Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 19:37 WIB

Jaga Kemurnian Tembakau Asli Temanggung untuk Dongkrak Harga Jual

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021). (Foto:MC.TMG)

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021). (Foto:MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengimbau kepada para petani untuk tidak mencampur tembakau asli Temanggung dengan tembakau dari luar daerah. Karena tembakau asli Temanggung terkenal dengan kualitas terbaiknya.

Dengan mempertahankan tembakau asli Temanggung, kualitas tembakau akan jauh lebih baik dari tembakau yang dicampur dengan tembakau daerah lainnya.

“Pihak pabrikan juga mau membeli tembakau dengan harga yang cukup mahal sesuai dengan kualitasnya,” kata Bupati, usai meninjau di salah satu pedagang tembakau di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Senin (22/11/2021).

Bupati mengatakan, dari pembayaran yang dilakukan petani kali ini adalah periode akhir dari panen raya Tahun 2021 dan harga jual tembakau asli Temanggung sangat bagus.

Baca juga   JK Lantik Pengurus PMI DIY 2021-2026

Terbukti yang grade C diharga Rp60.000 – Rp65.000 per kilogram, grade D Rp75.000-Rp80.000, bahkan sampai grade G dan H ada harga yang mencapai Rp850.000.

“Harga tahun ini jauh lebih baik dari harga tembakau di Tahun 2020 lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu petani Jenggo (48) mengatakan tembakau miliknya dengan kualitas Srintil terbaik dibeli dengan harga Rp850.000 per kilogram.

Dari sejumlah tembakau yang dikelolanya, hanya ada satu keranjang saja yang menjadi tembakau srintil.

Baca juga   Permadani Temanggung Gelar Wisudha Purna Wiyata Bergada XX

“Tembakaunya asli tidak ada campuran, petani di daerah kami memang sudah komitmen untuk tidak mencampur tembakau dari daerah lain,” katanya.

Ia mengatakan, tahun ini adalah musim kemarau basah, namun untuk kualitas tembakau justru lebih baik dari tahun kemarin, yakni dengan menanam varietas tembakau Kemloko, termasuk perawatan dan pengolahan dilakukan dengan cara terbaik.

“Dari dulu kami memang sudah berusaha mempertahankan kualitas, jadi kami bisa menawar harga ke pabrikan, karena tembakau yang kami jual adalah tembakau asli Temanggung,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Foto: InfoPublik)

Peristiwa

BRIN Berencana akan Membentuk Kebun Raya Lebih Banyak Lagi
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menghadiri Musyawarah Besar Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) ke-34 di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022). (Foto: PPID DKI Jakarta)

Peristiwa

Mubes ke-34 Gereja Pantekosta di Indonesia, Gubernur DKI Tekankan Pentingnya Persatuan
Bupati Demak Eisti’anah menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada korban angin puting beliung yang melanda wilayahnya. (Foto: Diskominfo Demak)

Peristiwa

Bupati Demak Serahkan Bantuan kepada Korban Angin Puting Beliung
FRI Tahun 2022 digelar 29-30 Oktober 2022 di Universitas Airlangga Surabaya. Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Peristiwa

Gubernur Khofifah Berharap Forum Rektor Indonesia Rumuskan Rekomendasi Strategis Hadapi Ancaman Krisis Dunia
Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta, sejumlah kelurahan mulai mengaktifkan kembali shelter di wilayah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kelurahan Aktifkan Shelter Wilayah
Longsor di Jalan Tol Pandaan. (Foto: screenshot grup WhatsApp/selalu.id)

Peristiwa

Tebing Tol Pandaan Longsor, Arus Lalu Lintas Ditutup Dua Arah
Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19
Memasuki akhir tahun 2021, perekonomian nasional dan global mulai menunjukkan recovery. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, pemulihan ekonomi tersebut berdampak positif ke Industri Keuangan Non Bank (IKNB). (Foto: ANTARA)

Peristiwa

OJK Segera Rilis Kebijakan “Countercyclical” Khusus Industri Keuangan Non Bank