Home / Olga

Kamis, 4 November 2021 - 09:39 WIB

Ini Cara NPCI Tentukan Jumlah Cabor Peparnas

NYATANYA.COM, Jayapura – Penentuan jumlah cabang olahraga (cabor) dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua dilakukan dengan menggunakan metode expression of interest. Ketika menentukan jumlah ini, seluruh pengurus National Paralympic Comitee Indonesia (NPCI) tingkat provinsi mengajukan berapa cabor yang akan diikuti dalam ajang ini.

Ada wilayah yang mengajukan sebanyak 5 hingga 20 cabor dalam perhelatan ini. Setelah seluruh perwakilan NPCI tingkat provinsi tersebut bersepakat, maka 12 cabor yang terpilih saat inilah yang ditetapkan untuk digelar pada ajang pesta olahraga penyandang disabilitas saat ini.

“12 cabor terpilih dalam perhelatan Peparnas yang digelar pada beberapa waktu ke depan,” ujar Wakil Sekeretaris Jenderal (Wasekjen) National Paralympic Comitee Indonesia (NPCI) Rima Ferdianto kepada Media Center Kominfo Peparnas Papua, Rabu (3/11/2021).

Baca juga   Peparnas XVI Papua, Hari Ini Empat Cabor Mulai Bertanding

Kesepakatan ini penting, lanjut Rima, dalam memastikan seluruh wilayah yang ikut tetap mengedapankan kesetaraan dalam hal dukungan dari pemerintahnya daerahnya masing-masing. Sehingga, penyelenggaraan ajang olahraga ini tetap akan menampilkan atlet-atlet yang mendapatkan pembinaan yang maksimal dari pemerintah terkait.

Keputusan yang dihasilkan ini pun rupanya mendapat sambutan yang baik dari pemerintah. Melalui dukungan yang sangat besar pun pemerintah mendorong setiap daerah memgirimkan kontingen atlet penyandang disabilitas yang dimilikinya pada ajang tersebut. Disertai dengan berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam penyelenggaraan ajang ini.

Baca juga   Peugeot 9X8, Didesain Untuk Balap!

Upaya itu pun berhasil, banyak wilayah yang pada akhirnya tertarik untuk mengikuti ajang Peparnas. Tercatat, dari hanya sekitar 1.500 peserta yang terdiri dari ofisial dan atlet.

Kini, jumlah Peparnas yang terdaftar hingga saat ini mencapai jumlah yang signifikan yakni 3.609 orang. Dengan jumlah kontingen mencapai 33 kontingen atlet disabilitas.

“Berkat dorongan dari pemerintah yang menyatakan bahwa PON dan Peparnas adalah satu paket yang diselenggarakan secara paralel,” pungkasnya.

(*/n1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Blora H. Arief Rohman membuka turnamen Blora Open Woodball yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora di Lapangan Kridosono, Minggu (5/12/2021) pagi. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Olga

Turnamen Open Woodball Meriahkan HUT ke-272 Kabupaten Blora
Perjalanan Kirab Api diawali dengan serangkaian seremonial di Kantor Bupati Jayapura di Doyo Baru, Sentani, Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIT. (Foto: MC Kominfo/InfoPublik)

Olga

Api Peparnas Menginap di Kantor Wali Kota Jayapura
Aditya Tri Sahria dan Arifianto Firmansyah menerima bonus dari Pemkab Banjarnegara usai meraih prestasi di ajang PON XX Papua. (Foto: Humas Purbalingga)

Olga

Atlet PON Papua Asal Purbalingga Terima Bonus dari Pemkab
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo kembali menyambut kedatangan Tim Kontingen Indonesia kloter 4 untuk Paralimpiade Tokyo 2020 di Bandara Haneda Tokyo Jumat. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Sambut Kloter 4, KBRI Tokyo Siap Dukung Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Menpora RI Zainudin Amali melaunching Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) 2022 Sumatera Selatan. (Foto:raiky/kemenpora.go.id)

Olga

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional Digelar di Sumsel Juli 2022

Olga

Rekor Dunia Tercipta di Semifinal Panjat Tebing PON Papua
Menpora Zainudin Amali saat jumpa pers bersama Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, secara virtual, Jumat (22/10/2021). (Foto: Tangkapan Layar Zoom/InfoPublik)

Olga

Horee Liga 1 dan 2 Bisa Dihadiri Penonton, Ini Penjelasannya
Juara bertahan putra, Surabaya Bhayangkara Samator memenangkan laga pertamanya setelah menundukkan Palembang Bank Sumsel pada laga kedua hari pertama PLN Mobile Proliga 2022, di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jumat (7/1/2022). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

Surabaya Bhayangkara Samator Menangi Laga Pertama Proliga 2022