Home / News

Rabu, 7 Desember 2022 - 23:15 WIB

Ini Daftar Lengkap UMK Jateng 2023, Kota Semarang Tertinggi Sebesar Rp3.060.348,78

Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK) Jawa Tengah tahun 2023, di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022). Foto: Humas Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK) Jawa Tengah tahun 2023, di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022). Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Pati – Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK) Jawa Tengah tahun 2023, di Pabrik PT HWI 2, Kabupaten Pati, Rabu (7/12/2022). UMK tertinggi tercatat dari Kota Semarang sebesar Rp3.060.348,78.

Ganjar mengatakan Penetapan UMK ini mendasari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

“Penetapan UMK memperhatikan inflasi provinsi, pertumbuhan ekonomi kabupaten/ kota, serta nilai alfa,” kata Ganjar, dalam konferensi persnya.

Ditambahkan, nilai alfa merupakan wujud indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30.

Baca juga   Kunjungi Kampung Yoka, Ganjar Tawarkan Kerja Sama Desa Jateng-Papua

“Penentuan nilai alfa harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja. Data yang digunakan dalam penghitungan penyesuaian nilai upah minimum, menggunakan data yang bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistic, yaitu Badan Pusat Statistik,” ujarnya.

Adapun UMK terendah sebesar Rp1.958.169,69 yaitu Kabupaten Banjarnegara. Di mana Kabupaten Banjarnegara menggunakan upah minimum provinsi, karena hasil perhitungan UMK di bawah Upah Minimum Provinsi Tahun 2023.

“Persentase kenaikan terendah sebesar 6,4% di Kabupaten Kudus, karena pertumbuhan ekonomi pada angka negatif, sehingga sesuai ketentuan kenaikan sebesar inflasi. Untuk persentase kenaikan tertinggi 7,95% di Kota Semarang,” tutur Ganjar.

Baca juga   Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022

Dia menuturkan terjadi berbagai dinamika dalam proses penetapan UMK tersebut. Di antaranya perbedaan usulan dari kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Ganjar menegaskan, diskusi terus dilakukan selama proses sebelum penetapan.

“Kalau kita pakai PP, itu jauh lebih sedikit ya. Jadi ini kita agak lebih tinggi, kalau nggak salah, kalau dari UMP itu Jawa Tengah tertinggi lho persentase kenaikannya,” ucap Ganjar.

Berikut daftar lengkap kenaikan UMK di seluruh Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah:

Sumber: jatengprov.go.id/Grafis: nyatanya.com

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(Foto: istimewa/InfoPublik)

News

Jaga Keamanan Investasi Masyarakat, Pemerintah Perketat Pengawasan Aset Kripto
Ganjar Pranowo meninjau salah satu bangunan Rumah Optimis lewat program tuku lemah oleh omah di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Rabu (14/9/2022). Foto: Humas Jateng

News

Tuku Lemah Oleh Omah, 32 Keluarga Terdampak Banjir Kalikeruh Brebes Dapat Bantuan Rumah Optimis
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (keempat dari kanan) bersilaturahmi dengan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (ketiga dari kanan). Foto: NU Online

News

Ketua KPU RI: Dukungan NU Sangat Strategis untuk Pemilu 2024
Petugas Damkar Magelang berusaha menjinakkan api yang membakar bengkel forklift milik PT Kayu Lima Sentosa di Dusun Keron, Desa Mantingan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang mengalami kebakaran, pukul 00.29 WIB, Senin (13/12/2021). (Foto: humas/beritamagelang)

News

Bengkel Forklift Terbakar, Kerugian Ditaksir 300 Juta Rupiah
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Mendesak, Pemda DIY Segera Realisasikan RS Sementara untuk Pasien Covid-19
Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta, Suharsan menjelaskan program ini merupakan event CSR rutin Indomaret yang bertujuan membantu program pemerintah dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Primanutri Posyandu Kepedulian Dunia Usaha Atasi Stunting di Kota Yogya
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksin di SMPN 5. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Ribuan Pelajar di Kota Yogya Antusias Ikuti Vaksinasi
Aksi Demo buruh Jatim tolak kenaikan BBM di Surabaya, Selasa (6/9/2022). Foto: selalu.id

News

Aksi Buruh Jatim Tolak Kenaikan BBM Berdamai dengan Pemprov, Ini Kesepakatannya