Home / Gayahidup

Rabu, 28 Februari 2024 - 08:27 WIB

Ini Lima Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. (Foto: iStock)

Ilustrasi minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. (Foto: iStock)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Minum air putih setelah bangun tidur ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Selain itu, otak manusia juga membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

Konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan responsivitas mental. Air putih membantu melunakkan makanan dalam saluran pencernaan dan memfasilitasi pergerakan usus yang lancar.

Berikut sejumlah manfaat dari kebiasaan minum air putih saat bangun tidur:

  1. Menghidrasi Tubuh
    Setelah berjam-jam tidak minum air selama tidur, tubuh kita kekurangan cairan. Meminum air putih saat bangun tidur membantu menghidrasi kembali tubuh, memulai metabolisme, dan membantu organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.
  2. Mencegah Kram Otot
    Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, terutama saat melakukan aktivitas fisik. Meminum air putih setelah bangun tidur membantu mencegah terjadinya kram otot dan menjaga kesehatan otot.
  3. Meningkatkan Konsentrasi
    Otak manusia sebagian besar terdiri dari air, sehingga kekurangan cairan dapat memengaruhi kinerjanya. Dengan meminum air putih setelah bangun tidur, kita dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus saat menjalani aktivitas sehari-hari.
  4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Meminum air putih saat perut masih kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu dalam proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi lebih efisien.
  5. Membantu Detoksifikasi
    Air putih membantu tubuh dalam proses detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya melalui urine dan keringat. Meminum air putih setelah bangun tidur membantu mempercepat proses ini.
Baca juga   Terus Berinovasi, Pasty Siap Ramaikan Destinasi Wisata Yogya Bagian Selatan

Nah, ada baiknya hal ini menjadi kebiasaan yang tak ada salahnya dilakukan setiap hari. Terlebih bagi mereka yang tak terbiasa minum air putih. (N1)

Share :

Baca Juga

Wuling Motors (Wuling) melanjutkan rangkaian peluncuran MPV terbarunya, New Cortez, Innovating Comfort Zone di Pollux Mall Paragon Semarang. (Foto: wuling.id)

Gayahidup

Wuling New Cortez Resmi Menyapa Masyarakat Semarang
Fesyen hijab koleksi House Of Mayya by Sumayya Alamudy. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Aira Fashion On The Spot, Hari Petama 12 Desainer Suguhkan Ragam Karya Terbaiknya
Kompetisi cupping kopi gratis di Sawangan Kabupaten Magelang untuk memilih cita rasa kopi terbaik. (Foto: humas/beritamagelang)

Gayahidup

Pecinta Kopi Gelar Kontes “Adu Rasa Kopi Sedulur Gunung”
Melalui produk SUV-nya, Wuling meraih kepopuleran di ranah digital Tanah Air. (Foto:nyatanya.com/wuling.id)

Gayahidup

Wuling Almaz Dianugerahi Indonesia Digital Popular Brand Award 2021
Yamaha Fazzio Hybrid - Connected NEO Cyan. (Foto:YIMM)

Gayahidup

Selisih Rp300 Ribu, Ini Perbedaan Dua Varian Yamaha Fazzio Hybrid
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peresmian penggunaan kendaraan listrik otonom oleh pengembang properti Sinar Mas Land bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation, pada Jumat (20/5/2022). Foto: Ist/InfoPublik.id

Gayahidup

Mobil Tanpa Awak Diluncurkan, Pemerintah Dorong Swasta Manfaatkan Kendaraan Otonom
Wuling telah memiliki standarisasi komponen utama khusus untuk platform GSEV yang terdiri dari desain sistem dan sel baterai, motor listrik, dan sistem control electronic. (Foto: wuling.id)

Gayahidup

GSEV, Platform Mobil Listrik Wuling yang Akan Dipasarkan di Indonesia
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan dari panitia penyelenggara Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2022, Kamis (20/01) di Gedhong Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gayahidup

Jogja Volkswagen Festival Digelar di Candi Prambanan 16-17 Juli 2022