Home / Peristiwa

Jumat, 24 September 2021 - 11:05 WIB

Jangkau Pasar Ekspor, Sekda DIY Ajak Telkom Kembangan UMKM

Rapat Pimpinan 3 CFUE (Customer Facing Unit Enterprise) 2021 PT.Telkom Indonesia, Kamis (23/9/2021) di Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel, Sleman. (Foto:Humas Pemda DIY)

Rapat Pimpinan 3 CFUE (Customer Facing Unit Enterprise) 2021 PT.Telkom Indonesia, Kamis (23/9/2021) di Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel, Sleman. (Foto:Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sekda DIY, R. Kadarmanta Baskara Aji menggandeng PT. Telkom Indonesia untuk membuka jalan pengembangan UMKM di DIY, berupa dukungan jaringan pemasaran ke luar negeri atau ekspor. Ajakan ini disampaikan pada Rapat Pimpinan (Rapim) 3 CFUE (Customer Facing Unit Enterprise) 2021 PT.Telkom Indonesia, Kamis (23/9/2021) di Ballroom Royal Ambarrukmo Hotel, Sleman.

Menurut Aji, ekspor produk UMKM ini sangat penting untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi DIY. Selama ini, produk UMKM DIY terkendala pada kegiatan ekspor karena mereka tidak memiliki akses ke pasar.

Padahal, dipertengahan tahun 2021, ketika DIY memberikan bantuan akses ekspor berupa free ongkir, pertumbuhan ekonomi DIY mampu melesat ke angka 11,81%, dari yang awalnya minus 6%. Pertumbuhan ini murni didongkrak ekspor produk UMKM.

“Kegiatan ekspor menjadikan ekonomi kita mampu mencapai 11,81%. Saya mengajak PT.Telkom bagaimana bisa memotivasi dan memberikan kompetensi yang bagus terhadap UMKM kami yang cukup banyak dan tidak memiliki perusahaan industri besar. UMKM harus bisa dikoneksikan dengan pasar dari luar negeri. Saya kira Telkom bisa membantu dengan mengambil peran pada sektor ini,” ujar Aji.

Baca juga   Mengenal Kesenian Angguk Kulonprogo, Paduan Budaya Jawa, Arab dan Belanda

Saat ini, potensi ekspor terutama di bidang pertanian masih sangat menjanjikan. Tidak hanya menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat DIY dan peningkatan devisa bagi daerah, namun juga menjanjikan nilai investasi yang cukup menggiurkan bagi para investor.

Selain itu, saat ini sarana prasarana ekspor telah didukung sepenuhnya dengan beroperasinya Bandara YIA, dimana pesawat terbesar dan terberat bisa mendarat di sana. Tentunya hal ini mampu mempersingkat waktu ekspor yang biasanya harus melalui Semarang dengan menggunakan kapal.

“Kalau Telkom bisa membantu kami untuk mengembangkan UMKM dari sisi akses kemudahan bertransaksi dengan pihak luar, saya kira ini sangat menguntungkan. Bukan hanya dari sisi pemasaran saja tetapi juga dari sisi pembayaran, dari sisi pemanfaatan juga. Saya kira peran PT. Telkom akan sangat membantu UMKM kita,” ungkap Aji.

Aji menambahkan, selain di bidang UMKM, pihaknya juga sedang berkonsentrasi terhadap pembukaan kembali wisata di DIY. Dukungan PT. Telkom pada pembukaan destinasi wisata juga sangat diperlukan. Salah satu keunggulan destinasi wisata di DY adalah berdiri atas inisiasi kemasyrakatan, bukan atas inisiasi investor, sehingga bisa dikatakan mandiri.

Baca juga   Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa

Pengelolaan destinasi wisata di DIY telah mampu menambah PAD DIY menjadi lebih baik lagi. Bahkan salah satu destinasi wisata di Pinusari Mangunan, Bantul, sebanyak 25% hasilnya disetor ke Pemda sebagai PAD, dan 75% untuk masyarakat.

Jumlah 25% tersebut menyentuh kisaran angka Rp12 miliar. Jumlah yang beredar di masyarkat sekitar jauh di atas jumlah tersebut, sehingga dilaporkan tidak ada lagi warga miskin di sekitar kawasan destiansi tersebut. Hal ini salah satunya karena segala jenis pengelolaan ditangani masyarakat sekitar.

“Akan bagus sekali jika kemudian ada sosialisasi, pembelajaran, supaya mereka bukan hanya mendapatkan penghasilan dari destinasi yang mereka kelola, namun juga bisa memberikan mereka kompetensi yang cukup untuk menularkan atau menambah kemakmuran mereka. Pengembangan kita tujukan pula kepada anak-anak mereka agar mampu mengembangkan diri di tempat lain,” jelas Aji. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati ikut membagikan paket sembako kepada tukang becak. (Foto: Humas Sragen)

Peristiwa

Bupati Sragen Turun Langsung Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Corona
Pemasangan fasilitas wifi hingga 100 Mbps di GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Permudah Komunikasi Pasien, GOR Gelarsena Dilengkapi Wifi
Satgas Covid-19 Baturraden bubarkan kerumunan di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Patroli PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Baturraden Bubarkan Keramaian
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengunjungi pasar pagi Ir Soekarno, memantau pelaksanaan protokol kesehatan. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Pasar Ir Soekarno Jadi Percontohan Prokes, Pasar Lain Menyusul
Krisna Septian SH Kuasa Hukum Jamil berharap pelaku segera ditangkap. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Antisipasi Pelaku Pengancaman Kabur, Kuasa Hukum Jamil Desak Polisi Tangkap Terlapor
Harga kebutuhan pokok masyarakat di Pekalongan masih stabil. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Harga Kepokmas di Pekalongan Stabil
Ganjar Pranowo saat tilik bayi kembar siam Arka dan Arya. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tilik Bayi Kembar Siam, Ganjar Pastikan Tim Medis Siapkan Penanganan
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Namanya Dicatut Akun FB Palsu, Gus Yasin Imbau Masyarakat Hati-hati