Home / Militer

Senin, 30 Januari 2023 - 23:24 WIB

Jaga Kesehatan Jantung, Korem 072/Pamungkas Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Elektrokardiogram

Guna menjaga kesehatan jantung bagi Prajurit dan PNS, Korem 072/Pamungkas menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG). Foto: Penrem072PMK

Guna menjaga kesehatan jantung bagi Prajurit dan PNS, Korem 072/Pamungkas menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG). Foto: Penrem072PMK

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Guna menjaga kesehatan jantung bagi Prajurit dan PNS, Korem 072/Pamungkas menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) dari Denkesyah 04.04.02 Yka.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Makorem 072/Pamungkas ini digelar di Aula Soegiono, Makorem 072/Pamungkas, Senin (30/1/2023).

Kasipers Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto, S.Pd. mewakili Danrem 072/Pamungkas dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan merupakan salah satu kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman tentang pengetahuan kesehatan yang diperlukan untuk mencapai hidup sehat, baik secara individu maupun kelompok.

“Dengan diadakannya penyuluhan kesehatan dari Denkesyah 04.04.02 Yka, diharapkan Prajurit dan PNS Korem 072/Pamungkas dapat menyadari tentang pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat, sehingga kesehatan tetap terjaga dan dapat melaksanakan tugas dengan baik demi tercapainya tugas pokok satuan,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasipers Kasrem 072/Pamungkas menyampaikan, selain melaksanakan penyuluhan kesehatan, Korem 072/Pamungkas juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan berupa Elektrokardiogram (EKG).

Baca juga   96 'Gento Terhormat' Ikuti Babak Semifinal Jogja Gelut Day #1

Pemeriksaan kesehatan secara rutin bertujuan untuk mengetahui kesehatan fisik secara umum baik dari luar maupun dalam.

Secara khusus pemeriksaan EKG bertujuan untuk mengetahui secara dini adanya kelainan-kelainan pada jantung seperti gangguan irama jantung, gangguan otot pada jantung ataupun adanya pembesaran pada jantung serta kelainan jantung lainnya.

Pemeriksaan EKG ditujukan kepada Prajurit dan PNS Korem 072/Pamungkas yang berusia lebih dari 40 tahun, diharapkan kepada seluruh peserta untuk melaksanakan dengan sungguh-sungguh setiap materi yang diberikan supaya dapat mengerti dan paham sehingga apabila terdapat gangguan kesehatan bisa diketahui secara dini.

“Mengingat pentingnya kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini, catat hal-hal yang penting dan tanyakan apabila ada yang kurang jelas karena pengetahuan kesehatan sangat penting bagi seluruh Prajurit dan PNS Korem 072/Pamungkas,” pungkasnya.

Baca juga   Minggu Damai, Satgas Yonif 512/QY Berikan Pengobatan Kepada Masyarakat di Perbatasan

Dandenkesyah 04.04.02 Yka Letkol Ckm Dr. Moh. Andi Fatkhurohman Sp. THT-KL MARS menyampaikan bahwa Denkesyah Yka telah berinovasi membuat SIM Aplikasi Data Penyakit Kronis guna mendeteksi dan memantau bagi anggota yang punya penyakit kronis.

“Agar memudahkan tugas dalam memantau dan mengikuti pengobatan bagi anggota yang sakit kronis, kami membuat SIM aplikasi,” terangnya.

Selanjutnya dari data SIM aplikasi tersebut Denkesyah dan FKTP akan memverifikasi kondisi anggota yang sakit kronis dan membantu upaya pengobatannya.

“Dari sistem data penyakit kronis tersebut kita dapat memantau dan mengevaluasi anggota yang sakit kronis tentang perkembangan penyakitnya setiap saat,” tegasnya.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) dari Denkesyah 04.04.02 Yka di Makorem 072/Pamungkas diawali dengan penyuluhan tentang kesehatan jantung dan dilanjutkan dengan pemeriksaan secara bertahap setiap harinya 20 orang. (N1)

Share :

Baca Juga

Satgas Yonif 126/KC Pos Kalipay melaksanakan pengasapan (fogging) di Kampung Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom. Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Militer

Cegah Malaria, Satgas Yonif 126/KC Gencar Lakukan Pengasapan di Perbatasan
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Kapal Negara Bakamla RI KN Pulau Marore-322 Turut Amankan Kapal yang Terbakar di Selat Bali
Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M melepas keberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Provinsi Papua dan Papua Barat, Jumat (31/3/2023). Foto: Puspen TNI

Militer

Panglima TNI Lepas Keberangkatan Yonif 721/Makassau dan Yonif 623/Bhakti Wira Utama Laksanakan Tugas Operasi Pamtas RI-PNG
Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ membagikan peralatan sekolah berupa tas dan buku sekolah secara gratis kepada anak-anak Sekolah Dasar Negeri 1 Timur Gari untuk meningkatkan minat belajar di Desa Tina, Distrik Igari, Kabopaten Tolikara, Papua, Kamis (28/7/2022). Foto: Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Tingkatkan Minat Belajar Anak di Tolikara, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bagikan Peralatan Sekolah
Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 1 Marinir meningkatkan kemampuan bertempur dengan melaksanakan latihan menembak senjata laras panjang. Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Militer

Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 1 Marinir Latihan Menembak
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ melalui Pos Kelila bersama masyarakat melaksanakan bakti membersihkan jalan yang merupakan akses utama menuju gereja di Distrik Kelila, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, Rabu (20/7/2022). Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Wujudkan Lingkungan Bersih, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Gelar Kerja Bakti Bersama Warga
Prajurit bersama warga gotong royong menebang pohon. (Foto: Pendim 0732/Sleman)

Militer

Dinilai Membahayakan, Pohon Rapuh Ditebang Satgas TMMD Kodim Sleman
Tank Leopard jadi kebanggaan Indonesia. Foto : nyatanya.com/istimewa

Alutsista

Tank Leopard Mesin Perang Penjaga NKRI