Home / Olga

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 17:34 WIB

Jabar Sabet Medali Emas Pertama dari Cabor Wushu

Zoura Nebulani dan tim Wushu Jawa Barat. (Foto:MC Merauke)

Zoura Nebulani dan tim Wushu Jawa Barat. (Foto:MC Merauke)

NYATANYA.COM, Merauke – Kontingen Jawa Barat berhasil meraih emas pertama dari cabang olahraga Wushu PON XX Papua tahun 2021 yang dipertandingkan di Klaster Merauke.

Emas pertama tersebut dipersembahkan atlet Wushu Taolu, Zoura Nebulani yang tampil pada kategori pedang tombak panjang dan pendek putri.

Zoura Nebulani saat ini baru berumur kurang lebih 17 tahun. Selain mendapatkan medali emas, Zoura Nebulani juga menperoleh 1 medali perak.

“Saya senang sekali karena bisa mendapatkan emas pertama Whusu di PON XX Papua,” kata Zoura Nebulani kepada wartawan di LP RRI Merauke, Sabtu (2/10/2021).

Zoura Nebulani mengaku tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk mendapatkan medali. Yang ia pikirkan hanya bagaimana memberikan yang terbaik dan permainan terbaik.

“Aku sih bagaimana memberikan yang terbaik dan permainan terbaik,” ungkapnya.

Baca juga   Sri Mayasari Pecahkan Rekor Bertahan 37 Tahun Emma Tahapary

Selama ini, Zoura Nebulani dilatih oleh ayahnya sendiri Gorane Bulana. Bahkan, sejak umur 3 tahun dirinya sudah diperkenalkan dengan olahraga Wushu. Hingga dirinya dipersiapkan untuk tampil pada ajang PON XX Papua sejak 2 tahun lalu.

Namun karena pandemi, sehingga baru dilaksanakan di tahun 2021.”Kalau lawan terberat bagi saya, adalah melawan diri sendiri,” terangnya.

Setelah meraih medali emas di PON XX, Zoura mengaku punya target untuk bisa tampil pada SEA Games.

Ia pun memberi pesan kepada seluruh putra-putri Indonesia khususnya di Papua dan Merauke bahwa tidak ada yang mustahil bisa diraih asalkan mau bekerja keras disertai doa pasti bisa terkabul.

Gorane Bulana, ayah dari Zoura Nebulani menjelaskan bahwa dirinya merupakan kelahiran Timika Papua. Sampai 13 tahun, kemudian pindah ke Jawa Barat. Selama ini, jelas dia, selalu punya keinginan untuk kembali ke Papua dan dapat berkontribusi sedikit banyak untuk Papua.

Baca juga   Para Atlet Terjun Payung Pecahkan Rekor di PON Papua

“Mungkin mulai inspirasi dari anak saya mudah-mudahan lebih memperkenalkan olahraga Wushu ini untuk teman-teman di Papua ini,” terangnya.

Ketua Korwil Kontingen Jawa Barat PON XX Papua untuk Klaster Merauke Brigjen TNI (Purn) Yudi Zanibar mengaku pihaknya tak membayangkan Zoura akan mendapatkan medali emas.

Pertama, karena usianya yang masih sangat muda, 17 tahun, juga karena lawannya dari Jatim dan DKI dari pelatnas. “Tapi Zoura dapat emas dan perak,” jelasnya bangga.

Yudi menambahkan bahwa selain 1 medali emas dan perak yang diraih tersebut, 2 atlet Wushu dari kategori Sanda masuk ke babak final yang akan dipertandingkan Minggu (3/10/2021) besok. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold R. Ubra. (Foto: Jimmy/MC Kominfo PON Papua Klaster Mimika)

Olga

Satu Atlet PON Papua Klater Mimika Positif Covid-19
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 rencanannya akan bergulir kembali 20 Agutus mendatang. (Foto:dokumentasi kemenpora.go.id)

Olga

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Digelar 20 Agustus 2021
Atlet 110 Meter Gawang Putra 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) asal Sumatera Selatan berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 14.11 mengungguli Hirzan Rahmadon (14.33) diposisi 2. 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) berhasil meraih medali emas di lari 110 meter gawang putra. Timika. (Foto: Humas PPM/ Fernando Rahawarin)

Olga

Rio Maholtra Pecahkan Rekor Lari Gawang 110 Meter
(Foto: ANTARA)

Olga

Para Atlet Terjun Payung Pecahkan Rekor di PON Papua
Tim Sepak Taraw Putri membawa pulang medali emas usai menang di laga final melawan Jawa Barat. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Tim Sepak Takraw Putri Jateng Raih Medali Emas PON XX

Olga

Sabtu 2 Oktober 2021, Klaster Mimika Tetap Gelar Pertandingan
Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meluapkan kegembiraanya usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota pada babak final tinju kelas berat ringan 75-81 kilogram putra PON Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meraih medali emas usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj)

Olga

Jabar Semakin Kokoh di Urutan Pertama Klasemen Medali PON Papua
Ganjar Pranowo melepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020 secara daring. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar Lepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020