Home / Peristiwa

Sabtu, 20 November 2021 - 09:50 WIB

Inovasi Bumbung Bawa Pasar Brumbung Raih Penghargaan

Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan. (Foto: MC Kab Rembang)

Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan. (Foto: MC Kab Rembang)

NYATANYA.COM, Rembang – Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan.

Sebab, meletakkan uang pembayaran di bumbung, dapat meminimalkan kontak pembeli dan penjual, untuk mencegah penularan Covid-19.

Penggagas sekaligus pengelola Pasar Brumbung Sarjani mengaku senang, dari 100 kompetitor, Pasar Brumbung menjadi tiga terbaik. Selain kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, pihaknya memiliki inovasi uang koin kayu dan bumbung, yang ternyata menjadi perhatian lebih dewan juri.

Baca juga   Perajin Tempe dan Tahu di Demak Keluhkan Kenaikan Harga Kedelai

“Jadi pembeli meletakkan uangnya di bumbung itu, tidak langsung kontak dengan pedagang. Bumbungnya di samping lapak masing-masing,” jelas Sarjani, saat dihubungi, Kamis (18/11/2021).

Selain itu, lanjutnya, di Pasar brumbung juga dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan model injak kaki, dan menggunakan alat pengukur suhu model tembak atau termometer digital.

Sepanjang buka, pengelola juga sering mengingatkan para pengunjung dan pedagang agar disiplin prokes.

Dihubungi terpisah, Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Al Furqon menceritakan, keikutsertaan Pasar Brumbung dalam lomba mengampanyekan protokol kesehatan sentra makanan dan jajanan, serta memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Baca juga   Tingkatkan Layanan Hukum, Pemkot Jalin Kerjasama dengan LBH se Kota Yogya

Setelah adanya pengumuman tersebut, pihaknya kemudian menginventarisasi sentra jajanan yang ada, dan yang siap pada waktu itu Pasar Brumbung.

“Pertama, kita kirim profil Pasar Brumbung, dari 100 lebih peserta. Setelah diverifikasi, tim penilai melihat langsung ke Pasar Brumbung. Dan Alhamdulillah, dapat hasil baik tanggal 17 November 2021 kemarin,” jelasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Tim Layanan Aktif Baznas (LAB) Kota Yogya memberikan Santunan kepada korban klithih (Hanung Aryo Damar) berupa uang tunai pengobatan sejumlah Rp1.000.000. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Kota Yogya Beri Santunan Kepada Korban Klithih
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Desa Watu Agung, Tuntang, Jumat (19/11/2021). (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Koordinasi Seluruh Lini Diperkuat
Bidan Sri Susilowati sedang memeriksa dan memberikan bantuan terhadap pasien Covid-19 tanpa gejala yang lakukan isoman di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bidan Desa Door to Door Pantau Pasien Covid-19
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau salah satu titik banjir di Jalan Arteri Yos Sudarso, di atas jalan Ronggowarsito Semarang. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Cek Banjir Rob di Semarang, Ganjar Minta Pemda Siapkan Posko Darurat Lengkap
BNNP Jatim berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja sebanyak belasan kilogram, pada Mei 2022 ini BNNP Jatim menyita barang bukti sebanyak 16.963 gram atau 16,9 kilogram. (Foto:MC Diskominfo Prov Jatim/non-sug)

Peristiwa

BNNP Jatim Gagalkan Peredaran 16,963 Gram Ganja, Tiga Tersangka Diamakan
Ganjar Pranowo menunjukkan tangan kanannya yang masih dibungkus perban. Meski sudah masuk kerja, Ganjar mengakui tangannya belum bisa bergerak secara normal. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Dirawat Sehari Usai Kecelakaan Saat Gowes, Ganjar Pranowo Kembali Kerja dengan Tangan Diperban
Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

Peristiwa

Dua Haji asal Sragen Debarkasi Solo Ditinggal di Medan, Ini Alasannya
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (30/11/2021). (Foto: BPMI Sekretariat Presiden)

Peristiwa

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng dan Tugu di Jawa Timur