Home / News

Rabu, 27 April 2022 - 17:26 WIB

Jasa Marga Mulai Berlakukan Contraflow di Tol Menuju Cikampek

Jasa Marga memberlakukan contraflow dari km 47 (Karawang) hingga gerbang tol (GT) Cikampek Utama km 70 Jakarta-Cikampek arah Cikampek. (Foto : Jasa Marga)

Jasa Marga memberlakukan contraflow dari km 47 (Karawang) hingga gerbang tol (GT) Cikampek Utama km 70 Jakarta-Cikampek arah Cikampek. (Foto : Jasa Marga)

NYATANYA.COM, Jakarta – Jasa Marga memberlakukan contraflow dari km 47 (Karawang) hingga gerbang tol (GT) Cikampek Utama km 70 Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Contraflow ini dilaksanakan secara situasional dan berdasarkan diskresi Kepolsiian yang mulai diberlakukan sejak pukul 07.38 hingga pukul 11.00 WIB.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan bahwa contraflow diberlakukan guna mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang pada Rabu (27/4/2022) pagi tadi terjadi di Jalan Tol Jakarta – Cikampek arah Cikampek.

“Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan 3 gardu tol reversible arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi,” jelasnya, Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut Heru mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun Jasa Marga, sebanyak 762.251 kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek sampai dengan H-6 atau Selasa (26/4/2022) Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat GT Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Adapun total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut naik 4,2 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 dengan total 731.600 kendaraan.

Baca juga   Pemerintah Tetapkan Idulfitri 1443 H Jatuh pada Senin 2 April 2022

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 365.492 kendaraan (47,9 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 237.702 kendaraan (31,2 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 159.057 kendaraan (20,9 persen) menuju arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalu lintas sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa & Bandung)

  • Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 213.180 kendaraan, meningkat sebesar 29,4 persen dari lalin normal.
  • Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 152.312 kendaraan, turun sebesar 5,3 persen dari lalin normal.

Total lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 365.492 kendaraan, meningkat sebesar 12,3 persen dari lalu lintas normal.

Arah Barat (Merak)

Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 237.702 kendaraan, meningkat sebesar 0.04 persen dari lalu lintas normal.

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 159.057 kendaraan, turun sebesar 5,6 persen dari lalin normal.

Baca juga   85 Warga Binaan Rutan Temanggung Terima Remisi Hari Raya

Heru menjelaskan bahwa peningkatan lalu lintas yang signifikan terjadi pada H-6 Idulfitri 1443 H/2022 atau pada Selasa (26/4) kemarin.

Jasa Marga mencatat peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek hingga 89,1 persen dibandingkan dengan periode normal November 2021, yang mencapai 53.570 kendaraan.

Tren peningkatan mobilitas khususnya bagi pengguna jalan yang menuju arah Timur melalui Trans Jawa terus terjadi, oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Untuk mengetahui informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group masyarakat dapat mengakses One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android,” imbuhnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto,didampingi Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, Hujurat, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur, Musthofa Otfan, melakukan peninjauan lapangan ke lokasi pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi IKN Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (26/1/2023). Foto: Ristyan MP/Kementerian PUPR

News

Mantap! 12 Tower Rusun di IKN Sudah Siap Huni
Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Undaan Tengah. (Foto: Diskominfo Kudus)

News

Kejar Herd Immunity, Kudus Targetkan Vaksinasi 50 Persen
Kehadiran Vaksin Keliling diharapkan mendongkrak capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Sudah Layani 1.453 Orang, “Bus Vaccine Mobile” Pemprov Jateng Terus Bergerak
BPBD Kabupaten Temanggung mulai melakukan droping air bersih untuk daerah rawan kekurangan air bersih. (Foto: Diskominfo Kab Temanggung)

News

5 Wilayah Ini Mulai Kekurangan Air, BPBD Temanggung Droping Air
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang menyusulkan 61 sekolah untuk melaksanakan PTM Terbatas. Dengan tambahan ini, kini sekolah yang melaksanakan PTM terbatas menjadi 105 sekolah. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Tambah 61 Sekolah, Kini 105 Sekolah di Magelang Laksanakan PTM
Foto: ANTARA

News

Hingga 30 Juni 2022, Pajak Digital Indonesia Capai Rp7,1 Triliun
(ANTARA FOTO/Seno/YU)

News

Hari Kelima Pananganan Bencana Gunung Semeru
Polres Mimika Papua menggelar konferensi pers terkait ditangkapnya pembunuh Danramil 1703-4/Aradide oleh anggota KKB. (Foto: Dok. OCDC)

News

Tersangka Pembunuhan Danramil Akui Perbuatannya Bersama Enam Anggota KKB Lain