Home / News

Sabtu, 13 Januari 2024 - 13:19 WIB

Ini Kesepakatan Peningkatan Kerja Sama Indonesia dan Vietnam

Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Vo Van Thuong menyampaikan pernyataan pers bersama usai melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam pada Jumat (12/1/2024). Foto: BPMI Setpres/Rusman

Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Vo Van Thuong menyampaikan pernyataan pers bersama usai melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam pada Jumat (12/1/2024). Foto: BPMI Setpres/Rusman

NYATANYA.COM, Hanoi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pertemuan Indonesia dan Vietnam menyepakati peningkatan target perdagangan baru.

Kemudian, bidang investasi, Presiden Jokowi menyambut baik peningkatan investasi antara kedua negara, perusahaan besar, dan unicorn Indonesia yang telah berinvestasi di Vietnam secara signifikan.

“Saya yakin mereka akan diberikan kemudahan dan perlindungan yang baik, dan saya mendorong perusahaan Vietnam untuk memperkuat investasinya di Indonesia,” ucap Presiden Jokowi dalam keterangan pers bersama dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam pada Jumat (12/1/2024).

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia dan Vietnam telah menyepakati penguatan kerja sama ketahanan pangan antara kedua negara, baik dalam bidang pertanian maupun perikanan.

Baca juga   Hari Ini Presiden Bagikan Bansos Hingga Tinjau Optimalisasi SPAM di Kepulauan Tanimbar

“Kita sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang pertanian dan perikanan di mana penandatanganan MoU kerja sama perikanan adalah momentum besar untuk mendorong kolaborasi dan investasi di bidang ini,” tutur Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menyambut baik kerja sama teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital kedua negara.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa Indonesia dan Vietnam telah menyepakati kerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi.

Baca juga   Presiden Jokowi: Pandemi Ujian sekaligus Momentum Mawas Diri

“Saya menyambut baik komitmen investasi VinFast untuk membangun ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia. Kita juga sepakat memajukan kerja sama di bidang transisi energi dan ekonomi digital untuk mendorong kemakmuran rakyat dan kawasan,” ujar Kepala Negara.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia dan Vietnam berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan.

“Indonesia dan Vietnam sepakat untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan melalui implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan dukungan terhadap keketuaan Laos di ASEAN,” ucap Presiden. (N1)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Santer Isu Pemotongan Dana Bansos, Ini Jawaban Dinsos Klaten
Seusai memberikan keterangan pers, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang langsung ke Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Rabu (9/2/2022). Kedatangannya ke Desa Wadas untuk dialog dengan warga. Selain itu, dia ingin memastikan agar kerukunan tetap terjalin di sana. (Foto: Humas Jateng)

News

Jaga Kerukunan, Gubernur Ganjar Temui Warga Desa Wadas
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Di 13 Provinsi Ini Covid-19 Varian Omicron Melampaui Puncak Kasus Delta
Hj Etik Suryani SE MM. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

News

Etik Suryani Ajak Warga Sukoharjo di Rumah Saja
Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menangkap kapal ikan Indonesia (KII), yang telah habis masa berlaku surat persetujuan berlayarnya. Kapal beserta kru diamankan di Pelabuhan Bandar Deli, Belawan. (Foto: Humas Bakamla)

News

Bamkala RI Tangkap Kapal Ikan yang Langgar Aturan di Belawan
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)

News

Menteri Nadiem: Sebaran Bahasa Indonesia Sudah Mencapai 47 Negara
Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mencoba menempelkan kartu ATM beras yang berisi saldo tiga kilogram dan lima kilogram beras di Rice Truck. (Foto: Diskominfo Salatiga)

News

“Rice Truck” Salurkan 1 Ton Beras di Salatiga
Foto: Pertamina

News

Pengamat Ekonomi: Kenaikan Harga Pertamax Tak Picu Inflasi, Karena Hal Ini