Home / Peristiwa

Minggu, 9 Januari 2022 - 22:28 WIB

Informasi BNPB, Banjir yang Melanda Kabupaten Solok Telah Surut

BPBD Kabupaten Solok mencatat banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di kawasan dua desa di kecamatan Lembah Gumanti, yaitu Nagari Aie Dingin dan Jorong Data. (Foto: BNPB)

BPBD Kabupaten Solok mencatat banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di kawasan dua desa di kecamatan Lembah Gumanti, yaitu Nagari Aie Dingin dan Jorong Data. (Foto: BNPB)

NYATANYA.COM, Solok – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan banjir yang melanda satu kecamatan di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat, telah surut.

“Informasi tersebut diterima Pusdalops BNPB pada Sabtu (8/1/2022), pukul 22.00 WIB. Peristiwa ini mengakibatkan tiga rumah warga rusak ringan,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keteranganya, Minggu (9/1/2022).

Hujan yang memicu meluapnya debit air Sungai Dingin Lembah Gumanti tersebut berlangsung pada Sabtu (8/1/2022) sekira pukul 17.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok mencatat banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di kawasan dua desa di kecamatan Lembah Gumanti, yaitu Nagari Aie Dingin dan Jorong Data.

Baca juga   Besok Masih Berpeluang Hujan Sedang, Banjir di Kota Semarang Telah Surut

Selain tiga rumah rusak ringan, banjir merendam 21 unit rumah warga dan 1 unit masjid. BPBD juga mendata adanya kerusakan pada saluran air bersih dan 1 jembatan, dengan kategori rusak ringan. Saat banjir terjadi tinggi muka air antara 50 – 150 cm.

BPBD melaporkan tidak ada korban luka-luka maupun jiwa akibat bencana ini.

Penanganan darurat dilakukan tim gabungan antara lain dari BPBD, dinas pemadam kebakaran, TNI, Polri maupun aparat desa setempat.

Baca juga   145 Mahasiswa ISI Padang Panjang Diwisuda Secara Offline

Setelah genangan surut, petugas dan masyarakat bergotong royong membersihkan material sampah dan lumpur yang terbawa arus banjir.

Menyikapi banjir yang telah surut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat tetap waspada dan siap siaga. Hal tersebut mengingat prakiraan cuaca dalam dua hari ke depan wilayah Kecamatan Gumanti masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir.

Sementara itu, secara umum peringatan dini cuaca pada Minggu (9/1/2022) di wilayah Sumatra Barat berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Evakuasi warga sekitar Gunung Semeru. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Erupsi Semeru, 1.979 Warga Lumajang Diungsikan di 11 Lokasi Aman
Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Siapkan 1.500 Tangki Air Bersih, Boyolali Antisipasi Kekeringan
Penghargaan diberikan kepada Bupati Kulon Progo atas jasa dan darma bakti bupati yang telah memajukan, mengembangkan, dan melakukan pembinaan terhadap kegiatan koperasi dan UKM di Kabupaten Kulon Progo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Bupati Kulon Progo Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2021
Bupati Kulonprogo menyerahkan secara simbolis rumah bantuan GKPY kepada Warji. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

GKPY Wujudkan Mimpi Warji Miliki Rumah Sendiri
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengunjungi sentra vaksinasi di Objek Wisata Curug Sewu Patean. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Kendal Percepat Vaksinasi Melalui 5 Sentra
Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka Festival Anak Sholeh Indonesia X Tingkat Kota Salatiga Tahun 2022, di Kampus I UIN Salatiga, Minggu (16/10/2022). Foto: Kominfo Salatiga

Peristiwa

Festival Anak Sholeh, Diharapkan Cetak Generasi Qur’ani
Serka Tutut Subagyo memantau proses vaksin AstraZeneca kepada masyarakat. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Serka Tutut Terlibat Langsung Monitoring Vaksin AstraZeneca
Brigjen Pol Dr Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si. Foto: Humas Polri

Peristiwa

Kasus Robot Trading Net89, Bareskrim Polri Sita Aset Reza Paten Senilai Rp6,3 Miliar