Home / News

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 12:41 WIB

Infrastruktur Bandara Lombok Siap Sambut World Superbike 2021

(Foto: Angkasa Pura)

(Foto: Angkasa Pura)

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura/AP 1 selaku pengelola Bandara Internasional Lombok telah menyiapkan infrastruktur bandara untuk menyambut kedatangan peserta dan panitia perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 yang akan diselenggarakan pada 19-21 November 2021 mendatang di Mandalika, Lombok, NTB.

Bahkan Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, pada Kamis (14/10/2021) telah meninjau sejumlah kesiapan di Bandara Internasional Lombok.

Bandara ini didukung dengan telah rampungnya perluasan terminal penumpang dan pembaruan dokumen administratif Aeronautical Information Publication (AIP), di mana dalam AIP tersebut juga mencantumkan data terbaru fasilitas runway dan apron Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, fasilitas kargo untuk mendukung arus logistik WSBK 2021 berupa akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi juga telah rampung 100 persen.

Baca juga   Pemerintah Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Maksimalkan Capaian Vaksinasi

“Bandara Internasional Lombok siap menyambut kedatangan peserta, official dan penonton ajang balap motor internasional World Superbike 2021. Selesainya perluasan terminal penumpang Bandara Internasional Lombok ini menambah total luasan terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun,” ujar Direktur Utama AP 1 Faik Fahmi, Jumat (15/10/2021).

Selain perluasan terminal, juga dilakukan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas sebelumnya yang hanya 108.100 meter persegi. Apron yang telah selesai dikerjakan ini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 1.123 Orang

AP 1 juga telah menuntaskan proyek perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan menjadi runway terpanjang nomor lima di Indonesia saat ini. Dengan demikian, apron dan runway Bandara Internasional Lombok telah mampu untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777.

“AP 1 berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di berbagai bandara yang dikelola, termasuk salah satunya melalui pengembangan Bandara Internasional Lombok ini. Bandara ini merupakan infrastruktur strategis untuk mendukung pengembangan Destinasi Super Prioritas Nasional Mandalika serta kegiatan-kegiatan berskala internasional yang digelar di sini, seperti World Superbike dan MotoGP,” imbuh Faik Fahmi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Istimewa

News

Resmi! Sekarang NIK Juga sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak
Polsek Astana Anyar Kota Bandung dipasang garis polisi usai ledakan diduga bom bunuh diri. Foto: Ist

News

Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar Bandung, Tiga Polisi Terluka, Begini Kronologinya
Selain akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Pemkot juga akan melakukan pembangunan jaringan hidran kering di sejumlah kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Bentuk Satuan Relawan Kebakaran di 45 Kelurahan
Menag Yaqut, saat menerima audiensi Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), di Jakarta, sebagaimana dilansir Kemenag, Jumat (8/4/2022). Foto Biro Humas Kemenag

News

Menag Ajak Generasi Muda Kristen Sinergi Perkuat Moderasi Beragama
unung Merapi dipotret wilayah Selo, Boyolali. (Foto: Agoes Jumianto)

News

BPPTKG Sebut Volume Kubah Lava Merapi dalam Kondisi Wajar
Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya. Foto: dewanpers.go.id

News

Dewan Pers Berharap RKUHP Tidak Multitafsir
Foto: Istimewa

News

Wujudkan Antikorupsi, KPK Bentuk Direktorat Khusus
Pengolahan sampah di TPST Nitikan akan direplikasi dengan memperbanyak TPST di tempat lain. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Akan Tambah TPST untuk Kurangi Sampah, Ini Lokasinya