Home / News

Senin, 5 September 2022 - 22:01 WIB

Jadi Satu Arah, Jalan Gambiran Tidak Boleh untuk Parkir On Street

Sejak 30 Agustus 2022, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memberlakukan arus lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran. Mulai dari simpang SPBU Gambiran sampai ujung tembus di simpang tiga Jalan Pramuka. Foto: Humas Pemkot Yogya

Sejak 30 Agustus 2022, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memberlakukan arus lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran. Mulai dari simpang SPBU Gambiran sampai ujung tembus di simpang tiga Jalan Pramuka. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mendorong parkir kendaraan di Jalan Gambiran berada di persil atau lahan warga.

Mengingat kondisi lebar Jalan Gambiran sempit, sehingga tidak memungkinkan untuk menata parkir tepi jalan umum.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz mengatakan tidak akan menerapkan penataan parkir satu sisi di Jalan Gambiran, walaupun lalu lintas sudah dibuat satu arah.

Itu karena kondisi lebar Jalan Gambiran sempit, sehingga tidak memungkinkan untuk parkir tepi jalan umum atau badan jalan (on street). Untuk itu parkir kendaraan diarahkan di luar badan jalan atau off street pada persil lahan warga.

“Saat sosialisasi dengan warga itu, parkir ada di persil. Kita dorong tidak parkir di on street tapi off street di persil,” kata Aziz dalam keterangan resminya dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya, Senin (5/9/2022).

Baca juga   ASN Pemkot Yogya Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Lewat Posbindu

Menurutnya ada beberapa persil atau lahan warga kosong di sepanjang Jalan Gambiran yang dapat digunakan untuk parkir kendaraan. Terutama para pelaku usaha diharapkan bisa menyediakan lahan parkir yang memadai. Dicontohkan lahan persil di depan produsen bakpia di Gambiran pada sisi barat jalan digunakan untuk parkir,

“Karena lebar Jalan Gambiran sempit tidak memungkinkan untuk penyediaan parkir kendaraan on street atau badan jalan” ujarnya.

Aziz menyebut selama ini tidak ada izin untuk parkir di Jalan Gambiran. Dari awal sebelum penerapan satu arah, Dinas Perhubungan tidak pernah mengizinkan parkir tepi jalan umum di Jalan Gambiran.

Begitu pula saat manajemen rekayasa lalu lintas satu arah berlaku, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga tidak akan mengeluarkan izin parkir tepi jalan umum di Jalan Gambiran.

“Kita tidak pernah mengizinkan dan tidak akan mengeluarkan izin parkir tepi jalan di Jalan Gambiran,” tegas Aziz.

Baca juga   Minta BNPB Berbenah, Ini 5 Arahan Presiden Jokowi pada Rakornas PB 2022

Dari pantauan di lapangan selama ini, terkadang sebagian kendaraan parkir hingga tepi jalan di Gambiran. Misalnya saat ada truk-truk yang keluar masuk gudang usaha material dan aktivitas kendaraan para pembeli warung makan di Jalan Gambiran.

Sejak 30 Agustus 2022, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memberlakukan arus lalu lintas satu arah ke selatan di Jalan Gambiran. Mulai dari simpang SPBU Gambiran sampai ujung tembus di simpang tiga Jalan Pramuka.

Pemberlakuan lalu lintas itu untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menghilangkan potensi rawan kecelakaan dari pertemuan atau persilangan kendaraan di ujung selatan Jalan Gambiran dan Jalan Pramuka.

“Tujuan dari manajemen lalu lintas adalah kelancaran. Kalau diatur parkir dan ada izin parkir on street, nanti jadi percuma penerapan satu arah. Prinsip tidak ada parkir yang di badan jalan,” pungkasnya.

(Tri/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Jangan Khawatir tak Punya Ruang Isoman, Pemerintah Siapkan Isoter bagi OTG
Ilustrasi, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di Temanggung disambut baik para orang tua dan pihak sekolah. Sejak dimulai vaksinasi pada tanggal 14 Desember 2021 , tidak ada pihak orang tua, maupun guru yang melakukan penolakan. (Foto: MC.Temanggung)

News

Komnas KIPI: Belum Ada Bukti Vaksinasi Covid-19 Sebabkan 2 Anak Meninggal
Foto: BMKG

News

Guncangan Gempa (M)6,7 Dirasakan Kuat Warga Kabupaten Nias Selatan
Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Fauzin. Foto: Humas Kemenag

News

Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci Bertambah Dua, Menjadi 14 Orang
Vaksin AstraZeneca tahap ke-113 diangkut menggunakan maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ950. Vaksin tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (4/11/2021) pukul 07.21 WIB. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

News

Diangkut Singapore Airlines, 680.100 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Bandara Soetta
Penetapan skenario manajemen rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada masa mudik Lebaran 2022 menjadi agenda utama pembahasan dalam rapat koordinasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korlantas Polri pada Minggu (10/4/2022). Foto: Kemenhub

News

Idulfitri 2022, Pemerintah Siapkan Skenario Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Mudik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

News

Ekonomi Indonesia 2022 Diperkirakan Tumbuh 5,2 Persen, Begini Penjelasan Menko Airlangga
Sekjen Partai Berkarya Fauzan Rachmansyah. (Foto: Zainuri Arifin)

News

Tak Lolos Pemilu 2024, Sekjen Berkarya Tegaskan Tetap Berkontribusi Terbaik Bagi Rakyat