Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 19:37 WIB

Jaga Kemurnian Tembakau Asli Temanggung untuk Dongkrak Harga Jual

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021). (Foto:MC.TMG)

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021). (Foto:MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengimbau kepada para petani untuk tidak mencampur tembakau asli Temanggung dengan tembakau dari luar daerah. Karena tembakau asli Temanggung terkenal dengan kualitas terbaiknya.

Dengan mempertahankan tembakau asli Temanggung, kualitas tembakau akan jauh lebih baik dari tembakau yang dicampur dengan tembakau daerah lainnya.

“Pihak pabrikan juga mau membeli tembakau dengan harga yang cukup mahal sesuai dengan kualitasnya,” kata Bupati, usai meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021).

Bupati mengatakan, dari pembayaran yang dilakukan petani kali ini adalah periode akhir dari panen raya Tahun 2021 dan harga jual tembakau asli Temanggung sangat bagus.

Baca juga   Polda Sumut Gagalkan Peredaran Ganja 200 Kg, Pelaku Dijanjikan Upah Rp20 Juta

Terbukti yang grade C diharga Rp60.000 – Rp65.000 per kilogram, grade D Rp75.000-Rp80.000, bahkan sampai grade G dan H ada harga yang mencapai Rp850.000.

“Harga tahun ini jauh lebih baik dari harga tembakau di Tahun 2020 lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu petani Jenggo (48) mengatakan tembakau miliknya dengan kualitas Srintil terbaik dibeli dengan harga Rp850.000 per kilogram.

Dari sejumlah tembakau yang dikelolanya, hanya ada satu keranjang saja yang menjadi tembakau srintil.

Baca juga   12 Tim Ikuti Liga Santri 2022 yang Digelar Askab PSSI Temanggung

“Tembakaunya asli tidak ada campuran, petani di daerah kami memang sudah komitmen untuk tidak mencampur tembakau dari daerah lain,” katanya.

Ia mengatakan, tahun ini adalah musim kemarau basah, namun untuk kualitas tembakau justru lebih baik dari tahun kemarin, yakni dengan menanam varietas tembakau Kemloko, termasuk perawatan dan pengolahan dilakukan dengan cara terbaik.

“Dari dulu kami memang sudah berusaha mempertahankan kualitas, jadi kami bisa menawar harga ke pabrikan, karena tembakau yang kami jual adalah tembakau asli Temanggung,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menandatangani pemberian nama anak gajah Domang yang lahir yang lahir pada Kamis (2/12/2021) di Camp Elephants Dlying Squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo. (Foto:MC Riau)

Peristiwa

Menteri LHK Beri Nama Anak Gajah yang Lahir di Ukui Pelalawan, Domang
Rangkaian acara penyerahan SK kepada empat Guru Besar di UMY. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Guru Besar Diharapkan Jadi ‘Good Professor’
Bank Jogja juga menjadi BPR pertama di Indonesia yang diberikan izin menyelenggarakan layanan ATM tanpa kartu. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pertama di Indonesia, Bank Jogja Menjadi BPR yang Miliki ATM Mobile Banking
Kedua tersangka begal HP ditangkap. Foto: Polres Bengkulu Selatan/Tribratanews

Peristiwa

Begal HP di Taman Merdeka Bengkulu Selatan Diringkus Setelah 3 Bulan Kabur, Dua Rekannya Masih Buron
BPBD Kabupaten Bungo Provinsi Jambi menyalurkan bantuan logistik dasar kepada warga terdampak banjir. (Foto: BPBD Kab Bungo)

Peristiwa

BPBD Salurkan Bantuan Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Bungo
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga meraih predikat TOP Pembina BUMD 2021, sementara Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi meraih predikat TOP CEO BUMD 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PD BPR Bank Jogja Raih TOP BUMD Awards 2021
Guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keselamatan lalu lintas, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Kurangi Angka Kecelakaan di Yogya, Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Sasar Warga Kelurahan
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat membuka Rakerda Pewarna Indonesia Pengda DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wawali Heroe Poerwadi Buka Rakerda Pewarna Indonesia Pengda DIY