Home / News

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:14 WIB

Ini Dua Pesan Penting Presiden pada Gubernur dan Wagub Baru DIY

Foto: BPMI Setpres

Foto: BPMI Setpres

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur (Wagub) DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X dapat memperhatikan harga pangan dan inflasi.

“Saya bagi titip kepada beliau untuk urusan yang berkaitan dengan harga pangan dan inflasi,” kata Presiden Jokowi melalui keterangan pers pada Senin (10/10/2022).

Menurut Presiden, pasangan kepala daerah itu harus mampu fokus dalam menghadapi dua ancaman itu di masa mendatang. Sebab, ketidakpastian global yang terjadi, mampu membuat melambungnya harga pangan dan inflasi.

Baca juga   Ini Pujian Luhut kepada Jokowi di Berulang Tahun Hari Ini

“Semua negara juga sedang memperhatikan dua hal itu,” kata Presiden.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masa jabatan tahun 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (10/10/2022).

Dikutip dari laman setkab.go.id menyebutkan, sebelum pengambilan sumpah, Presiden Jokowi terlebih dahulu menyerahkan petikan Surat Keputusan Presiden kepada calon gubernur dan wakil gubernur di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Baca juga   Syawalan Keluarga Besar PWI dan IKWI DIY, Hudono: PWI Harus Jadi Lokomotif Kebangkitan Masyarakat

Setelahnya, Presiden dengan didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama Sri Sultan dan Paku Alam melakukan kirab menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Prosesi kirab diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju Istana Negara.

Setibanya di Istana Negara, calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 90/P Tahun 2022 tentang Pengesahan, Pemberhentian, dan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Masa Jabatan Tahun 2022-2027.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

News

Puluhan Pendeta Maluku Datangi Ganjar, Belajar Rawat Toleransi Antarumat Beragama
(Foto: BMKG)

News

Pasaman Barat Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 4,8
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Menargetkan Indonesia Swasembada Gula dalam Lima Tahun ke Depan
Hunian ASN dan Pertahanan Keamanan di IKN Nusantara senilai Rp41 triliun siap dibangun oleh tiga investor. Foto: ANTARA

News

Hunian ASN dan Hamkam di IKN Senilai Rp41 Triliun Siap Dibangun, Tiga Investor Ini Ambil Bagian
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memberikan arahan penanganan darurat banjir dalam Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Banjir Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, pada Senin (2/1/2022). Foto: Humas Jateng

News

BNPB Salurkan Bantuan Rp4,25 Miliar untuk Penanganan Banjir di 13 Wilayah di Jateng
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Turunkan Tim, Gelar Diskusi dengan Warga Wadas
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeluarkan guguran lava 110 kali selama sepekan terakhir. (Foto: ANTARA)

News

Gunung Merapi Gugurkan Awan Panas Sebanyak 110 Kali
Tak lagi PCR, test Antigen kini menjadi syarat yang berlaku bagi perjalanan udara. (Foto: ANTARA/Feny Selly)

News

Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya