Home / Peristiwa

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 23:18 WIB

Ini Batik dengan Pewarna Lumpur yang Dikagumi Gus Yasin

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melihat dari dekat batik dengan pewarna lumpur karya Widji Astuti. (Foto: Humas Jateng)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melihat dari dekat batik dengan pewarna lumpur karya Widji Astuti. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Kendal – Pewarnaan batik menggunakan lumpur, menarik minat Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, mengingat kebanyakan pembatik menggunakan pewarna sintetis.

Ketertarikan tersebut terlihat saat wagub menyempatkan melihat langsung produksi batik di Kecamatan Patebon, di sela kunjungan kerja di Kabupaten Kendal.

“Tujuan saya datang ke Batik Widji Astuti ini, karena saya tertarik dengan Ibu Widji adalah, beliau mengikuti pelatihan (Batik) tahun 2001. Sekarang sudah punya sekitar 50 orang rekan kerjasama untuk membuat batik. Jadi ada warga yang dilatih, kemudian diajak bekerja membuat batik. Yang menarik, setiap karya yang dibuat tadi langsung dia bayar, saya apresiasi,” kata Gus Yasin, sapaan akrab wagub, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga   Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2

Gus Yasin menambahkan, pewarna lumpur dari Batik Widji menarik dan memiliki ciri khas. Ada pula cerita di balik penemuan teknik pewarnaan tersebut.

“Pewarna alam dari lumpur ini, Bu Widji terinspirasi dari orangtuanya. Jadi katanya dulu, setiap orang tuanya pulang dari sawah, celananya selalu ada sisa lumpur dan ngecap. Akhirnya dia ambil (idenya) dan dikemas. (Ini) aman dan ramah lingkungan. Saya beli satu tadi,” jelasnya.

Lebih jauh, wagub mengimbau kepada pengrajin batik yang belum memiliki sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), agar segera membuatnya. Dia melarang para pengrajin batik membuang limbah batik ke sungai. Khususnya, limbah dengan pewarna sintetis.

“Untuk pengrajin (batik) lainnya, untuk (yang menggunakan) pewarna alam tidak masalah. (Tapi) kalau yang (menggunakan) pewarna sintetis tidak boleh dibuang di sungai, harus ada IPAL-nya,” tandas Taj Yasin.

Baca juga   Pati Kirimkan 20 Atlet untuk Kontingen Jateng di PON XX Papua

Sementara itu, Widji Astuti, mengaku senang dikunjungi langsung wagub. Menurutnya, kunjungan tersebut sangat memberikan dorongan semangat untuk berkarya lebih besar lagi.

“Saya senang, dan tidak menyangka bisa dikunjungi oleh Pak Taj Yasin. Ini menjadikan semangat bagi saya untuk terus maju,” katanya.

Widji menambahkan, dia membangun usaha batik mulai dari nol. Sebelumnya, dia mencari nafkah sebagai seorang penjahit. Kemudian, mulai banyak orang yang menanyakan kain batik kepadanya.

“Sampai akhirnya saya beranikan diri membuat batik, dan alhamdulillah bisa berjalan,” tutupnya. (*)

Share :

Baca Juga

Sisi barat selasar Malioboro ini biasanya dipenuhi lapak pedagan kerajinan dan oleh-oleh. Selama PPKM Level 4 mereka pun patuhi buka sesuai peraturan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Patut Dicontoh! PKL Tertib Jalankan Aturan PPKM Level 4
Selama 2021 ini, Dinperinaker telah membuka tiga angkatan pelatihan kerja berbasis kompetensi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai, Dinperinaker Temanggung Latih 112 Orang
Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas
20 perwakilan PKK se-kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pengolahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Kampanyekan Gemar Makan Ikan, PKK Bantul Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan
Harga kebutuhan pokok masyarakat di Pekalongan masih stabil. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Harga Kepokmas di Pekalongan Stabil
Menkomarivest Luhut Binsar Pandjaitan targetkan vaksinasi di Sleman 15.000 Orang Perhari. (Foto: HUmas Pemda DIY)

Peristiwa

Menteri Luhut Targetkan Sleman Vaksin 15.000 Orang Perhari
Aparat gabungan Kecamatan Gatak terus menerus tanpa kenal lelah mengimbau warga untuk melasanakan gerakan 5M. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Gugus Tugas Gatak Tak Lelah Imbau Warga Taati Prokes
Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho menyerahkan cinderamata kepada Ketua PWI DIY Hudono. (Foto: Dokumentasi PWI DIY)

Peristiwa

PWI dan Pertamina Bersinergi Dukung Pengembangan Kualitas Wartawan