Home / News

Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:22 WIB

Jangkau RT/RW, Pemkot Yogya Siapkan Mobil Layanan Vaksinasi

Mobil vaksinasi Pemkot Yogyakarta siap layani warga hingga tingkat RT/RW. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Mobil vaksinasi Pemkot Yogyakarta siap layani warga hingga tingkat RT/RW. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta terus mempercepat kapasitas vaksinasi Covid-19. Mulai dari pelayanan reguler di fasilitas layanan kesehatan hingga menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 di beberapa tempat.
Hal terbaru Pemkot Yogyakarta menyiapkan mobil layanan vaksinasi Covid-19 untuk menjangkau masyarakat di RT/RW dan kampung yang kesulitan mengakses vaksin.

“Jadi mobil vaksinasi ini adalah ambulans yang dimodifikasi untuk mendistribusikan vaksin ke masyarakat,” ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, usai Upacara HUT ke-76 Kemerdekan RI di Balai Kota, Selasa (17/8/2021).

Satu unit mobil layanan vaksinasi Covid-19 tengah disiapkan dan dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas pendukung. Mobil layanan vaksinasi Covid-19 menggunakan mobil ukuran mini bus berwarna ungu.

Bagian belakang digunakan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19. Terkait kapasitas mobil layanan vaksinasi Covid-19, pihaknya menuturkan masih akan dibahas.

Baca juga   Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Mencapai 92,66 Persen

“Harapan kami minggu ini sudah bisa dioperasikan untuk percepatan vaksinasi agar semakin massif,” ujarnya.

Menurutnya mobil layanan vaksinasi Covid-19 itu adalah salah satu upaya untuk mempercepat vaksinasi di Kota Yogyakarta. Heroe menyebut Pemkot Yogyakarta meningkatkan kapasitas vaksinasi Covid-19 dari sebelumnya sekitar 2.300 dosis/hari menjadi 6.500 dosis/hari.

“Makanya kami harus menggerakan banyak pihak untuk meningkatkan kapasitas vaksin. Untuk menjangkau di RT/RW kampung bagi warga yang belum vaksin, kami menggerakan mobil layanan vaksinasi,” ucap Heroe.

Untuk mempercepat kapasitas vaksinasi Covid-19 Pemkot Yogyakarta selama ini membuka layanan reguler di fasilitas layanan kesehatan 18 puskesmas, 3 rumah sakit dan 2 klinik. Termasuk menggelar kegiatan vaksinasi rutin di beberapa tempat di antaranya di XT Square dan PDAM Tirtamarta serta sekolah-sekolah.

Baca juga   Aksi Kasih GRII, Bagikan Oksigen Gratis untuk Warga Yogya

“Apalagi kami ada tambahan personel dokter dari TNI dan dokter internship. Ini yang akan kami pakai untuk mempercepat vaksinasi. Ada mobil vaksinasi dari Pemkot Yogya untuk menguatkan operasional mobil vaksinasi dari kepolisian dan TNI,” tambahnya.

Secara terpisah Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan Pemkot Yogyakarta menyiapkan mobil vaksin untuk menjangkau layanan vaksinasi kepada masyarakat yang memiliki hambatan mendatangi tempat-tempat vaksinasi. Misalnya warga yang berusia lanjut dan penyandang disabilitas.

“Mobil vaksin akan dilengkapi petugas vaksin. Jemput bola warga yang kesulitan mendatangi tempat vaksin dengan mobil vaksin. Seperti mobil SIM, bisa juga di tempat-tempat keramaian kami datangkan mobil vaksin. Tapi tetap harus jelas tata kelola administrasi, datanya, kesehatannya dan harus memenuhi kriteria untuk bisa divaksin,” terang Haryadi. (*)

Share :

Baca Juga

Perayaan Waisak di Candi Borobudur. Foto: nyatanya.com/ Humas Pemprov Jateng

News

Masih Pandemi, Perayaan Waisak 2021 di Borobudur Ditiadakan
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Turun Level 3, Bupati Sragen Ingatkan Masyarakat Terus Patuhi Prokes
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Magelang Terus Berkurang
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyaksikan secara langsung proses vaksinasi bagi ibu hamil di Auditorium Grha Sabha Pramana. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

1.110 Ibu Hamil Ikuti Vaksinasi Covid-19 di UGM
Salah satu ruas jalan baru JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan) yang dibangun di wilayah Girisubo Gunungkidul. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Pemda DIY Percepat Persertifikatan Aset Tanah JJLS
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan ‘Rembug Desa’ Tangani Pandemi
Ganjar Pranowo saat rapat penanganan Covid-19 dengan Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah secara daring. (Foto: Humas Jateng)

News

Tren Covid-19 Membaik, Ganjar Sampaikan Apresiasi kepada Kabupaten/ Kota
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

News

Anak–anak di Klaten Mulai Terpapar Covid-19, Ini Faktanya