Home / News

Rabu, 21 Juli 2021 - 23:51 WIB

Ini Implementasi Perpanjangan PPKM Level 4 di DIY

Gubernnur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X saat mengikuti video conference dengan Mendagri, Rabu (21/7/2021) siang. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Gubernnur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X saat mengikuti video conference dengan Mendagri, Rabu (21/7/2021) siang. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah akhirnya memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali hingga tanggal 25 Juli 2021 mendatang, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level IV Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa-Bali .

Hal demikian disampaikan Mendagri Tito Karnavian dalam video conference dengan gubernur, bupati/walikota se Jawa-Bali yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (21/7/2021) siang tadi.

Rapat Koordinasi secara virtual ini dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X dan pejabat terkait di Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta.

Dengan telah diterbitkanya instruksi Menteri Dalam Negeri tersebut, Daerah Istimewa Yogyakarta menindak lanjuti dengan Instruksi Gubernur DIY Nomor 19/INSTR/2021 tetang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level IV Corona Virus Disease 2019 yang ditujukan kepada bupati/walikota se-DIY untuk melaksanakan PPKM Level 4 ini sampai dengan tingkat Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) yang berpotensi penyebaran Covid-19.

Baca juga   Halo Agus, Selamat Bulan Agus Nasional

Terkait dengan hal tersebut, Sekda DIY Drs Kadarmanto Baskara Aji menjelaskan kepada awak media melalui zoom meeting menjelaskan, bahwa tujuan diperpanjangnya PPKM Level adalah untuk lebih menurunkan mobilitas kegiatan masyarakat yang berdampak pada kerumunan yang berakibat penyebaran Covid-19.

Kota Yogyakarta Masuk dalam Level 4. Penyekatan masih akan diberlakukan selama PPKM Level 4 hingga 25 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Dikatakan Aji bahwa perkembangan PPKM Darurat dari 3 hingga 20 Juli 2021, yang sekarang diubah menjadi PPKM Level 4, di DIY sendiri ada 2 level yaitu level 3 dan 4 , dengan perlakuan yang sama. Adapun wilayah yang termasuk Level 4 Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman, sedangkan Level 3 untuk Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul.

“Pada prinsipnya perubahan dari PPKM Darurat menjadi PPKM level 4 aturannya tetap sama, hanya saja dalam penjelasan dari aturan tersebut setelah tanggal 26 Juli 2021 akan ada perlakuan-perlakuan berbeda terhadap sektor essensial seperti contohnya pasar tradisional itu akan buka sampai dengan pukul 20.00 WIB, dengan kapasitas 50 %,” jelas Baskara Aji.

Baca juga   Antisipasi Varian Mu, Ganjar Beli "Whole Genome Sequencing"

Disinggung seperti apa evaluasi sepanjang PPKM Darurat di DIY hingga hari ini, Aji menyatakan bahwa PPKM Darurat yang paling pokok yaitu menurunkan mobilitas.

“Dari hasil evaluasi kita, mobilitas masyarakat bisa kita bisa dipilah, untuk retail dan rekreasi ada penurunan minus 20%, di toko bahan makanan dan apotik ada peningkatan aktifitas 9%, di taman-taman ada penurunan sebesar minus 33%, kemudian transportasi umum minus 49%, tempat-tempat kerja minus 21%, diarea pemukiman ada kenaikan aktivitas sebesar 13%,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

Penampakan Gunung Merapi pada pukul 05:34 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Pagi Tadi Merapi Semburkan 3 Kali Awan Panas
Warga tampak rela antre di depot pengisian oksigen di Selokan Mataram, Mlati, Sleman, Selasa (27/7/2021) siang. (Foto:nyatanya.com/zainuri arifin)

News

Kembali Alami Kelangkaan, Warga Rela Antre Beli Oksigen
Wagub saat menjadi pembina upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Kantor Gubernur. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ribuan Anak Jadi Yatim Piatu Akibat Covid, Gus Yasin Ajak Warga Jateng Jadi Orang Tua Asuh
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

60 Warga Mertoyudan Sembuh dari Covid-19
Upaya jemput bola dari desa ke desa oleh tim vaksinator dari Puskesmas di Temanggung dinilai efektif percepat vaksinasi. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Gencarkan Vaksinasi, Temanggung Lakukan Jemput Bola
(nyatanya.com)

News

Purworejo Terbaik Terapkan PPKM Darurat se-Jateng
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksin di SMPN 5. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Ribuan Pelajar di Kota Yogya Antusias Ikuti Vaksinasi
(nyatanya.com/istimewa)

News

Indofarma Siap Produksi Ivermectin, HET Rp7.885 per Tablet