Home / Peristiwa

Rabu, 11 Mei 2022 - 18:02 WIB

Jampidum Setujui Dua Perkara Dihentikan Lewat Restorative Justice, Ini Alasannya

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana kembali menyetujui dua permohonan penghentian penuntutan perkara berdasarkan keadilan restoratif. (Foto: dok. Puspenkum)

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana kembali menyetujui dua permohonan penghentian penuntutan perkara berdasarkan keadilan restoratif. (Foto: dok. Puspenkum)

NYATANYA.COM, Jakarta – Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana kembali menyetujui dua permohonan penghentian penuntutan perkara berdasarkan keadilan restoratif (Restorative Justice).

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana menyatakan, ekspose dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh JAM Pidum Fadil Zumhana, Direktur Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda Agnes Triani, Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum, Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung dan Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan yang mengajukan permohonan restorative justice, serta Kasubdit dan Kasi Wilayah di Direktorat T.P. Oharda.

“Adapun dua berkas perkara yang dihentikan penuntutannya berdasarkan keadilan restoratif,” kata Sumedana dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Rabu (11/5/2022).

Alasan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif ini diberikan antara lain, para tersangka baru pertama kali melakukan perbuatan pidana/belum pernah dihukum.

Baca juga   Foto: Operasi Patuh Agung 2022 di Bali

Ancaman pidana denda atau penjara tidak lebih dari lima tahun. Kemudian telah dilaksanakan proses perdamaian dimana tersangka telah meminta maaf dan korban sudah memberikan permohonan maaf.

Tersangka juga telah berjanji tidak akan lagi mengulangi perbuatannya. Proses perdamaian pun dilakukan secara sukarela, dengan musyawarah untuk mufakat, tanpa tekanan, paksaan dan intimidasi.

Selanjutnya, tersangka dan korban setuju untuk tidak melanjutkan permasalahan ke persidangan karena tidak akan membawa manfaat yang lebih besar. Termasuk pertimbangan sosiologis, dan masyarakat merespon positif.

Dua berkas perkara yang dihentikan diantaranya:

  1. Tersangka Zulkifli bin (alm) Talib dari Kejaksaan Negeri Lampung Selatan yang disangka melanggar Pasal 310 Ayat (1), Ayat (3) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  2. Tersangka Derry Okvianto bin Supriyono dari Kejaksaan Negeri Lampung Selatan yang disangka melanggar Pasal 310 Ayat (1), Ayat (3) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Baca juga   Presiden Jokowi Resmikan Pasar Johar Semarang

Selanjutnya, Jampidum memerintahkan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan untuk menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Hal ini berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 dan Surat Edaran JAM Pidum Nomor: 01/E/EJP/02/2022 tanggal 10 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif sebagai perwujudan kepastian hukum.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani menetapkan A (52) sebagai tersangka pengelolaan sampah ilegal di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan menetapkan T (43), MS (59) dan G (52) sebagai tersangka kasus pengelolaan sampah ilegal di kota Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Pelaku Pembuangan Sampah Ilegal di Bekasi dan Tangerang Ditetapkan Jadi Tersangka
Festival Angkringan di Halaman Komplek Kantor Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. (Foto:Andri Afriyanto/KIM Depok)

Peristiwa

Festival Angkringan Kapanewon Depok Pulihkan Ekonomi UMKM
Selain kampanye di sekolah, sosialisasi Gemarikan juga dilakukan kepada ibu nelayan di Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Cegah Stunting, Demak Gencar Kampayekan Program Gemarikan
(Foto: instagram @samsatmungkid/beritamagelang)

Peristiwa

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Layanan Samsat Keliling Kabupaten Magelang
(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa)

Peristiwa

Perajin Patung Rohani di Jepara Kebanjiran Order
Bupati Klaten Sri Mulyani dianugerahi gelar Kanjeng Mas Ayu (KMA) Hj. Sri Mulyani Laksminto Arum, SM oleh Keraton Surakarta Hadiningrat yang diberikan langsung oleh Dra. GKR Koes Moertiyah Wandansari M.pd didampingi Dr. KPH Edy Wiro Bumi S.H M.M. (Foto: Kominfo-KLT)

Peristiwa

Bupati Klaten Dianugerahi Gelar Kehormatan Kanjeng Mas Ayu dari Keraton Surakarta
Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Pemkab Sleman bekerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sleman menyelenggarakan seminar kewirausahaan dan senam bersama. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Hari Disabilitas Internasional 2021 Digelar Meriah Pemkab Sleman