Home / News

Minggu, 22 Mei 2022 - 22:02 WIB

Ini Profil Sumadi, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Gantikan Haryadi Suyuti

Sumadi, Penjabat Wali Kota Yogyakarta. Foto: Ist

Sumadi, Penjabat Wali Kota Yogyakarta. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi melantik Sumadi sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta menggantikan Haryadi Suyuti yang sudah habis masa jabatannya.

Sumadi, kelahiran Tanjungpinang Kepulauan Riau, 25 Maret 1963. Sebelum dilantik sebagai Pj Wakil Wali Kota Yogyakarta, Sumadi menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY.

Pria berstatus PNS ini menjalani pendidikan terakhir S2 Hukum di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan lulus pada 2010.

Sebelum menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY, Sumadi menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik.

Baca juga   Sowan Gubernur Ganjar, Apa yang Dibicarakan Gibran dan Bima Arya?

Sumadi yang tinggal di Pelemsewu, Kelurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul ini juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman.

Jabatan lain yang pernah diembannya adalah Inspektur Inspektorat DIY, Kepala Biro Hukum Setda DIY, Kabag Perundang-undangan Biro Hukum Setda DIY, Kabag Bantuan Hukum dan Layanan Hukum Biro Hukum Setda DIY dan lainnya.

Selain itu, Sumadi juga pernah menjabat sebagai pelaksan tugas (Plt) Inspektur Inspektorat Setda DIY, Plt Kepala Bidang Kebudayaan atau Kundha Kabudayan.

Dikutip dari berbagai sumber, riwayat pendidikan Sumadi SDN XV Tanjungpinang lulus tahun 1975, SMP II Tanjungpinang lulus tahun 1979, SMAN 2 Klaten lulus tahun 1962.

Baca juga   Momen Presiden Jokowi Sapa Masyarakat di Malioboro, Nikmati Pengamen Nyanyikan 'Ojo Dibandingke'

Sedangkan kuliah S1 di Fakultas Hukum UII Yogyakarta lulus tahun 1987 dan S2 Hukum di UII Yogyakarta lulus tahun 2010.

Sumadi sendiri mengatakan siap mengemban amanah dan melaksanakan beberapa arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Nanti kami akan berkoordinasi dengan pejabat yang ada di Kota Yogyakarta sembari sowan dengan wali dan wawali lama untuk menekankan apa selanjutnya prioritas yang perlu dilanjutkan,” jelas Sumadi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Undaan Tengah. (Foto: Diskominfo Kudus)

News

Kejar Herd Immunity, Kudus Targetkan Vaksinasi 50 Persen
Ilustrasi pergerakan kendaraan di jalan tol. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan ada kemungkinan waktu penerapan sistem satu arah (one way) di ruas jalan tol diperpanjang guna mencegah kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik mudik Lebaran 2022. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Arus Balik Melonjak, One Way Jalan Tol Diperpanjang
Foto: Istimewa/InfoPublik

News

Para Gubernur Berharap IKN Nusantara Beri Kesejahteraan Rakyat
Ilustrasi: nyatanya.com

News

97 Warga Salaman Sembuh Covid-19
Plt Deputi Klimatologi BMKG, Urip Haryoko mengatakan bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan dini adanya La Nina. (Foto: Tangkapan Layar/InfoPublik)

News

BMKG Keluarkan Peringatan Dini dan Dampak La Nina
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Sampai Hari ini Sudah 60.579 Pasien Covid-19 Sembuh di DIY
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada Kamis (13/1/2022) guna mengecek kesiapan organisasi dalam menghadapi MotoGP di Maret 2022. (Foto: Adit/InfoPublik)

News

Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Presiden Cek Tiga Hal ini
KPK menetapkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penerimaan calon mahasiswa baru pada Unila 2022. Foto: Ist

News

Rektor Unila Karomani Tersangka Suap Penerimaan Mahasiswa Baru