Home / News

Sabtu, 2 April 2022 - 17:50 WIB

Jaga Kestabilan Harga Bahan Pangan di Bulan Ramadan, Pemkot Yogya Siapkan Operasi Pasar

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi didampingi Asisten Perekonomian Kadri Renggono dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono melakukan pemantauan ketersediaan stok serta harga bahan pangan, daging dan minyak goreng di sejumlah lokasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi didampingi Asisten Perekonomian Kadri Renggono dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono melakukan pemantauan ketersediaan stok serta harga bahan pangan, daging dan minyak goreng di sejumlah lokasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi didampingi Asisten Perekonomian Kadri Renggono dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono melakukan pemantauan ketersediaan stok serta harga bahan pangan, daging dan minyak goreng di sejumlah lokasi.

Pantauan dilaksanakan di Pasar Beringharjo dan salah satu distributor minyak goreng di wilayah Jalan Bantul Yogyakarta, Jumat (1/4/2022) pagi.

Dari hasil pantauan terdapat persoalan terkait kenaikan harga daging namun untuk stok mencukupi terutama daging sapi dan ayam. Selama bulan Ramadan, Pemkot Yogyakarta akan kembali melakukan operasi pasar.

“Kita meninjau pasar dan distributor minyak goreng, memang ada persoalan yang kita temukan. Pertama, di Pasar Beringharjo kita temukan harga daging sapi dan harga daging ayam mengalami peningkatan. Kalau saya tanya, sebenarnya stoknya ada. Cuma kenapa kok harganya naik. Itu sama, baik daging sapi maupun ayam,” ujar Heroe.

Baca juga   Catatan dari Penyelenggaraan PSU Kuala Lumpur, Pemilih Minim Informasi

Wakil Walikota menambahkan akan memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan untuk mengundang pihak terkait terutama distributor daging guna mencari tahu penyebab kenaikan harga ini. Diharapkan ada kesepakatan bersama untuk memberikan harga normal dan wajar kepada konsumen.

“Harapan kami memang kemudian ada kesepakatan bersama bahwa kita harus memberikan harga yang normal dan wajar. Jangan sampai di masa-masa sekarang ini harga daging naik,” tambahnya.

Dijelaskan, harga daging ayam saat ini mengalami kenaikan dari Rp35 ribu per Kg menjadi Rp38 ribu per kilogram. Demikian juga harga daging sapi mengalami kenaikan dari sebelumnya bertahan di Rp125 ribu per Kg.

Wakil Walikota menambahkan pihaknya akan mencari tahu dari distributor terlebih dahulu penyebab terjadi kenaikan harga daging.

“Karena dilihat dari jumlah barangnya (daging), barangnya ada semua. Cuma harganya naik. (Pedagang) yang di pasar juga merasa kebingunan karena mereka tidak kesulitan mencari barang kok harganya terus naik. Maka perlu adanya tindakan untuk menstabilkan harga,” imbuh Heroe.

Baca juga   Presiden: Pembangunan IKN Melanjutkan Gagasan para Presiden Sebelumnya

Untuk minyak goreng, Wakil Walikota menjelaskan bahwa terdapat dua distributor minyak goreng di Kota Yogyakarta yakni di Jalan Bantul dan Kotagede.

Sejak Januari 2022 Kota Yogyakarta hanya mendapat alokasi distribusi minyak goreng sebesar 50 persen dari kapasitas yang biasanya. Dari 50 persen ini menurutnya, sebanyak 10 persen dialokasiakan untuk kepentingan masyarakat, 30 persen untuk pengecer dan 10 untuk UMKM.

Wakil Walikota menambahkan akan mengadakan operasi pasar minimal dua kali selama bulan Ramadan ini.

“Ketika stock datang maka akan dilakukan operasi pasar. Minimal dua kali selama bulan Ramadan,” tambah Heroe.

(N1)

Share :

Baca Juga

Penampakan Gunung Merapi pagi tadi pukul 06:46 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

BPPTKG Ubah Rekomendasi Daerah Bahaya Erupsi Gunung Merapi
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Respons Kenaikan Covid-19, Menkominfo Perintahkan Pembatasan Kerja di Kantor
Masyarakat bisa melaporkan kerusakan jalan dan jembatan melalui aplikasi Jalan Cantik. Penanganan akan dilakukan setidaknya kurang dari 24 jam. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jalan Rusak? Laporkan Aja Pakai Aplikasi Jalan Cantik, Ditangani Kurang dari 24 Jam
Perayaan Paskah yang diselenggarakan Pemkot Yogya diikuti seluruh umat Kristiani dari perwakilan OPD. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Gelar Perayaan Paskah Secara Daring
Presiden Joko Widodo ketika memberikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-4 ASEAN-Rusia. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

News

Cegah Perebutan Pengaruh di Kawasan Indo-Pasifik, Jokowi Dorong Kemitraan ASEAN-Rusia
Ribuan pelajar di Kabupaten Magelang disasar vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN
(Foto:ANTARA)

News

Pemerintah Segera Lunasi Klaim Perawatan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit
Ilustrasi: nyatanya.com

News

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY