bandara Hang Nadim, Batam pada Senin (15/11/2021). (Foto: KKP/InfoPublik)

Sebanyak 166 awak kapal pelaku illegal fishing asal Vietnam dipulangkan melalui Bandara Hang Nadim, Batam pada Senin (15/11/2021). (Foto: KKP/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Batam – Sebanyak 166 awak kapal pelaku illegal fishing asal Vietnam dipulangkan melalui Bandara Hang Nadim, Batam pada Senin (15/11/2021).

Pemulangan tersebut tidak lepas dari sinergi yang baik antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam penanganan awak kapal pelaku illegal fishing.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ditjen Imigrasi dan Ditjen Protokol dan Konsuler serta instansi terkait lainnya yang selama ini telah bersinergi dengan baik dalam upaya percepatan pemulangan 166 awak kapal pelaku illegal fishing,” ujar Laksda TNI Adin Nurawaluddin, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Adin menjelaskan bahwa melalui koordinasi dan sinergi yang baik, termasuk komunikasi dengan Kedutaan Besar Vietnam yang ada di Jakarta, 166 awak kapal berkewarganegaraan Vietnam tersebut dapat dipulangkan.

Baca juga   Sempat Surut, Banjir Kepung Enam Kecamatan di Kabupaten Pasuruan

Adin juga menyampaikan bahwa koordinasi dan upaya pemulangan nelayan asing pelaku illegal fishing yang tidak menjadi tersangka (non-justisia) secara bertahap akan terus dilaksanakan.

“Proses pemulangan nelayan non-justisia akan terus dilaksanakan secara bertahap,” kata Adin.

Adin lebih lanjut merinci 166 awak kapal asal Vietnam yang dipulangkan kali ini berasal dari beberapa lokasi, di antaranya 17 orang berasal dari Rudenim Pusat Tanjung Pinang, 26 orang dari Satwas SDKP Natuna, 6 orang dari Kantor Imigrasi Ranai, 61 orang dari Stasiun PSDKP Pontianak, 1 orang dari Kantor Imigrasi Pontianak, 53 orang dari Pangkalan PSDKP Batam, dan 2 orang dari Kantor Imigrasi Tarempa.

Pemulangan 166 awak kapal ini merupakan yang kedua dalam tiga bulan terakhir. Sebagaimana diketahui bahwa pada akhir September 2021 lalu juga telah dilakukan pemulangan terhadap 200 orang awak kapal asal Vietnam dari Bandara Hang Nadim, Batam. Saat ini masih ada 132 awak kapal asal Vietnam yang tersebar di beberapa UPT PSDKP.

Baca juga   Bakamla RI Gelar Gladi Posko Persiapan Patroli Bersama

“Saat ini masih ada 82 orang di Pangkalan PSDKP Batam, 44 orang di Stasiun PSDKP Pontianak dan 6 orang di Satwas SDKP Natuna,” jelas Direktur Penanganan Pelanggaran, Teuku Elvitrasyah.

Ditjen PSDKP KKP akan terus berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kemenkumham untuk mendorong perwakilan negara asing dalam hal ini Kedubes Vietnam, agar awak kapal asal Vietnam yang masih tersisa (non-justisia) dapat segera dipulangkan ke negaranya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, menyampaikan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menindak tegas pelaku illegal fishing di perairan Indonesia. Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan kedaulatan dan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan untuk kesejahteraan nelayan.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Vaksinasi Covid-19 anak di Kabupaten Batang sampai saat ini belum dapat terlaksana, karena harus menunggu vaksinasi untuk kalangan dewasa, baik masyarakat umum maupun Lanjut usia (Lansia) mencapai target yang diharapkan. (Foto: MC Batang)

News

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Batang Belum Bisa Dilakukan, Ini Alasannya
BPBD Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan salah satu EWS yang terpasang di permukiman bantaran sungai. (Foto: Dokumentasi BPBD Yogya)

News

Hadapi Musim Hujan, BPBD Yogya Pastikan EWS Berfungsi
Presiden Joko Widodo (tengah), UN Deputy Secretary-General Amina Mohammed (keempat kiri) dan Wakil Presiden Zambia W.K. Mutale Nalumango (keempat kanan) berfoto bersama Kepala BNPB Suharyanto (kiri), Special Representative of the Secretary-General for Disaster Risk Reduction Mami Mizutori (Kedua kiri), Menko PMK Muhadjir Effendi (ketiga kiri), The President of the United Nations General Assembly Abdulla Shahid (ketiga kanan), Menlu Retno Marsudi (kedua kanan), Gubernur Bali Wayan Koster (kanan) beserta perwakilan delegasi sebelum upacara pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

News

PBB Minta Dunia Mencontoh Indonesia dalam Resiliensi Bencana
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 248, Tersebar di 18 Kecamatan
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/nym

News

Kreatif! Pohon Natal dari Sapu Lidi
(ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/YU)

News

Pencarian Korban Hilang Gunung Semeru
Rekayasa lalu lintas one way kembali diberlakukan di ruas tol Jasa Marga. (Foto: Jasa Marga)

News

Km 47 Tol Jakarta-Cikampek-Km 414 GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang Berlaku Satu Arah
Pameran produk IKM seperti fesyen, kerajinan, produk kayu seperti gitar dan permainan kayu di ajang temu stake holder PDIN Yogyakarta, Jumat (23/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

PDIN Wadah Pengembangan Riset dan Desain Produk Industri, Tiga Komoditas Ini Jadi Prioritas Awal