Home / Peristiwa

Senin, 4 Oktober 2021 - 10:50 WIB

Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021

Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi peran jurnalis di tanah air. Menurutnya, partisipasi aktif jurnalis penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Bahkan, telah banyak membantu memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.

“Melalui beragam produknya, jurnalis dapat membantu narasi-narasi yang akurat, menumbuhkan optimisme, dan mencerdaskan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam cara Puncak Anguerah Jurnalistik Kominfo 2021 yang diseleranggarakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Mengingat arti penting peran jurnalis, Kementerian Kominfo tidak berhenti menyelenggarakan AJK sebagai kegiatan tahunan. Menurutnya, peran jurnalis dalam kolaborasi pentahelix nasional harus tetap digelorakan.

“Oleh karenanya, Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021 dengan mengangkat tema “Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tandas Menteri Johnny dalam siaran pers, Senin (4/10/2021).

Menkominfo menjelaskan pada AJK tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah mengajak serta para jurnalis di seluruh Indonesia untuk turut membangun narasi besar “Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menuju Masyarakat Produktif”.

“Selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum mendapatkan penghargaan, jangan patah semangat, karena tugas jurnalistik adalah mengabdi pada kemanusiaan,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, penghargaan terbesar seorang jurnalis adalah ketika karyanya bisa diterima dan menginspirasi masyarakat. Oleh karena itu, kompetisi AJK merupakan salah satu kegiatan tahunan Kementerian Kominfo yang mewadahi prestasi dan karya insan jurnalis.

Baca juga   Ramadan 1443 Hijriyah, BAZNAS Gelar Madrasah Duafa

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut mendukung setiap upaya pencerdasan masyarakat melalui kerja jurnalistik,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan, tema AJK 2021 tahun ini merupakan representasi langsung dari lima arahan Presiden Joko Widodo terkait agenda percepatan transformasi digital nasional.

“Yakni yang pertama perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, kedua, penyiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, ketiga percepatan integrasi Pusat Data Nasional, keempat, penyiapan kebutuhan SDM digital, dan kelima menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital,” ujarnya.

Berkaitan dengan lima arahan tersebut, Kementerian Kominfo telah menyiapkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, di mana difokuskan pada empat sektor strategis yang mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

“Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan rincian Program Prioritas dan Program Pendukung Kementerian Kominfo pada tahun 2022 nanti, di mana sebagai kelanjutan dari program tahun 2021 yang akan berfokus empat program prioritas,” jelas Menteri Johnny.

Menkominfo menyatakan peran insan jurnalis dalam memberikan informasi terpercaya di tengah-tengah masyarakat juga mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital.

“Upaya pemerintah dalam melakukan transformasi digital akan semakin bermakna dengan kerja keras para jurnalis Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tuturnya.

Baca juga   Mengapa Pertemuan G20 Digelar di 25 Kota yang Berbeda? Bukan Pemborosan, Ternyata Ini Alasannya

Pemenang 5 Kategori

Dalam kompetisi AJK 2021, terdapat lima kategori lomba yang mencakup Liputan Media Online, Liputan Televisi, Liputan Media Cetak, Liputan Radio, dan Liputan Jurnalistik Foto.

Melalui proses penilaian dan seleksi yang ketat para juri, maka total 843 karya dari 392 jurnalis, terpilih pemenang juara I, II dan III dari masing-masing kategori lomba sebagai berikut:

Kategori Liputan Media Online Pemenang I Slamet Harmoko dari sampit.prokal.co, Pemenang II Bagus Supriadi dari Kompas.com, dan Pemenang III Andy Indrayanto dari Halloriau.com.

Kategori Liputan Televisi Pemenang I Cindy Dilapanga dari Kompas TV, Pemenang II Muhammad Nur Rohman dari Berita Satu News Channel, dan Pemenang III Ratu Annisaa Suryasumirat dan Akhe Mona WS dari Indosiar.

Kategori Liputan Media Cetak Pemenang I Wilibrordus Megandika Wicaksono dari Harian Kompas, Pemenang II Ester Lince Napitupulu dari Harian Kompas, dan Pemenang III Robby Patria dari Tanjungpinang Pos.

Liputan Radio Pemenang I Ardi dari RRI Merauke, Pemenang II H Ikmat Raharjo Utomo dari RRI Denpasar, dan Pemenang III Saortua Marbun dan Eko Susanto dari IRadio FM Jakarta .

Liputan Jurnalistik Foto Pemenang I Hilman Fathurrahman W dari Tempo.co, Pemenang II Priyombodo dari Harian Kompas, dan Pemenang III Susanto dari Media Indonesia.

Acara Puncak AJK 2021 dilaksanakan secara hibrida, pemenang I, II, dan III serta pemenang 10 besar masing-masing kategori dihadirkan secara virtual. (*/Aja)

Share :

Baca Juga

Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi. Foto: MC Kab.Sumenep

Peristiwa

Pertama Kali di Kabupaten Sumenep, BNNK Ungkap Kasus Sabu 2 Kilogram Lebih
Foto: Ist/TBNews

Peristiwa

Ditpolairud Polda Sumut Amankan Perampokan Laut Bersenjata Airsofgun
Sebanyak lima veteran dari pejuang Dwi Kora, Seroja dan lainnya, masing-masing mendapat voucher Rp1.000.000 karena telah berlangganan Pertamax sejak adanya Pertamax di SPBU. (Foto:MC Kab. Blora)

Peristiwa

Hari Kesaktian Pancasila, Veteran Blora Dapat Voucher Pertamax dari Pertamina
Protokol kesehatan saat PTM di sekolah menjadi perhatian yang harus dilaksanakan semua warga sekolah. Hal itu untuk mengantisipasi potensi penularan Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Prokes Jadi Perhatian, Pemkot Yogya Terjunkan Tim Pantau Pelaksanaan PTM
Kota Singkawang terkenal dengan sebutan kota seribu kelenteng dengan keindahan alam dan keragaman budaya yang khas. Menjelang hari besar Imlek 2022, di Singkawang terlihat semarak hiasan ornamen lampion dan macan air. (Foto: MC. Kota Singkawang)

Peristiwa

Imlek yang Instagramable di Kota Seribu Kelenteng Singkawang
Bupati Semarang Ngesti Nugraha meninjau pelaksanaan vaksinasi di PT Perindustrian Bapak Djenggot, Bergas. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Bupati Ngesti Apresiasi Dukungan Perusahaan Swasta untuk Percepat Vaksinasi
Rumah di Perum Buana Asri Village B-4 yang ditempati tertdakwa. (Foto:Istimewa)

Peristiwa

Sidang Tempati Rumah Tanpa Hak, JPU Tuntut Terdakwa 5 Bulan Penjara
Polsek Kangean, Kabupaten Sumenep, mengamankan 100 botol minuman keras (miras) saat melakukan razia dalam rangka Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat), Senin (11/4/2022). Foto: MC Kab.Sumenep

Peristiwa

Polsek Kangean Amankan 100 Botol Miras Saat Razia Bersandi Operasi Pekat