Home / Buku

Jumat, 13 Agustus 2021 - 14:15 WIB

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten

Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Klaten – Masa pandemi dan banyak stay at home alias di rumah saja, tidak harus menghalangi kita untuk meminjam dan membaca buku-buku pustaka favorit. Kini Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten hadir meluncurkan program service excellent bertajuk layanan Jambu Carlin.

Dengan Jambu Carlin (Pinjam Buku Cara On line) masyarakat untuk pinjam buku tidak harus datang ke perpustakaan, cukup cari nomor WhatsApp petugas, pilih buku yang diminati langsung klik. Besok buku sudah dikirim petugas dan gratis.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten Syahruna mengatakan kalau masa pandemi ini tingkat kunjungan ke perpustakaan Klaten menurun. Jadi butuh terobosan agar layanan pustaka tetap berjalan.

Baca juga   Jaga Imunitas, Klaten Targetkan 20.000 Vaksinasi Tiap Hari

“Beberapa waktu lalu layanan pustaka Klaten sempat ditutup karena pandemi. Praktis layanan berhenti dan hanya kegiatan penataan. Tapi kondisi ini memaksa teman-teman pustakawan untuk membuat terobosan agar layanan pinjam buku tetap berjalan dan masyarakat mau membaca” terang Syahruna dalamketerangan resminya.

Ditambahkan kalau layanan Jambu Carlin ini berbasis WhatsApp. Aplikasi yang semua orang sudah familiar, sehingga dipilih sebagai basis layanan.

“Warga yang butuh buku cukup wa saja. Nomor nya adalah 0895-6163-33330. Tapi terlebih dulu sudah dipastikan buku yang dimaksud ada di koleksi kami. Untuk itu peminjam lihat dulu koleksi bukunya website arpus.klatenkab.go.id dan pilih menu OPAC. Tuliskan nama peminjam, judul buku dan pengarang, cantumkan barcode dan memastikan ketersediaan buku” tambahnya.

Baca juga   Kunjungi Klaten, Panglima TNI dan Kapolri Minta 3T Diperketat

Terkait koleksi dan biaya layanan Jambu Carlin, Syahruna menjelaskan bahwa program ini tidak dipungut biaya. Jumlah koleksinya pun beragam.

“Kami mengoleksi 38 ribu judul buku dan 50 ribuan buku baik untuk anak, pelajar, mahasiswa maupun umum. Peminjaman buku secara on line ini gratis. Insyaallah buku kami kirim sebelum 24 jam di hari dan jam kerja. Sabtu dan Minggu kami tutup,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Buku Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan penulis Ir. Anizar, M.Kes. (Foto:dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Angka Kecelakaan Kerja Masih Tinggi
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara
Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Buku Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa Masih Banyak Kendala
Nyoman Wijana dan buku Pencemaran, Pemulihan, dan Kualitas Lingkungan Hidup. (Foto: dokumentasi Plantaxia)

Buku

Banjir Besar Melanda Dunia
Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi perpustakaan daerah di Desa Tumpangkrasak dan Loram Wetan. (Foto: Diskominfo Kudus)

Buku

Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat
Desy Nur Aini Fajri dan buku Hubungan Kerjasama Indonesia dan Jepang yang ditulis bersama mahasiswanya. (Foto: dokumentasi graha ilmu)

Buku

RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta