Home / News

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:29 WIB

Ini Ketentuan Terbaru Syarat Perjalanan Penumpang Transportasi Laut selama Nataru

Kemenhub mengeluarkan aturan terbaru terkait pengetatan aturan perjalanan orang dengan transportasi laut selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

Kemenhub mengeluarkan aturan terbaru terkait pengetatan aturan perjalanan orang dengan transportasi laut selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan aturan terbaru terkait pengetatan aturan perjalanan orang dengan transportasi laut selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Pelaksana tugas Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha menyebutkan, aturan baru yang dikeluarkan pada Jumat (17/12/2021) tersebut dituangkan dalam Surat Edaran No.110 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Pada Masa Pandemi Covid-19. Adapun masa Nataru ini terhitung sejak 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat terhadap pelaku perjalanan dan mencegah terjadinya penyebaran dan peningkatan penularan Covid-19,” ujar Arif.

Baca juga   Ramadan hingga Idulfitri, Stok Pangan di Jateng Aman

Selama masa Nataru, pelaku perjalanan dalam negeri wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan.

Selain itu ada beberapa aturan lain yang diperketat diantaranya penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan dari dan/atau ke pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia: wajib menunjukkan kartu vaksin (dosis lengkap); dan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen yang pengambilan sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam atau di pelabuhan sebelum keberangkatan.

“Penumpang kapal laut yang berusia di atas 17 tahun dan belum mendapatkan vaksin dosis lengkap, ataupun tidak melakukan vaksin dosis lengkap dikarenakan alasan medis, maka mobilitasnya dibatasi untuk sementara,” ujar Arif.

Baca juga   Waspada Parkir Nuthuk di Yogya! Dishub Siagakan Petugas dan Kantong Parkir Kendaraan pada Malam Tahun Baru

Sementara itu, penumpang kapal laut yang berusia di bawah 12 tahun diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT- PCR Test yang pengambilan sampelnya dilakukan dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan tanpa harus menunjukkan kartu vaksin.

“Penumpang kapal laut yang menunjukkan gejala indikasi Covid-19 walaupun berdasarkan surat keterangan RT-PCR Test atau Rapid Test Antigen menunjukkan hasil negatif, maka penumpang tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR serta karantina mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan,” tutup Arif.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Tertinggi dalam Sepekan, Positif Covid-19 di DIY Tambah 1.809 Kasus
Foto: Antara

News

Penyeberangan dari Bakauheni – Merak Masih Sepi, Puncak Arus Mudik Diprediksi H-3
Sebanyak 170 CPNS dan 350 PPPK Guru yang lulus seleksi formasi 2021 di Kulon Progo akhirnya terima SK pengangkatan CPNS dan PPPK Guru. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

News

170 CPNS dan 350 PPPK Formasi 2022 Kulon Progo Terima SK
Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kemendagri, Tiyar Cahya Kusuma dan Simon Makarios Aruan, serta tim Balai Pemdes di Yogya, melakukan verifikasi lapangan, Selasa (1/11/2022). Foto: MC Pemkot Surakarta

News

Masuk Nominasi Lomba Kelurahan Tingkat Nasional, Tim Lakukan Verifikasi di Jebres Surakarta
Foto: Antara

News

Enam Posko Bantuan STB Disiapkan bagi Rumah Tangga Miskin
Ilustrasi: Agoes Jumianto

News

PR Berat Pemkot Yogya, Pulihkan Kepercayaan Publik Usai Haryadi Suyuti Ditangkap KPK
Pj Sekretaris Daerah Batang Ari Yudianto menerima penghargaan ini dengan bangga dari Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Taman Syailendra Dieng, Senin (22/4/2024). Foto: MC Batang

News

Kabupaten Batang Raih Peringkat Tiga Hemat Energi di Jateng
Foto: Amiriyandi/InfoPublik

News

Jepang Beri Bantuan Jaringan Internet 100 Gbps untuk 83 Perguruan Tinggi di Indonesia